Apa saja bahayanya lidah yang tergigit?

obat-kumur-sebagai-antiseptik-dalam-menjaga-kesehatan-mulut-alodokter

Saat sedang berbicara atau makan, terkadang lidah sering tidak sengaja tergigit, sehingga membuat ujung syaraf lidah akan merasakan sakit. Namun, sebenarnya seberapa bahaya jika lidah Anda tergigit?

Ada beberapa gejala yang akan terjadi kalau lidah Anda tergigit, yaitu:

  1. Timbul sariawan
    Setelah lidah tergigit, biasanya rasa sakit akan terasa dan kemudian timbul trauma fisik berupa sariawan atau radang pada jaringan pelindung rongga mulut. Jika sariawan tidak segera diobati, maka bisa memicu infeksi pada rongga di sekitar mulut Anda.

  2. Terganggu akibat luka ringan
    Saat sudah muncul sariawan di area sekitar mulut, biasanya akan membuat aktivitas seperti berbicara dan mulai merasa malas untuk makan, hal ini dikarena sariawan yang tersentuh makanan yang masuk ke dalam mulut bisa menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang berkepanjangan.

  3. Perubahan tekstur pada lidah
    Tekstur pada lidah yang tergigit biasanya akan berubah, seperti permukaan lidah yang halus akan terlihat kasar seperti terbelah-belah. Selain itu, lidah yang luka juga bisa menjadi sarang baru bagi bakteri yang awalnya berada pada sela-sela gigi.

Pertanda bahwa lidah Anda sudah terserang bakteri adalah terjadi perubahan warna pada lidah. Jika sudah ada indikasi seperti ini segera periksakan ke dokter. Namun, jika luka pada lidah Anda masih tergolong ringan, maka dalam jangka waktu selama 2-3 hari sariawan bisa disembuhkan dengan kandungan yang ada pada air liur atau obat khusus sariawan.