© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja bentuk-bentuk self-awareness?

Self-awareness adalah kondisi sadar diri ditandai dengan adanya kontrol emosi individu. Sehingga menyebabkan individu lebih sensitifterhadap watak dan sikap diri mereka sendiri, agar tidak mengganggu orang lain dalam proses sosialisasi individu tersebut. Lalu, apa saja bentuk bentuk self-awareness?

1 Like

Baron & Byrne (2005) dalam bukunya mengatakan bahwa self-awareness memiliki beberapa bentuk, seperti:

  • Self-awareness subjektif: kemampuan individu untuk membedakan dirinya dari lingkungan fisik dan sosialnya. Dalam hal ini, seorang individu disadarkan tentang siapa dirinya dan statusnya yang membedakan dirinya dengan orang lain. Ia harus sadar bahwa siapa dia dimata orang-orang di sekitarnya dan bagaimana ia harus bersikap yang membuat orang bisa menilai individu tersebut bisa berbeda dengan yang lainnya.
  • Self-awareness objektif: kapasitas individu untuk menjadi objek perhatiannya sendiri, kesadaran akan keadaan pikirannya dan mengetahui bahwa ia tahu dan mengingat akan dirinya. Hal ini berkaitan dengan identitas individu dan mengingat berbagai bentuk hak dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Self awareness simbolik: kemampuan individu untuk membentuk sebuah konsep abstrak dari diri melalui bahasa. Kemampuan ini membuat individu mampu untuk berkomunikasi, menjalin hubungan, menentukan tujuan mengevaluasi hasil dan membangun sikap yang berhubungan dengan diri dan membelanya terhadap komunikasi yang mengancam.