Apa Saja Bentuk Sikap Cemburu yang Biasa ditunjukkan Oleh Seseorang?

cemburu

Cemburu muncul karena kita tidak percaya diri kalau kita memang yang terbaik untuknya. Cemburu juga termasuk wujud rasa kasih sayang terhadap pasangan biasanya akan kita rasakan ketika ada hal yang tidak kita sukai, misal melihat pasangan sering menggoda cowok lain. Apa bentuk sikap cemburu yang biasa ditunjukkan oleh seseorang ? Bagaimana dengan anda ?

karena saya wanita cemburu yang saya lakukan ialah diam, kemudian ngambek, trus minta penjelasan dengan pasangan kita, kemudian mungkin marah dan kemudian menangis :frowning:

1 Like

Menurut Dryden dan Gordon (1994), sikap-sikap orang yang cemburu yaitu :

  • Merendahkan diri sendiri : Sikap yang paling menonjol dari orang yang pencemburu adalah rasa kurang menerima diri sendiri. Umumnya memiliki sedikit atau sama sekali tidak ada penghargaan atau kebanggaan terhadap diri sendiri.

  • Rasa sensitif yang berlebihan, karena orang-orang pencemburu selalu merasa dikritik orang lain, meski tidak ada orang lain yang bermaksud begitu. Apabila dikomentari sesuatu akan menimbulkan salah paham dan komentar itu dianggap sebagai kritik terhadap tingkah lakunya, meskipun orang lain sudah memilih kata-kata yang baik tetapi tetap saja salah mengartikan kata-kata tersebut.

    cemburu

  • Pemerasan emosional adalah seorang pencemburu menganggap tidak cocok dan tidak mempunyai harga diri, menjadi kurang keyakinan untuk mengungkapkan dan berbicara apa yang diinginkan sehingga seorang pencemburu berusaha agar dapat diterima orang lain dengan cara melemparkan perasaan bersalah kepada orang lain yang menjadi sasaran dari permintaannya sendiri.

  • Bersikap terlalu curiga, tidak hanya terlampau sensitif terhadap setiap kritik dan selalu menyimpulkan kritikan untuk diri sendiri padahal sebenarnya bukan ditujukan kepada dirinya. Hal lainnya seperti merasa curiga tanpa kejelasan terhadap sikap dan motif orang lain.

Hauck (1994) menjelaskan bahwa ciri-ciri cemburu terhadap pasangan yaitu :

  • Rasa rendah diri adalah menganggap diri terlalu kecil. Salah satu ukuran tidak menguntungkan yang dipakai orang pencemburu untuk menilai kepantasan itu adalah apakah seorang pencemburu dicintai atau tidak.

  • Mentalitas tuan-hamba adalah sama seperti rasa rendah diri yang menjadi dasar rasa cemburu, maka pribadi pencemburu pastilah mentalitas Tuan- Hamba. Jarang orang pencemburu posesif mengalami letupan emosi secara diam- diam, kebanyakan orang pencemburu menyatakan keluhannya dengan suara yang keras dan jelas.

  • Perilaku merusak diri merupakan ciri khas seorang pencemburu dan posesif. Sebenarnya pencemburu mampu dan menonjol dalam banyak bidang kehidupan. Tetapi apabila menyangkut orang-orang yang dicintai, seorang pencemburu dapat melakukan tindakan seperti orang terbelakang (retarded).

  • Kesulitan menerima tanggung jawab, hampir dapat dipastikan seorang pencemburu akan menuduh pasangan menyebabkannya malang dengan menyiksa, seorang pencemburu jarang memandang kenyataan pada persoalan yang sebenarnya.

  • Mementingkan diri sendiri dan tidak matang adalah selalu mementingkan diri sendiri apabila ada sesuatu yang tidak beres dalam kehidupan cintanya, tidak peduli akan perasaan siapapun kecuali perasaan sendiri, merasa bahwa orang lain tidak berhak mengubah pikirannya.

  • Rasa takut adalah merasa terancam oleh kejadian yang sama sekali tidak mengancam. Seorang pencemburu persaingan dan kemungkinan orang yang dicintai terus menerus menjadi obsesi.

Herron dan Peter (2005) menjelaskan ciri-ciri cemburu yaitu :

  1. Merasa kasihan dengan diri sendiri : orang yang cemburu akan merasa kasihan dengan diri sendiri dan merasa tidak layak diperlakukan dengan baik, kemudian berpikir bahwa orang lain akan melihat kesedihan yang dirasakan dan merasa iba (mengharapkan belas kasihan atau simpati orang lain).

  2. Mudah menyalahkan orang lain : jika terjadi kegagalan dalam hubungan maka seorang pencemburu memiliki pemikiran kalau orang lain pantas menderita seperti orang yang pencemburu rasakan.

  3. Melampiaskan kemarahan : pencemburu melampiaskan kemarahan tanpa memikirkan apa yang sedang dilakukan, padahal orang yang melakukan ini sebenarnya menyakiti orang yang dicintai.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri cemburu adalah; rasa rendah diri, mentalitas tuan-hamba, perilaku merusak diri, kesulitan menerima tanggung jawab, mementingkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, takut, rasa sensitif yang berlebihan, bersikap terlalu curiga, dan melampiaskan kemarahan.