© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja ciri-ciri seseorang yang pemalu?

Biasanya, ciri-ciri seorang anak yang pemalu dapat dilihat sebagai berikut

  • lebih senang bermain sendiri,
  • tidak berani tampil dalam permainan,
  • membatasi diri dalam pergaulan,
  • kurang berani berbicara dengan orang lain.

Adakah ciri-ciri lainnya, yang biasanya ada pada orang-orang yang pemalu ?

Sifat pemalu memiliki ciri-ciri seperti menghindari kontak mata, tidak mau melakukan apa- apa, terkadang memperlihatkan perilaku mengamuk yang dilakukan untuk menghilangkan kecemasannya, tidak banyak bicara, tidak mau mengikuti kegiatan-kegiatan di kelas, tidak mau meminta pertolongan atau bertanya pada orang yang tidak dikenal, mengalami demam panggung (pipi merah, tangan berkeringat, keringat dingin, bibir terasa kering) disaat-saat tertentu, menggunakan alasan sakit atau tidak berhubungan dengan orang lain (misalnya agar tidak perlu ke sekolah), mengalami psikomotoris dan merasa tidak ada yang menyukainya (Swallow, 2002).

Dijelaskan pula oleh Swallow (2002) bahwa adanya beberapa situasi dimana seseorang merasa malu yang wajar dan dapat diterima adalah saat bertemu dengan orang yang baru dikenal, tampil di depan orang banyak dan pada situasi baru misalnya sekolah baru atau pindah rumah.

Menurut Rosmala (2005) bahwa ciri orang pemalu adalah sebagai berikut:

  • Kurang berani berbicara dengan orang lain. Orangyang pemalu, selalu gugup dalam berkata-kata sehingga cenderung jadi seorang pendiam dan kurang berbicara orang lain yang dikenalnya;

  • Sifat pemalu juga dapat dilihat dari keberaniannya mengadakan kontak dengan orang lain. Orang pemalu selalu berusaha menghindari bertatapan mata dengan lawan bicaranya. Saat berkomunikasi dengan orang lain, orang tersebut memilih untuk menunduk atau mengalihkan pandangan ke arah lain;

  • Orang yang pemalu cenderung bersikap pasif atau menolak perintah yang mengharuskan dia menjadi objek perhatian, sehingga dia selalu menolak ketika mendapat giliran untuk tampil di depan umum.

  • Karena merasa diri banyak kekurangan seorang yang pemalu sering memilih untuk melakukan aktivitas sendiri. Kecenderungan ini menyebabkan dia selalu menolak ajakan orang lain untuk bergabung bersama.

  • Orang yang memiliki sifat pemalu, tidak suka bertutur panjang lebar dalam berkomunikasi dengan orang lain ia lebih suka berbicara seperlunya saja.

  • Sifat pemalu dapat pula disebabkan oleh rasa kurang percaya diri atau merasa dirinya sangat jauh dari kesempurnaan. Hal ini menyebabkan dia takut untuk berterus terang atau terbuka dengan masalah yang dihadapinya. Sehingga segala sesuatu yang menjadi beban pikirannya seringkali disimpannya dalam hati, atau dipecahkannya sendiri.

Sehubungan dengan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa perasaan malu menimbulkan kesadaran diri pada seseorang yang cukup tinggi terutama kekurangan dirinya karena tidak dapat memenuhi harapan orang lain. Meskipun kesadaran ini belum tentu benar, tetapi kesadaran ini tetap menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang tersebut. Akibatnya, seseorang menjadi tidak berani berkomunikasi dan mengekspresikan diri apa adanya.