Apa saja ciri seseorang yang memiliki emosi yang sehat?

Sehat emosional

Sehat emosional meliputi keadaan seseorang terkait dengan bagaimana perasaan kita terhadap diri sendiri, seberapa besar kualitas hubungan kita dengan lingkungan dan kemampuan kita untuk mengendalikan perasaan kita serta bagaimana sikap menghadapi suatu masalah.

Apa saja ciri seseorang yang memiliki emosi yang sehat ?

Seseorang yang memiliki emosi yang sehat adalah orang yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Merasa nyaman
  • Mempunyai kehidupan yang riang dan suka tersenyum
  • Mempunyai kemampuan untuk mengendalikan stress
  • Tidak mudah putus asa
  • Bersemangat dalam menjalani kehidupan
  • Suka belajar sesuatu yang baru dan mudah beradaptasi terhadap perubahan
  • Mempunyai rasa percaya diri yang tinggi
  • Mampu membangun dan mempertahankan suatu hubungan dengan orang lain.

Beberapa ciri seseorang memiliki emosi yang sehat antara lain :

Kemampuan untuk beradaptasi dengan realitas.

Kemampuan yang berorientasi pada diri individu tanpa membentuk mekanisme pertahanan diri ketika konflik-konflik yang muncul mulai dirasakan mengganggu perilakunya. Orang yang sehat secara emosional melihat suatu akar permasalahan berdasarkan fakta dan kenyataan dilapangan dan tidak menyalahkan orang lain atau hal-hal yang bersangkutan sebagai salah satu penghambat. Ia dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan selalu dapat berpikir positif terhadap masalah yang dihadapinya.

Mempunyai kemampuan beradaptasi dengan perubahan.

Perubahan mendadak kadang membuat seseorang menutup diri, menjaga jarak, atau bahkan menghindari hal-hal yang ada di lingkungan barunya. Kesehatan emosi menandakan bahwa seseorang dapat dengan cepat beradaptasi dengan hal-hal baru tanpa menjadikannya sebagai tekanan. Kemampuan ini dapat tumbuh sebagai bentuk adaptasinya dengan lingkungan baru dan sengaja diciptakan untuk mengurangi stress yang dapat berkembang dalam dirinya.

Dapat mengontrol gejala emosi yang mengarah pada munculnya kecemasan.

Munculnya kepanikan berawal dari terkumpulnya simtom-simtom yang memberikan radar akan adanya bahaya dari luar. Penumpukan kadar rasa cemas yang berlebihan dapat memunculkan kepanikan yang luar biasa. Orang yang mempunyai emosi yang sehat dapat mengontrol gejala-gejala tersebut sebelum muncul kecemasan pada dirinya.

Kemampuan untuk menemukan kedamaian jiwa dari memberi dibandingkan dengan menerima.

Semakin sehat tingkat emosi seseorang, individu tersebut dapat menangkap suatu keindahan dari memberi, ketulusan dalam membantu orang, membantu fakir miskin, keterlibatan dalam masalah social, keinginan membantu orang lain, dan sebagainya.

Konsisten terhadap prinsip dan keinginan untuk menolong orang lain.

Orang yang sehat secara emosional adalah orang-orang yang telah menemukan suatu prinsip yang kuat dalam hidupnya. Ia menghargai prinsip orang lain dan menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Ia selalu menepati janjinya dan selalu bertanggung jawab dengan apa yang telah diucapkanya. Ia juga mempunyai keinginan untuk menolong orang lain yang mengalami kesulitan.

Dapat meredam insting negatif menjadi energi kreatif dan konstruktif.

Kesehatan emosi yang dimiliki oleh individu akan dapat mengontrol perilaku-perilaku impulsive yang dapat merusak energi yang dimiliki oleh tubuh. Setiap individu dapat melakukan hal-hal yang bersifat positif daripada sekedar memenuhi nafsu yang dapat merusak diri. Ia mempunyai waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna untuk dirinya dan orang lain.

Kemampuan untuk mencintai.

Cinta merupakan energi seseorang untuk bertahan dan menjadikannya lebih bergairah dalam menjalani hidup. Tidak hanya cinta sesama manusia, pengalaman spiritual mencintai Tuhanpun merupakan keindahan bagi mereka yang merasakan kedekatan dengan Ilahi.