Apa saja bahan untuk pembuatan action figure?


siang guys…aku ingin bertanya bahan-bahan apa saja ya yang bisa digunakan untuk membuat action figure versi kita sendiri?

Cara membuat clay bisa dibilang cukup mudah dan simpel. Bahan-bahannya juga tidak banyak dan sangat mudah di dapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi kalau kita tidak bisa membuat clay sendiri di rumah. Bagi yang belum tahu clay, clay adalah mainan yang serupa malam tetapi bukan berbahan plastisin. Clay berbahan baku dari tepung-tepungan.
Clay umumnya dipakai untuk mainan anak usia dini atau sekolah dasar. Di luar negeri sendiri dinamakan “play dough”. Biasanya clay ini dibuat bentuk-bentuk yang lucu, mulai dari replika makanan, karakter, buah-buahan, dll. Namun tahukan kamu, ternyata clay juga berpotensi untuk dijadikan sumber penghasilan loh. Caranya dengan membuat replika mini tentang sesuatu, lalu dikeringkan dan dijual sebagai souvenir.
Nah, jadi untuk clay yang akan kita buat sendiri ini nantinya bisa dipakai untuk mainan anak yang aman atau sumber penghasilan. Bagaimana? Masih ragu mau membuatnya? Sudah, coba dulu saja cara membuat clay berikut ini. Siapa tahu kamu dapat inspirasi untuk membuat sesuatu atau sekedar menemani bermain anak. Sehingga dengan permainan edukatif seperti ini anak dapat mengembangkan fungsi motorik halus dan kasarnya di masa bermain dan masa tumbuhnya.

1. CARA MEMBUAT CLAY DARI TEPUNG TERIGU

Inti dari membuat clay adalah bagaimana clay tersebut menjadi kalis. Tidak terkecuali clay berbahan terigu. Jadi takar ukurannya sampai adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 80 gram Tepung terigu, boleh merek apa saja
  • 80 gram Tepung tapioka/tepung singkong/tepung kanji
  • 80 gram Tepung beras, boleh merek apa saja
  • 200 gram Lem putih/lem kayu, boleh merek apa saja

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY TEPUNG TERIGU

  1. Siapkan wadah berukuran sedang, lalu campurkan semua tepung-tepungan tersebut menjadi satu.
  2. Ayak tepung supaya dapat tekstur tepung yang lembut dan terhindar dari kotoran. Setelah itu masukkan lem putih ke dalam ayakan tepung lembut tersebut.
  3. Uleni adonan sampai tercampur rata dan kalis. Jika terlalu lembek tambahkan sedikit terigu. Jika terlalu keras tambahkan beberapa sendok makan lem putih.
  4. Jika sudah kalis maka clay sudah jadi. Adonan clay yang sudah jadi bisa dibuat menjadi bentuk yang diinginkan sesuai selera.
  5. Jika ingin ada warnanya, tuangkan pewarna makanan ke dalam adonan kalis tersebut, lalu uleni lagi sampai warna tercampur rata.
  6. Adonan clay yang tidak dipakai sebaiknya disimpan di wadah tertutup rapat agar tidak mengering dan mengeras.

2. CARA MEMBUAT CLAY DARI TEPUNG MAIZENA

Jika boleh memberi testimoni, sebenarnya bahan dari tepung maizena ini yang kualitasnya paling bagus. Selain lebih lembut, adonan berbahan ini juga mudah dibentuk. Selain itu jika diberi pewarna kelihatan lebih hidup.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 30 gram Tepung maizena atau tepung jagung, terserah pakai merek apa
  • 30 gram Tepung tapioka atau tepung kanji, terserah pakai merek apa
  • 30 gram Tepung beras, terserah pakai merek apa
  • 60 gram Lem putih atau lem kayu, boleh pakai merek apa saja
  • Bubuk benzoat (biasanya disebut pengawet roti) secukupnya saja

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY TEPUNG MAIZENA

  1. Sama seperti langkah di atas, pertama ambil wadah berukuran sedang, lalu campur semua jenis tepung tersebut sampai rata menjadi satu.
  2. Selanjutnya gunakan ayakan untuk memisahkan tepung dari kotoran dan suapay memperoleh tekstur tepung yang lembut.
  3. Setelah itu masukkan bubuk benzoat dan lem putih atau lem kayu tersebut ke dalam hasil ayakan tepung lembut tadi. Kemudian uleni semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan menjadi kalis.
  4. Apabila adonan ternyata terlalu lembek, cukup tambahkan sedikit tepung maizena lagi. Apabila ternyata terlalu keras, bisa ditambahkan beberapa sendok makan lem putih atau lem kayu kedalam adonan tersebut.
  5. Jika adonan sudah kalis sempurna, maka itu tandanya clay sudah jadi. Silakan adonan clay tersebut dibuat menjadi bentuk yang diinginkan sesuai selera.
  6. Jika ingin membuat clay berwarna, tambahkan pewarna makanan sesuai selera ke dalam adonan kalis tersebut. Uleni sekali lagi sampai pewarna makanan dan clay tercampur rata.
  7. Adonan clay yang tidak dipakai atau sisa sebaiknya disimpan pada wadah tertutup rapat. Sebab jika terlalu lama dianginkan, clay akan mengering dan menjadi keras.

3. CARA MEMBUAT CLAY DARI SABUN

Selain menggunakan segala jenis tepung-tepungan, cay juga bisa dibuat dengan sabun mandi batang. Hasi dari clay sabu mandi batang ini cenderung lembut karena bahan sabun umumnya mengandung parafin dan minyak. Clay jenis ini cocok untuk dibuat kerajinan tangan.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 1 buah Sabun mandi batang, mereknya bebas
  • Tepung terigu secukupnya
  • Lem putih atau lem kayu secukupnya
  • 1 sendok teh Garam dapur halus
  • Pewarna makanan sesuai selera

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY SABUN

  1. Ambil satu buah sabun batang lalu iris atau rajang kecil-kecil sampai habis. Kemudian rendam irisan sabun tersebut dalam air kira-kira setinggi irisan tersebut.
  2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun jadi lembek, kurang lebih 3-3,5 jam perendaman. Jika sudah lembek, buang setengah airnya lalu haluskan lagi sabun lembek tersebut dengan sendok atau apa pun sampai lembut.
  3. Setelah itu masukkan tepung terigu, garam dapur halus dan juga lem putihnya. Ukur saja dengan takaran yang pas, masukkan sedikit-sedikit terigu dan lem putihnya, kira-kira perbandingannya 1:1,5.
  4. Kemudian setelah itu uleni semua bahan tersebut sampai tercampur rata. Jika belum kali tambahkan terigunya atau lem putihnya sampai menjadi kalis.
  5. Jika adonan sudah kalis sempurna, sebenarnya adonan clay sudah jadi. Tapi agar terlihat cantik, maka tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Selanjutnya uleni sekali lagi sampai warna menyatu sampai rata.
  6. Sekarang clay siap dibuat mainan dan dibentuk sesuai selera. Sekedar tips saja, apabila adonan clay masih sisa atau tidak dipakai maka sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat. Sebab clay yang kelamaan dianginkan akan mudah mengering dan jadi keras.

4. CARA MEMBUAT CLAY DARI ROTI TAWAR

Kalau yang dari roti tawar ini teksturnya agak terasa. Karena bagaimanapun juga, bahan yang dipakai memang sudah melewati proses pematangan. Jadi nanti sedikit lebih bertekstur dari clay yang lainnya. tapi tetap bagus kok.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 5 lembar Roti tawar, bisa pakai merek roti apa saja asal roti tawar
  • 2 sendok makan Lem putih/lem kayu, bebas merek apa saja
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY ROTI TAWAR

  1. Ambil lima lembar roti tawar tadi, lalu angin-anginkan supaya agak mengering dan berubah sedikit kaku. Kira-kira cukup selama 4-5 jam saja.
  2. Setelah itu ambil wadah ukuran sedang dan sobek-sobek roti tawar tari menjadi suwiran kecil. Selanjutnya campurkan lem utih ke dalam suwiran teung terigu tersebut.
  3. Selanjutnya uleni bahan tersebut sampai jadi kalis. Sekedar saran saja, kalau misalkan memakai cara ini, siapkan roti tawar lebih buat jaga-jaga kalau adonannya belum kalis bis aditambah lagi.
  4. Kemudian setelah adonanmenjadi kalis, masukkan sedikit minyak goreng atau minyak sayur ke dalam adonan. Selanjutnya uleni kembali sampai tercampur rata.
  5. Nah, dengan begitu clay nya sudah siap dibuat mainan atau dibentuk sesuai keinginan. Tetapi jika adonan clay ternyata bersisa atau tidak dipakai bermain lagi, maka sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup dengan rapat. Karena clay yang terlampau lama diangin-anginkan akan mudah mengering dan keras.

5. CARA MEMBUAT CLAY DARI CREAM OF TARTAR

Jika menggunakan cream of tartar maka hasil adonan clay akan lebih lentur. Namun jika cream of tartar tidak ada, maka gunakan saja soda kue. Hasilnya hampir sama, cuma memang lebih maksimal cream of tartar.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 400 gram Tepung terigu, merek bebas
  • 200 gram Garam dapur halus
  • 2 sendok makan Cream of Tartar atau jika tidak ada bisa pakai soda kue
  • 2 sendok makan Minyak goreng atau minyak sayur
  • Air panas secukunya
  • Pewarna makanan sesuai selera bila berkenan

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY CREAM OF TARTAR

  1. Ambil wadah ukuran sedang lalu masukkan semua bahan seperti tepung terigu, garam dapur halus, soda kue dan minyak goreng atau minyak sayur. Uleni sambil dicampur sedikit air, ingat sambil terus diuleni sampai kalis.
  2. Jika adonan terlalu encer maka tambahkan sedikit terigu lagi. Jika terlalu kering maka tambah air panas sedikit saja sampai kalisnya pas.
  3. Kemudian setelah adonan sudah menjadi kalis, masukkan pewarna makana sesuai selera ke dalam adonan yang sudah kalis tadi. Selanjutnya uleni kembali sampai adonan dan warna bisa tercampur rata.
  4. Nah, jika sudah rata maka clay nya sudah siap dijadikan mainan atau dibentuk sesuai keinginan kita. Jika adonan clay tidak dipakai bermain lagi atau masih sisa, sebaiknya simpan saja dalam wadah tertutup rapat. Supaya nantinya clay tidak kering dan keras.

6. CARA MEMBUAT CLAY DARI KERTAS TISU

Clay yang menggunakan bahan satu ini bisa dibilang adalah clay yang tahan lama dan kerasnya maksimal. Jadi sangat cocok untuk souvenir atau pajangan. Selain itu clay ini juga anti jamur. Namun tetap saj harus dijaga kebersihannya.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 1 gulungan kecil Tisu toilet atau tisu makan
  • 150 gram Lem putih atau lem kayu
  • 2 sendok makan minyak goreng atau minyak sayur
  • 100 gram tepung terigu, merek terserah
  • Pewarna makanan sesuai selera bila berkenan

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY KERTAS TISU

  1. Rendam semua kertas tisu yang sudah dipersiapkan tadi. Selanjutnya suwir kecil-kecil dan remas sampai halus. Jika ingin mudah bisa diblender saja.
  2. Ambil wadah ukuran sedang apa saja bebas. Masukkan semua bahan seperti tepung terigu, lem putih, bubur kertas tisu dan minyak goreng/minyak sayur. Uleni sambil ditekan-tekan sampai adonan rata dan menjadi kalis.
  3. Jika adonan sudah kalis, maka masukkan pewarna makanan dalam adonan. Kalau sudah campur dengan diuleni sekali lagi sampai adonan dan warna tercampur rata.
  4. Kemudian setelah adonan sudah menjadi kalis dan warnanya rata, maka artinya clay sudah jadi dan siap dijadikan mainan atau dibentuk sesuai selera kita.
  5. sekedar tips saja, Jika adonan clay tidak dipakai untuk bermain atau adonannya bersisa, sebaiknya letakkan dan simpan adonan clay dalam wadah tertutup rapat. Supaya adonan clay nya tidak jadi kering dan mengeras.

7. CARA MEMBUAT CLAY DARI PORSELIN NABATI

Secara umum porselin berasal dari bahan tanah liat, namun porselin bisa juga dibuat dari bahan-bahan tepung nabati. Hasilnya juga tak kalah bagus dengan yang tanah liat kok. Coba saja kalau tidak percaya.

PERSIAPAN DAN BAHAN

  • 125 gram Tepung maizena/tepung jagung, merek bebas
  • 225 gram Lem putih atau lem kayu
  • 2 sendok makan baby oil, bebas merek apa
  • 2 sendok makan cuka makanan
  • Pewarna makanan sesuai selera bila berkenan

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT CLAY PORSELIN NABATI

  1. Siapkan wadah ukuran sedang lalu masukkan semua bahan seperti tepung maizena atau tepung jagung, cuka makanan, lem putih atau lem kayu dan baby oil. Kemudian campur dan uleni sampai adonan berubah menjadi kalis.
  2. Jika adonan terlalu encer sebaiknya tambahkan sedikit teug maizena lagi. Jika terlalu kering sedikit lem putih, cuka dan baby oil lalu uleni lagi sampai kalisnya pas.
  3. Jika adonan sudah berubah menjadi kalis, maaka masukkan pewarna makana sesuai selera. Kemudian uleni kembali adonan sampai tercampur rata dengan pewarna makanannya.
  4. Apabila sudah rata, maka sekarang adonan clay sudah bisa dibentuk sesuai keinginan. Namun seandainya adonan clay tidak dipakai lagi atau bila adonan masih bersisa, maka simpan adonan dalam wadah tertutup rapat. Agar adonan clay tidak berubah jadi kering dan kera
Berikut adalah contoh clay yang sudah jadi = 



Cara diatas adalah cara yang mudah untuk membuat action figure dari clay gan jadi bisa kamu buat sendiri dirumah :smiley: