Apa saja contoh budaya politik toleransi di Indonesia ?

pancasila

(Lia) #1

Toleransi merupakan salah satu hal yang sangat penting didalam falsafah bangsa Indonesia, Pancasila. Setiap warga negara Indonesia diharapkan mempunyai budaya toleransi dalam kehidupan bermasyarakatnya. Apa saja contoh budaya politik toleransi di Indonesia ?


(jesika) #2

Budaya politik toleransi memandang perbedaan sebagai suatu berkah untuk mendapatkan berbagai solusi atas segala permasalah dari segala sudut pandang. Maka dari itu, di dalam masyarakat dengan budaya politik toleransi, tingkat diskriminasi akan semakin menurun. Yang dimaksud dengan diskriminasi sendiri yaitu pembedaan perlakuan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap sesama warga negara entah berdasarkan warna kulit, golongan, suku, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, agama, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Dunia dengan diskriminasi tentunya tidak diinginkan oleh siapapun karena adanya keterbatasan di sana sini. Tidak seharusnya terjadi pembedaan perlakuan karena hal ini bertentangan dengan Pancasila sila kedua.

Berikut contoh-contoh budaya toleransi didalam dunia politik Indonesia,

Terbukanya Peluang Bekerja Sama di Berbagai Bidang

Budaya politik toleransi bersikap sangat terbuka di dalam berbagai bidang. Maka dari itu, untuk pengadaan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan menjadi hal yang biasa di dalam budaya politik ini. Contoh nyata dari peluang bekerja sama yang tinggi yaitu adanya kebijakan dari pemerintah untuk mengadakan kerja sama di bidang pendidikan dengan mengadakan pertukaran pelajar antara sekolah di luar negeri dengan pelajar Indonesia. hal seperti ini tentunya dapat membantu pencapaian tujuan pembangunan nasional dengan lebih cepat. Contoh lainnya yaitu banyaknya investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia sehingga tenaga kerja Indonesia banyak terserap dan menyelesaikan permasalahan pengangguran.

Toleransi yang Tinggi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Salah satu ciri terbesar dari budaya politik toleransi tentu kata toleransi itu sendiri. Sikap toleransi adalah suatu sikap yang menghargai atau saling menghormati satu sama lain. di dalam masyarakat dengan budaya politik toleransi, sikap saling menghormati di tengah perbedaan dalam hal apapun tentunya begitu tinggi. misalnya kegiatan keagamaan yang tetap menjaga ketertiban lingkungan atau kegiatan gotong royong lingkungan yang merangkul semua golongan.

Pengawasan Jalannya Pemerintahan oleh Masyarakat

Keterbukaan dalam budaya politik toleransi juga begitu terasa di sisi penyelenggaraan pemerintahan. Rakyat dapat dengan bebas mengawasi jalannya pemerintahan oleh pemerintah. Pemerintahpun harus memiliki keterbukaan akses informasi agar masyarakat dapat dengan mudah mengawasi pemerintah. Mengawasi di sini bukan hanya melihat jalannya pemerintahan, tapi dapat juga berarti rakyat memberikan saran dan kritik yang baik demi majunya negara dan lurusnya pemerintahan.

Musyawarah untuk Mufakat dalam Pengambilan Keputusan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di dalam budaya politik toleransi, pengambilan konsensus atau keputusan bersama merupakan hal yang utama dalam hal pengambilan keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Konsensus hanya akan diperoleh secara adil dengan adanya musyawarah. Musyawarah untuk penyelesaian masalah hanya akan berhasil jika mufakat (konsensus atau keputusan bulat) telah diperoleh. Contoh nyata musyawarah yang dapat kita temui yaitu musyawarah pemilihan ketua RT (Rukun Tetangga).

Sumber