Apa saja ciri-ciri Ikan yang kekurangan oksigen ?

ikan bernafas

Tanpa adanya oksigen cukup yang terlarut di dalam air, ikan-ikan peliharaan Anda dipastikan bakal mati. Apa saja ciri-ciri Ikan yang kekurangan oksigen ?

ikan yang kekurangan oksigen akan menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut!

Flashing

Flashing adalah perilaku tidak normal yang ditunjukkan oleh ikan dengan menggosok-gosokkan sekujur tubuhnya ke bagian dasar akuarium atau kolam. Perilaku ini biasanya diperlihatkan oleh ikan setiap kali ia merasa tidak nyaman. Selain karena adanya jamur yang menempel di badannya, ikan akan melakukan gerakan flashing saat kondisi air tidak baik, air kekurangan oksigen terlarut, serta suhu air mengalami perubahan secara drastis. Anda harus berwaspada apabila melihat ikan melakukan gerakan flashing terlalu sering sebab ini bisa jadi merupakan tanda awal dirinya kekurangan oksigen.

Megap-megap

Megap-megap sebenarnya merupakan usaha ikan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Hal ini biasanya dipicu oleh kandungan oksigen di air yang terlalu sedikit sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhannya. Ikan yang tengah dalam kondisi megap-megap akan selalu berada di permukaan air sambil mulutnya melakukan gerakan membuka dan menutup untuk menghirup udara. Ikan seharusnya tidak boleh mengambil oksigen langsung dari udara. Jika terus dibiarkan, lama-kelamaan insang ikan tersebut akan mengalami kerusakan fatal.

Mati secara Mendadak

Ikan yang mati secara mendadak bisa disebabkan karena ia kekurangan oksigen. Anda mungkin tidak menyadari kalau sebelumnya ikan tersebut telah melakukan gerakan flashing dan megap-megap sehingga tidak bisa memberikannya pertolongan. Tahu-tahu setelah Anda melihat isi akuarium/kolam tampak adanya beberapa ikan yang mati secara mendadak, padahal terakhir kali Anda mengecek ikan tersebut kondisinya sehat. Dugaan paling kuat penyebabnya ialah oksigen terlarut di air yang sangat sedikit.

Sumber