Apa saja cara merawat kerajinan keramik dari tanah liat?

Salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi adalah kerajinan keramik apalagi jika usianya cukup lama pasti diburu oleh para kolektor, apalagi jika keasliannya terjaga dan tetap terawat. Lalu apa saja cara merawat kerajinan keramik dari tanah liat?
image

Cara I : Lumuri Permukaan Keramik dengan Getah Pisang

Tahukah anda, getah pisang ampuh menjadikan struktur keramik di rumah anda bertambah kuat. Hal ini berkat daya rekat yang dimiliki getah pisang masuk melalui pori-pori keramik dan menguatkannya. Disarankan pakai getah yang terdapat di jantung pisang atau tangkai buah pisang. Oleskan getah pisang ini ke seluruh permukaan keramik minimal setiap sebulan sekali, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Niscaya keramik pun bertambah kokoh dan tak mudah pecah.

Cara II : Bersihkan dengan Lap Basah

Kerajinan keramik sebaiknya tidak diletakkan di luar ruangan karena terik matahari bakal memudarkan warnanya. Cairan yang tertumpah di keramik dan meninggalkan noda membandel juga akan mengurangi keindahannya. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengelap keramik memakai kain basah secara rutin. Jika memungkinkan, gunakan cairan pembersih khusus untuk keramik yang memiliki zat pelindung warna dan tidak bersifat terlalu keras.

Cara III : Pakai Serbuk Kristal untuk Membasmi Jamur

Karena terbuat dari tanah liat, keramik akan gampang terkena jamur bila diletakkan di ruang yang lembab. Tak perlu risau dalam memberantas jamur di permukaan keramik sebab terbilang mudah. Caranya sesendok bubuk kristal ke dalam seperempat ember kecil air bersih. Usapkan cairan bubuk kristal tersebut ke seluruh permukaan keramik memakai spons dengan gerakan searah. Oh ya, bubuk kristal bisa anda beli di toko-toko kimia terdekat.

source: https://www.rumahkreative.id/2017/07/cara-merawat-kerajinan-keramik-dari.html

1 Like