Apa saja ciri-ciri orang yang Malingering ?

Malingering

Malingering adalah aksi pura-pura sakit saat Anda sebenarnya sehat-sehat saja, atau bertindak seolah-olah penyakit Anda lebih parah dari yang sesungguhnya. Hal itu dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan pribadi.

Pelaku malingering bahkan bisa dengan sengaja menaikkan suhu termometer dengan mendekatkannya ke lampu. Atau menukar maupun mengontaminasi sampel urin, dengan tujuan mengecoh petugas medis.

Lantas, tahukah anda tentang ciri-ciri malingering?

Ada empat ciri yang mencerminkan seorang Malingering berdasarkan buku Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental atau DSM-IV, yaitu:

  1. Terkait dalam konteks medikolegal
    Malingering yang bertujuan untuk lari dari tanggung jawab biasanya berkaitan dengan dunia hukum. Medikolegal adalah ilmu yang mengaitkan medis dengan hukum.

  2. Ada kesenjangan yang dikeluhkan dengan hasil pemeriksaan dokter
    Biasanya, orang dengan Malingering akan mengeluhkan rasa sakit yang berlebihan.

  3. Pasien kurang bekerja sama dengan dokter
    Biasanya pasien kurang mau bekerja sama untuk menjalani pemeriksaan medis. Kalaupun dia mau menjalani, tapi dia menolak atau enggan untuk menjalani treatment.

  4. Berkaitan dengan gangguan kepribadian antisosial
    Seorang dengan Malingering biasanya cenderung memiliki ciri kepribadian yang terkait dengan gangguan kepribadian antisosial. Yaitu adanya pola yang menetap dari seseorang yang tidak menghargai hukum dan norma sosial.