Apa saja cakupan nilai yang harus dimiliki dalam ringkasan sebuah MOV?

Setelah mengembangkan MOV, dibutuhkan dokumentasi dan ringkasan sebuah MOV. Apa saja cakupan nilai yang harus dimiliki ringkasan sebuah MOV?

Dalam membuat sebuah ringkasan MOV, ringkasan tersebut haruslah menghasilkan petunjuk yang singkat dan jelas. Mengapa demikian? Karena harus mempersiapkan alternatif jika MOV tidak tercapai.

Dalam mengidentifikasi alternatif, pilihan yang diberikan harus menghasilkan solusi yang terbaik sehingga harus menilik ringkasan MOV.

Nilai yang harus dimiliki dalam ringkasan sebuah MOV yaitu nilai yang dimana menunjukkan ekspektasi atau hasil yang diinginkan dengan jelas dan terperinci untuk para stakeholder.

Setelah meringkas sebuah MOV maka sebuah projek MOV harus disepakati. Oleh karena itu semua pemangku kepentingan proyek harus menyetujui proyek MOV sebelum proyek dimulai. Dengan menyetujui MOV sebelum proyek dimulai maka sebagai pengukuran keberhasilan proyek selanjutnya.

nilai yang harus ada dalam membuat ringkasan MOV yaitu Menghasilkan kesempatan yang besar untuk mendapatkan persetujuan akhir dan verifikasi.

karena ringkasan MOV merupakan gambaran keseluruhan dari pengembangan MOV itu sendiri dan kemungkinan para stakeholder akan membaca ringkasan terlebih dahulu sehingga dapat menarik para stakeholder untuk menyetujuinya

Sebuah MOV harus bisa dihitung (must be measurable) dijelaskan oleh Jack Marchewka. Pengukuran jelas namun sangat sulit. Banyak manfaat dari proyek IT yang tidak bisa dihitung atau kualitatif atau bisa juga disebut “soft benefit”. Contohnya, proyek IT membuat karyawan bahagia yang mana kebahagiaan tidak mungkin diukur dan hasil ukurannya menunjukkan seberapa besar efisiensi organisasional dapat dikaitkan dengan kebahagiaan dan moral karyawan. Padahal kita hampir percaya bahwa karyawan yang bahagia lebih loyal, bekerja lebih baik, dan berinteraksi dengan baik satu sama lain.

Ide dibalik MOV harus bisa dihitung adalah tidak ada keputusan proyek yang dibuat tanpa pertimbangan terhadap pengaruhnya pada MOV proyek. Jika fitur baru dipertimbangkan, contohnya, maka fitur tersebut harus dibandingkan dengan MOV. Apabila fitur tersebut tidak akan meningkatkan MOV maka tidak harus disertakan.

Referensi :