Apa saja cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan cepat menggunakan bahan-bahan alami?

cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan cepat menggunakan bahan-bahan alami

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering dialami banyak orang. Ketombe sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti terlalu sering ganti produk sampo atau kurangnya kebersihan.

Terkadang ketombe bisa sangat membandel dan gatal di kepala. Hal itu tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Ada beberapa cara yang jika diikuti secara rutin bisa bantu menghilangkan ketombe.

Apa saja cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan cepat menggunakan bahan-bahan alami?

1. Minyak Tea Tree

\ 480x358

Cara menghilangkan ketombe membandel bisa dengan menggunakan bahan alami yaitu minyak tea tree. Minyak esensial ini dikenal memiliki segudang manfaat. Selain dapat mengatasi permasalahan pada kulit, ternyata minyak tea tree juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe.

Minyak tea tree mengandung senyawa yang disebut terpinen 4-ol. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba yang kuat. Penggunaan terpinen 4-ol dengan konsentrasi tinggi dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak tea tree cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial tea tree pada sampo yang akan digunakan. Jangan mengoleskan minyak tea tree secara langsung di kulit kepala karena justru dapat menyebabkan iritasi dan peradangan.

2. Minyak Serai

\ 480x360

Cara menghilangkan ketombe secara alami adalah menggunakan minyak serai. Sejak dulu, minyak serai memang banyak digunakan sebagai pengobatan, seperti untuk darah rendah dan menghilangkan stress. Minyak serai memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan sehingga sangat baik untuk dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak serai adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak serai pada air atau shampo yang akan dipakai. Sama seperti minyak tea tree, penggunaan minyak serai secara langsung di kulit kepala dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak serai ini bisa mengurangi ketombe hingga 81% selama dua minggu.

3. Lidah Buaya

\ 480x360

Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami dan permanen selanjutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya terkenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe. Gel lidah buaya terkenal akan kemampuannya untuk menyembuhkan.

Gel lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki kandungan anti jamur dan dapat menyembuhkan peradangan sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya tergolong aman karena bisa langsung dioleskan ke kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi atau peradangan.

4. Cuka

\ 480x360

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka dikenal dapat membantu merawat kulit yang gatal dan kering, serta dapat membantu membunuh jamur. Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka dianggap cukup ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ketombe. Cuka memiliki kandungan asam yang sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan secara drastis. Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka dapat dilakukan dengan mencampurkan air dan cuka dengan kadar yang sama yaitu 1:1. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan sekitar setengah jam lalu cuci hingga bersih.

5. Baking Soda

\ 480x360

Baking soda dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Baking soda bertindak sebagai scrub yang dapat mengeksfoliasi kulit mati di kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi. Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membuat ketombe semakin tersamarkan dan menghilang. Selain itu baking soda juga mengandung anti jamur, dapat melembutkan, dan mengurangi kemerahan pada kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda atau soda kue sangatlah mudah yaitu cukup dengan mencampurkannya pada shampoo yang akan dipakai. Cara mengilangkan ketombe ini bisa lebih efektif jika kamu rutin menggunakannya.

6. Bawang Putih

\ 480x359

Bau yang ditimbulkan dari bawang putih mungkin akan sedikit mengganggu tapi cara menghilangkan ketombe menggunakan bawang putih cukup ampuh dan efektif. Bawang putih memiliki kandungan anti jamur yang dapat membunuh bakteri penyebab ketombe. Cara menghilangkan ketombe menggunakan bawang putih adalah dengan mengambil beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan air dan oleskan pada kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih ini bisa juga dicampur madu atau jahe.

7. Garam

\ 480x358

Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami selanjutnya adalah dengan garam. Garam dapat bertindak sebagai eksfoliasi yang mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menghilangkan ketombe dengan garam cukup ampuhn jika kamu melakukannya secara rutin. Cara menghilangkan ketombe dengan garam cukup mudah, yang kamu perlukan hanyalah garam dan shampo. Langkah pertama pijat kulit kepalamu menggunakan beberapa sendok garam untuk menghilangkan ketombe. Setelahnya aplikasikan shampo dan cuci kulit kepalamu hingga bersih.

8. Lemon

\ 480x358

Lemon dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan ketombe. Lemon kaya akan antioksidan, vitamin esensial, dan asam citric. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lemon juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe. Lemon dapat mengurangi minyak pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut, sehingga lemon juga bisa dijadikan solusi bagi pemilik rambut rontok. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis atau lemon dapat dilakukan dengan mengaplikasikan secara langsung air perasannya ke kulit kepala atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa dan gula.

9. Baby Oil

\ 480x360

Baby oil dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit, salah satunya masalah kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe. Melembabkan kulit kepala dapat membuatnya terhindar dari kekeringan dan masalah ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil adalah mengoleskannya secara langsung ke kulit dan akar rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas hingga bersih.

10. Daun Sirsak

\ 480x359

Kandungan Acetogenin yang terdapat dalam daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi ketombe membandel dan gatal. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun di dalam tubuh. Cara menghilangkan ketombe menggunakan daun sirsak adalah dengan menumbuk daun sirsak sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Gunakan campuran tersebut sebagai masker untuk rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Ketombe adalah masalah rambut yang biasa dihadapi banyak orang. Orang-orang menggunakan semua jenis sampo yang mencoba memerangi ketombe, tetapi seringkali itu tidak berhasil dan ketombe tidak akan hilang.

Tetapi jangan berkecil hati karena ada banyak solusi yang tersedia untuk mencegah dan memerangi ketombe secara alami. Anda dapat membuangnya secara permanen.

Pelajari cara menghilangkan ketombe secara alami, berikut ini :

1. Cuka sari apel

Bersifat sedikit asam ini dapat membantu membunuh bakteri dan pertumbuhan jamur di kulit kepala sambil menghilangkan penumpukan dari produk perawatan rambut. Pijat cuka ke kulit kepala selama 5 hingga 7 menit sebelum dibilas. Cuka sangat efektif untuk pengobatan ketombe karena kaya akan kalium dan enzim yang akan membantu menyembuhkan kulit kepala dan ketombe yang gatal.

2. Biji Fenugreek

Ini dapat dibuat menjadi pasta dengan merendam dua sendok makan dalam air selama 12 jam untuk melunakkannya terlebih dahulu. Oleskan pasta ke rambut dan kulit kepala dan biarkan selama setidaknya setengah jam sebelum dibilas dengan larutan sabun atau sampo ringan. Selama periode 4 minggu, gunakan dua kali seminggu selama dua minggu dan kemudian seminggu sekali untuk dua minggu berikutnya.

3. Pijat minyak hangat

Ini adalah salah satu solusi rumah terbaik. Gunakan minyak hangat seperti minyak zaitun, minyak almond atau minyak kelapa untuk memijat kulit kepala dengan gerakan memutar sebelum tidur. Biarkan semalam sebelum dicuci dengan sampo ringan di pagi hari.

4. Minyak kelapa dengan jus lemon

Ini adalah perawatan rumah lainnya. Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 5 sendok makan minyak kelapa. Oleskan ke kulit kepala untuk membersihkan serpihan dari kulit kepala Anda. Biarkan di kulit kepala selama 20 hingga 30 menit dan kemudian cuci dengan sampo ringan. Lanjutkan perawatan sampai bersih.

5. Soda kue

Ini adalah cara yang mengejutkan untuk menghilangkan serpihan ketombe tetapi Anda dapat menambahkan 1 sendok teh soda kue ke shampo ringan setiap kali mencuci dan Anda akan menemukan bahwa itu dapat menghilangkan serpih ketombe termasuk yang bersembunyi di helai rambut.

6. Gel lidah buaya

Ini dapat diterapkan pada kulit kepala dan dibiarkan selama 15 menit untuk mengklarifikasi dan memperbaiki kulit yang rusak sebelum menyingkirkan serpihan ketombe yang tidak diinginkan dan menyembuhkan kulit kepala.

7. Nutrisi

Ini dapat memainkan peran besar dalam mengendalikan ketombe. Seng membantu mengatur kelenjar minyak, meningkatkan penyembuhan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sementara asam lemak Omega-3 mendukung fungsi kulit normal dan dapat melindungi dari ketombe. Sama pentingnya untuk rambut sehat adalah vitamin B yang ditemukan dalam sayuran berdaun gelap dan biji-bijian.

8. Akupunktur dan akupresur

Ketombe merespons dengan baik terhadap hal ini, yang keduanya meningkatkan sirkulasi. Dipraktikkan selama berabad-abad dan dengan metode yang serupa, kecuali akupunktur mencakup penggunaan jarum. Dengan menekan titik-titik tertentu di dalam tubuh, praktisi menyebabkan darah mengalir dan oksigen dibawa ke permukaan.

9. Yoga headstands

Saran terakhir untuk membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala sembari membantu perawatan alami lain apa pun yang Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe.

10. Bawang putih

Ini dianggap sebagai obat alami terbaik untuk memerangi ketombe.
Ini memiliki sifat antibakteri alami yang membantu menghilangkan bakteri yang ada di kulit kepala.

Instruksi:

  • Giling bawang putih dan tambahkan sedikit air untuk membuat campuran kental dan halus.
  • Gosokkan kulit kepala dan biarkan selama sekitar setengah jam.
  • Bilas rambut Anda dengan sampo ringan.

11. Cuka

Cuka kaya akan kalsium dan enzim kalsium yang bertanggung jawab untuk menekan rasa gatal di kulit kepala.

Gunakan sari apel atau jenis cuka balsamic.

Cuka sari menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan penciptaan ketombe dan menghambat pertumbuhan akar rambut.

Jangan khawatir tentang bau cuka, itu akan hilang ketika Anda mengeringkan rambut.

12. Yogurt dan lada

Ini adalah salah satu persiapan paling sederhana untuk memerangi ketombe.

Diterapkan pada kulit kepala, yogurt memiliki efek menenangkan dan mencegah kulit mengelupas lebih lanjut.

Lada bertindak sebagai antijamur.

Instruksi:

  • Giling dua sendok teh lada hitam dan tambahkan ke dalam secangkir yogurt.
  • Campur dan gosokkan ke kulit kepala.
  • Biarkan di kulit kepala selama sekitar satu jam dan kemudian bilas dengan sampo ringan.

13. Jahe dan bit

Jahe adalah obat yang sangat baik untuk memerangi ketombe.

Instruksi:

  • Oleskan campuran jahe, bit dan air ke rambut dan kulit kepala Anda dan Anda akan melihat bagaimana Anda menghilangkan ketombe secara alami hanya dalam beberapa hari.
  • Setelah mengoleskan campuran, biarkan semalaman.
  • Cuci rambut di pagi hari untuk mendapatkan efek terbaik.