Apa saja ciri-ciri DOC ayam broiler yang baik ?

DOC (Day Old Chicken) ayam adalah ayam dengan umur dibawah 10 hari dan paling lama 14 hari setelah ayam itu menetas, DOC ayam biasanya dipakai untuk istilah ayam pedaging atau ayam potong.

Apa saja ciri-ciri DOC ayam broiler yang baik ?

Ternak ayam potong di jember semakin hari juga semakin berkembang, namun untuk memulai usaha ini, selain perisapan dan pemeliharaan kandang, akan diawali dengan proses pemilihan bibit DOC Broiler.

DOC adalah singkatan dari Day Old Chicken atau dalam bahasa indonesia adalah bibit ayam yang berumur sehari. Adalah bibit yang diproduksi oleh Pelaku usaha Peternakan ayam ras atau juga oleh pembibit.

Pada tahapan inilah, para peternak ayam potong akan memilih kualitas bibit DOCnya. Ada berbagai macam jenis Kualitas DOC. Seperti kualitas super, kualitas B, C, Afkir dan lain-lain.

Karena DOC broiler adalah produk berupa makhluk hidup tidak bisa dibandingkan dengan produk benda mati. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas produk DOC broiler.

Salah satunya adalah misal, jauhnya perjalanan dari perusahaan pembibit DOC broiler ke Peternakan yang akan membuat DOC broiler dehidrasi bahkan mati.

Jadi kita harus memahami untuk menilai kualitas DOC tidak semerta-merta menilai secara mutlak karena salah satu DOC cacat, maka perusahaan pembibit ini dicap jelek, Ini adalah faham yang keliru.

Namun jangan khawatir, kualitas DOC broiler bisa kita lihat secara fisik saat akan membelinya.

Berikut ciri-ciri fisik umum kualitas DOC yang mungkin bisa dibilang paling baik ya…

  • Bulu halus panjang merata, tidak keriting, warna kuning segar.

  • Pusar Kering Sempurna, tanpa noda, tidak ada sisa tali pusar serta menutup sempurna.

  • DOC Aktif, lincah, agresif, responsif.

  • Mata cerah/ bersinar, bulat dan bersih.

  • Kaki tidak kering (dehidrasi) kaki lembab, warna kuning (tidak orange), tdk cacat.

  • Berat dalam satu kawanan diatas 37 gr dan seragam.

  • Tidak ada cacat fisik (buta, paruh silang, sendi merah, tidak ada tambahan kaki, tidak ada alocepia).

  • Perut tidak omphalitis, tidak kembung, bukan perut tipis/ kosong.

  • Panjang DOC minimal : 17cm panjang optimal ; 21 cm.

Nah itulah ciri-ciri fisik DOC broiler dengan kualitas yang paling baik. Penulis selalu berharap agar tulisan ini bisa bermanfaat untuk para petani ternak ayam potong, baik itu yang mengikuti ternak ayam potong kemitraan atau mandiri di daerah jember.

Sekian. Wassalamualaikum.

Original post by ternak ayam potong jember