© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja ciri-ciri ideologi demokrasi dalam kehidupan bangsa dan negara ?

Demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan yang diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, persamaan politik, konsultasi kepada rakyat, dan pemerintah mayoritas. Sebagai suatu sistem, terdapat beberapa prinsip yang diterapkan pada sistem politik demokrasi. Setiap prinsip ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Apa saja ciri-ciri ideologi demokrasi dalam kehidupan bangsa dan negara ?

1. Terdapat Kebebasan Menyampaikan Pendapat

Salah satu ciri paling utama dari ideologi demokrasi ialah terdapat kebebasan dalam hal menyampaikan pendapat. Kebebasan menyampaikan pendapat ini merupakan salah satu contoh hak asasi manusia dan terdapat sendiri asas kemerdekaan mengemukakan pendapat. Kebebasan ini penting karena dalam pelaksanaan demokrasi, pendapat rakyat merupakan suatu hal yang utama.

2. Senantiasa Mengutamakan Musyawarah Mufakat dalam Pengambilan Keputusan

Ciri ideologi demokrasi selanjutnya ialah musyawarah mufakat senantiasa dijadikan mekanisme dalam hal pengambilan keputusan atas suatu masalah. Karena ideologi demokrasi sangat berdasarkan kepada kuasa rakyat, maka musyawarah mufakat dijadikan suatu wadah untuk menampung berbagai pendapat dari rakyat. Keberadaan musyawarah mufakat merupakan suatu solusi atas berbagai perbedaan pendapat di tengah rakyat.

3. Tidak Terdapat Adanya Diskriminasi dalam Berbagai Bidang

Diskriminasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu pembedaan perlakuan terdapat sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, tingkat ekonomi, agama, pendidikan, dan lain sebagainya). Ketika kita dan masyarakat kita memiliki ideologi demokrasi, maka keberadaan diskriminasi merupakan hal yang sangat jarang.

4. Terdapat Pengakuan Terhadap Keberadaan Perbedaan

Salah satu ciri ideologi demokrasi selanjutnya ialah mengakui adanya perbedaan di tengah masyarakat. Perbedaan dianggap sebagai suatu hal yang wajar dan harus disyukuri keberadaannya. Dengan adanya perbedaan, maka cara pandang masyarakat terhadap suatu masalah menjadi bervariasi sehingga solusi terhadap masalah tersebut juga bervariasi dan dapat dipertemukan di dalam forum musyawarah untuk mufakat.

5. Memiliki Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Di dalam ideologi demokrasi, setiap orang atau rakyat dipandang memiliki kebebasan terutama dalam mengambil keputusan mengenai dirinya. Kebebasan yang dimiliki pun bukan kebebasan yang sebebas-bebasnya, melainkan suatu kebebasan yang bertanggung jawab.
Arti dari kebebasan yang bertanggung jawab itu sendiri ialah kebebasan dengan tetap memperhatikan hak-hak orang lain. Dengan begini, maka ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi mudah untuk dijaga.

6. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Ciri berikutnya dari ideologi demokrasi ialah setiap orang yang menganut ideologi ini akan memiliki sikap yang terbukan terhadap kritik dan saran dari orang lain terhadap diri mereka. Orang yang memiliki idelogi ini akan merasa bahwa kritik dan saran merupakan salah satu alat agar mereka dapat memperbaiki diri ataupun karya-karya mereka. Dengan adanya sikap yang terbuka terhadap kritik dan saran ini, pembangunan juga dapat dengan mudah dilaksanakan.

Sumber

A post was merged into an existing topic: Apa saja ciri-ciri negara demokrasi ?