Apa saja ciri-ciri bibit Ikan Lele yang unggul ?

Bibit ikan lele

Bibit ikan merupakan kunci budidaya, karena apabila bibit ikannya jelek, maka ikan tersebut akan sangat rentan terkena penyakit. Apa saja ciri-ciri bibit Ikan Lele yang unggul ?

Anda bisa mengetahui suatu bibit ikan bagus atau tidak hanya dengan melihat perilaku atau gerak-geriknya. Ikan lele yang sehat selalu bergerak lincah dan cepat memberikan respons terhadap kondisi di sekitarnya. Maksudnya ikan tersebut dapat berenang aktif kesana-kemari dan benar-benar responsif.

Untuk mengeceknya, Anda bisa melempar kolam dengan kerikil. Jika ikan-ikan lele di dalamnya cepat menghindar dan langsung bergerak, itu artinya lele tersebut bagus. Coba juga memberikan pakan, ikan lele yang sehat umumnya akan langsung menyambar pakan tersebut. Di sisi lain bibit ikan lele yang lemas, diam, bergerombol di pojok kolam, gerakannya kurang, menggantung di bibir kolam, atau hanya bergerak maju-mundur saja menandakan kalau kualitasnya tidak terlalu baik.

Setelah Anda berhasil menyortir anakan ikan berdasarkan tingkah lakunya, kini saatnya menyeleksi kembali bibit-bibit tersebut menurut kondisi fisiknya. Anggota tubuh ikan lele yang perlu diperiksa yaitu badan, 2 pasang sirip bawah, sirip punggung, dan 4 pasang sungut. Ikan lele yang bagus biasanya mempunyai bentuk tubuh yang proporsional dari kepala sampai ekor. Warna permukaan tubuh/kulitnya pun mulus yakni cokelat tua atau hitam kemerahan, serta terlihat cerah dan mengkilat.

Sedangkan kondisi fisik ikan lele yang jelek adalah ikan yang memiliki cacat bawaan, memiliki luka, atau terkena penyakit. Sebagai contohnya, ikan lele yang mempunyai lecet atau bintik-bintik putih di sekujur badannya menandakan bila mutunya tidak bagus. Begitu pula jika kondisi sungut/kumis ikan tersebut tidak normal, maka sebaiknya jangan beli bibit ikan tersebut. Semakin banyak ketidaknormalan yang dimiliki oleh seekor bibit ikan lele, maka semakin cepat juga ikan tadi bakal mati.

Sumber