Apa saja ciri-ciri model administrasi publik kuno (the old public administration) ?


(Abda Akbar) #1

Administrasi publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian ini termasuk mengenai birokrasi; penyusunan, pengimplementasian, dan pengevaluasian kebijakan publik; administrasi pembangunan; kepemerintahan daerah; dan good governance.

Apa saja ciri-ciri model administrasi publik kuno (the old public administration) ?


(Lia Permata Sari) #2

Kondisi yang memperlihatkan masih buruknya pelayanan publik di berbagai sektor dan bidang. Pelayanan publik sering tidak efektif, tidak efisien, berbelit, kurang profesional, prosedurnya tidak jelas, tidak ada kepastian waktu dan biaya, belum optimal memanfaatkan teknologi informasi, sektoral, pangkalan datanya lemah, rentan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), partisipasi masyarakat kurang, sikap aparat yang tidak menyenangkan, tidak adanya reward and punishment, diwarnai budaya paternalisme, dan diskresi dalam pemberian pelayanan lemah (Susiloadi,2006) merupakan fenomena mainstream dari ide inti the old public administration.

Menurut Denhardt dalam Thoha (2008), ciri-ciri model administrasi publik kuno (the old public administration) adalah sebagai berikut :

  • Titik perhatian pemerintah adalah pada jasa pelayanan yang diberikan langsung oleh dan melalui instansi-instansi pemerintah yang berwenang.

  • Public policy dan administration berkaitan dengan merancang dan melaksanakan kebijakan-kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan politik.

  • Administrasi publik hanya memainkan peran yang lebih kecil dari proses pembuatan kebijakan-kebijakan pemerintah ketimbang upaya untuk melaksanakan kebijakan publik.

  • Upaya memberikan pelayanan harus dilakukan oleh para administrator yang bertanggung jawab kepada pejabat politik dan yang diberikan diskresi terbatas untuk melaksanakan tugasnya.

  • Para administrator bertanggung jawab kepada pemimpin politik yang dipilih secara demokratis.

  • Administrasi publik dijalankan sangat efisien dan sangat tertutup, karena itu warga negara keterlibatannya amat terbatas.

  • Program-program kegiatan di administrasikan secara baik melalui garis hierarki organisasi dan dikontrol oleh para pejabat dari hierarki atas organisasi.

  • Nilai-nilai utama dari administrasi publik adalah efisiensi dan rasionalitas.

  • Peran dari administrasi publik dirumuskan secara luas seperti planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting.