Apa saja bahaya Bahan kimia?

chemical

Zat kimia yang juga dikenal sebagai zat murni adalah suatu bentuk materi yang memiliki komposisi kimia dan sifat karakteristik konstan. Zat kimia tidak dapat dipisahkan menjadi komponen dengan metode pemisahan fisika, yaitu tanpa memutus ikatan kimia. Zat kimia bisa berupa unsur kimia, senyawa kimia, ion atau paduan.

Bahaya bahan kimia merupakan dampak buruk hasil dari reaksi zat beracun yang jika masuk kedalam tubuh menyebabkan kerusakan organ internal. Bahan kimia berbahaya telah ada dan digunakan dalam kehidupan sehari hari yang jika dipakai dengan skala kecil atau besar dan dikonsumsi secara teratur atau sering, Maka dimasa depan dapat menimbulkan kelainan jaringan tubuh.

Bahaya bahan kimia menurut Golongan, Jenis dan bahaya yang ditimbulkan :

  1. Golongan Senyawa metaloid dan logam,
    Jenisnya : Arsen (AS). Krom (CR), Hg, Cadmium, Fosfor §, Fosfor §, Hg, PbBahaya yang ditimbulkan : Kelainan saraf , Kerusakan ginjal, Kelainan darah, gangguan fungsi hati, Memicu munculnya kanker, Iritasi berat, Gangguan metabolisme karbohidrat, Lemak dan protein.

  2. Golongan Pestisida
    Jenisnya : memiliki dua jenis lain terdiri dari organik klorin dan organik fosfor
    Bahaya yang ditimbulkan: Pusing, Kejang kejang, Pingsan atau penurunan kesadaran dan kematian.

  3. Golongan Gas beracun
    Jenisnya : Asam sulfida (H2S), Helium, Asam sianida, HCN, Nitrogen oksida (NOX),Karbon monoksida (Co)
    Bahaya yang ditimbulkan : Pusing, Hilangnya kesadaran, Keracunan dengan gejala mual mual serta keinginan untuk muntah, Sesak nafas, Kekurangan oksigen, Kejang , Gangguan otak, Jantung Iritasi dan kematian.

  4. Golongan Bahan pelarut
    Jenisnya: Hidrokarbon alifotik, seperti bensin, atau minyak tanah, Hidrokarbon ternalogenasi dan jenis alkohol
    Bahaya yang ditimbulkan : Alergi kulit, Keracunan, Sakit kepala, Gangguan jantung, Sesak nafas, mual dan muntah, Koma, Gangguan saraf pusat, kerusakan ginjal, hati dan leukimia.

  5. Golongan Bahan bersifat karsinogenik
    Jenisnya : Benzena, Asbes, Vinil khlorida, Krom, Bensidin
    Bahaya yang ditimbulkan : Kerusakan saraf pusat, Leukimia, Gangguan kandung kemih, Gangguan jaringan paru, hati dan kelainan darah