Apa saja bangunan bersejarah di Jakarta dan Bandung yang bisa dijadikan tempat wisata?

Bandung, jakarta

Kalau ngomongin tentang tempat wisata, Indonesia memiliki banyak sekali cerita dan tempat bersejarah, tak terkecuali di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Apa saja bangunan bersejarah di Jakarta dan Bandung yang bisa dijadikan tempat wisata?

Beberapa bangunan bersejarah di Jakarta dan Bandung yang bisa dijadikan tempat wisata.

1. Jakarta

  • Kota Tua
    Bangunan tua yang terletak di Jakarta ini sangat cocok dijadikan tempat wisata. Di Kota Tua, kamu bisa bermain sambil belajar karena terdapat banyak museum di tempat ini, mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa & Keramik serta Museum Bank Indonesia. Berbagai museum tersebut pun dapat dikunjungi dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, terlebih lagi ada diskon khusus jika menunjukan kartu pelajar. Di depan Taman Fatahillah, ada berbagai sepeda Onthel ala zaman dulu yang bisa disewa lengkap dengan topi khas kolonial Belanda untuk sekedar berkeliling atau berfoto-foto dengannya. Setelah bermain-main di museum, kamu bisa mengunjungi berbagai kafe yang ada di sekitaran Kota Tua, seperti Kafe Batavia, Semasa, dan Kedai Seni Djakarte. Setelah itu, kamu juga bisa mampir ke Stasiun Kota yang memiliki kesan sejarah yang kental.

  • Monas
    Siapa yang tidak tahu Monas? Rasanya, hampir setiap orang tau ikon dari Ibu Kota Indonesia ini. Monas yang merupakan singkatan dari Monumen Nasional adalah monumen yang didirikan untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan kita nih, ShopBackers. Monumen ini dilapisi emas dan selalu dibersihkan tiap tahunnya. Di Monas ini, kamu bisa masuk ke dalamnya dan melihat berbagai museum yang menceritakan tentang sejarah perjuangan pahlawan Indonesia. Selain itu, di sekitaran Monas juga nyaman dijadikan tempat rekreasi dan bersantai.

2. Bandung

  • Gedung Sate
    Sering liburan ke Bandung? Kamu pasti tau dong gedung unik yang di bagian atapnya menyerupai sate ini? Yap, Gedung Sate! Gedung yang sekarang menjadi kantor Gubernur Jawa Barat ini punya kisah sejarah pada masa pemerintahan Belanda. Dulu, gedung ini jadi pusat pemerintahan Hindia-Belanda. Ornamen sate yang terdapat di gedung ini ada 6 buah yang melambangakan 6 juta Gulden, biaya untuk membangun Gedung Sate ini. Kamu nggak cuma bisa lihat gedung ini dari luar aja kok karena bisa masuk ke dalam gedung ini karena Gedung Sate ini terbuka untuk umum, namun hanya di hari libur dan akhir pekan saja. Bangunan yang satu ini juga cukup unik, bisa jadi spot foto terbaik saat lagi ke Bandung.

  • Gedung Merdeka
    Kalau kamu jalan-jalan lewat sekitar jalan Asia Afrika, kamu pasti bakal melihat gedung ini, Gedung Merdeka. Gedung ini dulunya pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 lalu. Sekarang, gedung ini menjadi museum yang memamerkan foto-foto bersejarah dan ruangan-ruangan yang digunakan saat KAA dulu. Selain terdapat museum perpustakaan khusus buku sejarah tentang Asia-Afrika. Setiap 10 tahun sekali, KAA selalu diperingati di Gedung Merdeka dan di sekitar jalan Asia Afrika dengan mengundang para petinggi.

  • Gedung Indonesia Menggugat
    Gedung Indonesia Menggugat ini memang sekilas tampak seperti rumah biasa, tapi sebenarnya ada kisah sejarahnya, lho. Di geudng inilah karakter bangsa terbentuk. Di sinilah presiden pertama kita, Soekarno, diadili. Namun, karena vonis yang memberatkan dan tidak adil, Soekarno membacakan pledoinya, yaitu:

Sumber: