Apa saja contoh MVP yang sukses?


Minimum Viable Product (MVP) adalah versi awal dari suatu produk, seperti aplikasi SaaS (perangkat lunak sebagai layanan), yang dirancang untuk memastikan bahwa visi dan strategi produk selaras dengan kebutuhan pasar.

Berikut beberapa contoh MVP yang sukses atau berhasil :

1. Groupon
Groupon merupakan sebuah group situs aktivisme yang tidak begitu menarik banyak pengguna, sehingga seseorang berpikir untuk menawarkan platform untuk transaksi pembelian grup sebagai gantinya.

2. Zappos
Zappos memulai perjalanan kembali pada tahun 1999, dan siapa yang mengira Anda membeli sepatu online? Nick Swinmurn membuat situs web yang tampak bagus dan kredibel. Pergi ke toko sepatu dan mengambil gambar sepatu, mempostingnya, lalu kembali ke toko untuk membeli sepatu yang dipesan pelanggannya. Sangat tidak efisien atau menguntungkan, akan tetapi merupakan bukti kuat terhadap konsep: Orang akan membeli sepatu secara online.

3. Airbnb
Airbnb, pada tahun 2007, Brian Chesky dan Joe Gebbia tidak mampu membayar sewa apartemen mereka di San Francisco tetapi ingin meluncurkan bisnis, sehingga mereka memposting foto-foto apartemen mereka dan mendapat tiga pemesanan ditambah dengan validasi konsep dan kunci pembelajaran tentang apa yang orang benar-benar diinginkan.

Reference

https://www.cmswire.com/digital-experience/the-power-of-minimum-viable-products-and-the-key-to-their-success/