Apa saja cara agar kita tidak terkena usus buntu ?

Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Hingga saat ini, alasan kenapa kita memiliki usus buntu masih belum diketahui. Lalu bagaimana agar kita tidak terkena penyakit usus buntu ini ?

Tingkatkan Daya Imun
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah usus buntu adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Alasannya adalah ketika sistem imun meningkat makanan tidak akan bisa masuk ke dalam usus buntu tersebut. Jika imun melemah di dalam usus buntu terdapat makanan yang nantinya bisa membusuk di dalam usus tersebut. Setelah terjadi pembusukan akan muncul infeksi dan bisa menyebabkan orang tersebut mengalami sakit perut. Jika tidak segera diatasi infeksi itu akan menyebabkan usus buntu menjadi pecah dan infeksi bisa menjalar ke bagian usus lainnya.

Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat
Makanan yang tinggi serat adalah makanan yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya usus buntu. Alasannya adalah radang yang ada di usus buntu banyak disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa dikatakan bahwa orang yang terkena sembelit dia akan memiliki resiko untuk terkena radang usus buntu. Oleh sebab itu orang yang sering mengalami sembelit ada baiknya mengkonsumsi makana tinggi serat seperti agar-agar, sayuran dan juga buah-buahan. Hal itu dikarenakan semua makanan tersebut banyak mengandung serat. Serat baik untuk pencernaan sehingga feses akan melunak dan bab menjadi lancar. Feses yang keras akan menyumbat usus terutama usus buntu.

Jangan Menunda BAB
Orang yang suka menunda BAB rentan untuk terkena usus buntu. Meskipun terlihat sepele ternyata menahan BAB menjadi penyebab seseorang bisa terkena radang usus buntu. Ketika kita menahan BAB, kita akan mengalami penumpukan feses padahal penumpukan feses itu adalah hal yang bisa menyebabkan radang usus buntu…

Hindari Bahaya Menahan Kentut
Sering kentut memang ada efek negatif dan positifnya. Menahan kentut juga menjadi penyebab mengapa seseorang bisa mengalami usus buntu. Hal itu dikarenakan saat seseorang kentut saluran pencernaan akan menjadi lancar dan tidak tersumbat. Untuk itu, jangan pernah menahan kentut sebab saluran pencernaan yang tersumbat bisa menjadi penyebab radang usus buntu.

Banyak Mengkonsumsi Air Putih
Cara lainnya untuk mencegah usus buntu adalah banyak mengkonsumsi air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh, oleh sebab itu orang yang kurang dalam mengkonsumsi cairan dirinya akan rentan untuk terkena sembelit dan juga radang usus buntu. Orang yang duduk selama berjam-jam di depan komputer juga rentan untuk mengalami sembelit sehingga diwajibkan untuk mengkonsumsi 8 gelas air per harinya.

Hindari Makanan Penyebab Sembelit
Ada berbagai macam makanan yang bisa menyebabkan sembelit, misalnya saja adalah makanan yang rendah serat, makanan dengan tinggi karbohidrat, tepung, salak dan masih banyak lagi lainnya. Jika anda sering mengkonsumsi makanan itu ada baiknya anda menguranginya mulai sekarang juga sebab sembelit bisa terjadi pada anda. Tidak hanya itu saja mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas misalnya saja adalah kembang kol dan sayur kol. harus dihindari. Hal itu dikarenakan makanan yang mengandung gas itu membuat perut menjadi sakit dan terasa begah.

Referensi