Apa saja ciri-ciri ikan discus yang terserang penyakit ?

Ikan discus

Ikan discus yang dipelihara di lingkungan yang kurang sesuai biasanya akan gampang mengalami stres. Jika dibiarkan terus, kondisi stres tersebut akan mengakibatkan timbulnya penyakit tertentu hingga berujung kepada kematian. Penanganan secara cepat dan tepat terbukti mampu menyelamatkan ikan discus yang tengah sakit.

Apa saja ciri-ciri ikan discus yang terserang penyakit ?

Berikut ini ciri-ciri yang bisa Anda temukan pada ikan discus yang sedang terjangkit penyakit :

  1. Warna kulit pada tubuh ikan discus yang semula tampak cerah akan berubah menjadi kehitam-hitaman. Adanya garis vertikal berwarna hitam pada tubuh ikan discus juga bisa mengindikasikan kemungkinan kesehatan yang memburuk. Garis stres ini biasanya berjumlah sekitar 6-18 baris. Semakin jelas penampakan garis tersebut, semakin parah pula kondisi kesehatan ikan discus Anda.

  2. Bintik-bintik berwarna putih yang muncul di permukaan tubuh ikan discus pun merupakan salah satu pertanda bahwa ikan peliharaan Anda sedang terkena penyakit. Bintik-bintik tersebut biasanya terdapat di beberapa bagian sisik dari tubuh ikan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan bintik yang merupakan jamur ini akan menggerogoti sirip ikan sehingga mengakibatkan kecacatan secara permanen.

  3. Ikan discus yang sakit umumnya memiliki mata yang warnanya tidak terlalu bening dan terlihat kehitam-hitaman. Apabila sudah parah, mata tersebut kadang-kadang ditutupi oleh selaput atau bintik putih. Beberapa ikan discus yang berpenyakit juga sering ditemukan mempunyai mata yang tampak menonjol. Sedangkan ukuran mata yang terlalu besar dan tidak seimbang dengan posturnya disebabkan tingkat pertumbuhannya yang terhambat.

  4. Postur tubuh ikan discus yang terlihat kurus merupakan salah satu pertanda kuat adanya bibit penyakit yang menyerangnya. Hal ini mengakibatkan nafsu makan pada ikan peliharaan Anda menurun drastis sehingga enggan memakan pakannya. Namun faktor genetika pun dapat mempengaruhi postur ikan secara keseluruhan.

  5. Ikan discus yang terserang kutu insang biasanya akan bernafas hanya dengan menggunakan salah satu insangnya. Anda harus mengobatinya segera karena bila kondisinya semakin memburuk, ikan tersebut akan mati. Berbeda jika ikan tampak bernafas dengan tempo yang cukup cepat, artinya ikan discus Anda sedang kekurangan oksigen.

  6. Ikan discus bisa terserang oleh parasit, kutu, jamur, atau bakteri di bagian badan, sirip, dan insangnya. Gejala awal dari serangan ini yaitu ikan tampak menggosokkan dirinya ke dinding akuarium. Serangan parasit yang semakin hebat bahkan akan mengakibatkan gerakan berenang ikan discus menjadi tidak menentu.

Sumber: