Apa saja ciri-ciri tari dari daerah jawa barat?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budayanya, termasuk tari tradisionalnya. Setiap daerah memiliki tari tradisional sendiri-sendiri. Apa saja ciri-ciri tari dari daerah jawa barat?

Ciri-ciri tari daerah dari Jawa Barat
tari daerah Jawa barat identik dengan tari Sunda. gerakannya untuk penari putri lincah, energik dan erotik. gerakan pinggul dan pangkal bahu menjadi daya tarik yang kuat, langkah kakinya cepat dan ringan. selain itu ada tari pergaulan seperti tari Kethk Tilu, Tari Jaipongan, dan lain-lain. sedagkan gerakan yang diperagakan putra banyak mengambil gerakan pencak silat.
Di daerah betawi, gerak penari putrinya lincah dengan lenggok-lenggokan badan dan ayunan serta seblkan sekendangnya yang sangat khas. di Cirebon gerak tarinya terkesan patah-patah, lincah mengayunkan dengan menggunakan tutup muka/ topeng.
Di Sunda pun, gerakan tari klasiknya lebih halus dibandingkan dengan gerakan tari pergaulan dan ada aturan-aturan gerak yang harus dipenuhi atau dipatuhi. ada juga garapan tari garapan baru seperti Tari Asmara Lara dan Tari Dulang Penatas.