Apa saja ciri-ciri ular yang akan berganti kulit ?

image

Ular adalah hewan yang terkenal dengan proses berganti kulitnya. Proses pergantian kulit ini atau yang juga dikenal dengan istilah Shedding merupakan hal yang sangat penting bagi ular. Saking pentingnya, bila ular terganggu prosesnya, akan mengakibatkan stres hingga kematian karena proses tidak berjalan dengan baik atau gagal.

Apa saja ciri-ciri ular yang akan berganti kulit ?

Ciri-ciri ular yang akan berganti kulit (shedding) adalah sebagai berikut :

  1. Satu hingga dua hari menjelang shedding, mata ular akan berubah menjadi abu-abu kebiruan. Pada masa ini ular cenderung stress dan sangat agresif, sehingga lebih baik kamu tidak memegang/memainkan ular tersebut. Ketika proses shedding sudah dimulai, mata ular akan kembali menjadi jernih, dan ular pun mulai melepaskan kulit lamanya

  2. Ciri yang paling umum adalah warna tubuh ular yang berubah, menjadi semakin kusam dan tidak cemerlang. Pada ular pembelit (boa dan python), warna tubuh ketika menjelang shedding biasanya berubah menjadi lebih gelap, sehingga sulit untuk melihat pola sisiknya dari jauh. Sebaliknya, pada ular colubrid, warna tubuhnya berubah menjadi lebih terang.

  3. Pada masa-masa ini, ular akan sering berendam di tempat minumnya atau bersembunyi di lubang persembunyian, dan tidak jarang si ular tidak makan hingga proses shedding selesai.

Proses shedding berbeda pada setiap jenis, umur dan ukuran ular. Ular yang lebih kecil biasanya tumbuh lebih cepat, sehingga bisa memasuki waktu shedding beberapa kali dalam satu bulan. Ular yang lebih dewasa memiliki periode shedding yang lebih lama, sekitar 3 bulan sekali atau bahkan dua kali dalam satu tahun. Dalam setiap periode shedding, dibutuhkan 7-10 hari bagi si ular untuk melepaskan seluruh kulit lama yang ada di seluruh tubuh