Apa Saja Bahan-Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Facial?

Tuhan menciptakan alam ini tentunya dengan berbagai manfaat yang berguna bagi manusia. Tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kitapun mempunyai berbagai manfaat yang luar biasa tentunya bukan hanya bagi kesehatan tapi juga bagi kecantikan kulit kita. Apa Saja Bahan-Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Facial?

Banyak buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang bisa kita temukan di sekitar kita. Bahan-bahan alami bukan hanya aman tapi juga menghindarkan kita dari karsinogen (pemicu kanker) dari produk-produk kecantikan kimiawi.Selain buah dan sayuran bahan-bahan di dapurpun bisa kita gunakan untuk perawatan kecantikan.

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan wajah:

1. Mentimun
Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai penyegar alami atau sering disebut astringent. Cara menggunakannya potong mentimun menjadi dua bagian lalu gosok-gosokan ke wajah secara perlahan hingga terasa kesegarannya. Lalu diamkan dan keringkan. Setelah itu bersihkan wajah dengan air. Cocok untuk kulit berminyak dan normal. Selain itu Mentimun juga bisa digunakan sebagai penyegar mata, ketika menggunakan masker letakan potongan mentimun di atas mata yang tertutup. Maka setelah selesai di masker bukan hanya kulit wajah yang segar namun matapun menjadi segar. Atau bisa digunakan sebagai campuran pemutih alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

2. Tomat
Tomat berfungsi untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah dan menyegarkan wajah serta menghaluskan kulit wajah. Gosokan tomat perlahan ke wajah. Diamkan sebentar lalu basuh dengan air. Atau bisa diblender terlebih dahulu lalu papakan ke wajah sehingga seperti menggunakan masker, diamkan hingga menyerap kira-kira 15 menit. Hati-ati penggunaan terhadap wajah sensitive dan kering. Tomat cocok untuk kulit wajah berminyak dan normal.

3. Alpukat
Buah yang satu ini sangat segar bila dijus namun selain itu buah ini sangat bermanfaat sebagai pelembab alami sangat cocok untuk jenis kulit kering. Pelembab alami tanpa efek samping yang dapat mengencangkan, membersihkan serta merawat kesegaran kulit wajah.Caranya lumatkan alpukat bisa dengan cara di blender , oleskan lumatan alpukat ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit . Untuk merawat kulit kering dan normal.

4. Pisang
Buah yang dikenal sebagai makanan monyet ini ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa bagi wajah kita yaitu membuat kulit tampak lebih mulus dan bersih. Membersihkan wajah secara alami bisa dengan menggunakan pisang caranya lumatkan setengah potong pisang. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu untuk menyegarkannya bilas dengan air dingin.

5. Bengkoang
Buah yang satu ini berwarna putih yang sering digunakan dalam produk kecantikan untuk memutihkan kulit. Memang bengkoang berkhasiat mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah. Caranya parud bengkoang, peras sarinya. Diamkan semalaman dan besok paginya akan mengendap sari-sari bengkoang. Buang airnya lalu jemur atau keringkan sari bengkoang tersebut. Maka sari-sari bengkoang tersebut akan menjadi masker bengkoang alami yang sangat bermanfaat bagi wajah. Penggunaanya sama seperti cara menggunakan masker.

6. Madu
Selain buah-buahan yang berkhasiat tinggi bagi kesehatan wajah, madupun tak kalah hebat manfaatnya untuk kecantikan. Madu berkhasiat melembutkan dan melembabkan wajah. Caranya oleskan madu keseluruh wajah. Diamkan hingga mongering. Setelah itu bersihkan dengan air. Memang madu lengket dan terasa tidak nyaman dipakai namun jika dipakai rutin hasilnya akan memuaskan. Selain itu madu juga berkhasiat untuk melembabkan dan memerahkan bibir secara alami. Caranya oleskan madu ke bibir secara merata. Diamkan 20 menit atau semalaman. Bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin maka bibir anda akan merah alami dan segar.

7. Anggur
Anggur berfungsi untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya belah dua anggur. Lalu oleskan atau usap-usapkan pada wajah secara merata. Diamkan kira-kira 15 menit hingga mengering. Lalu basuh dengan air.

8. Apel
Apel mengandung zat anti lemak yang berfungsi mengangkat kotoran pada kulit wajah. Lumatkan apel dengan cara diblender. Oleskan pada wajah. Tunggu hingga 15 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. Masker apel sangat cocok bagi jenis kulit berminyak karena mampu menetralisir minyak yang berlebih.

9. Beras
Beras yang kita makan sehari-hari setelah menjadi nasi ternyata berkhasiat juga bagi kulit wajah kita. Fungsinya untuk memutihkan dan mengencangkan kulit wajah. Caranya Rendam beras semalaman. Besoknya tumbuk hingga halus menjadi bubuk. Lalu dijemur hingga kering. Jadikan sbegai masker. Masker beras bisa dicampur dengan madu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tunggu hingga 20 menit dan lakukanlah secara rutin untuk hasil yang optimal.

10. Pepaya
Pepaya berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Pepaya dihaluskan dengan blender. Lalu tenpelkan pada wajah kira-kira 15-20 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. Gunakan secara rutin 2x seminggu dan lihat hasilnya.

11. Jeruk Nipis
Buah yang masam ini ternyata berkhasiat mencerahkan kulit wajah. Caranya potong buah menjadi dua. Gosokan perlahan-lahan ke daerah wajah. Hati-hati menggunakan jeruk nipis karena jeruk nipis pedih bila terkena kulit. Apalagi bagi yang berkulit sensitive atau kering isarankan tidak menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis cocok untuk kulit berminyak karena kandungannya dapat menetralisir minyakdi kulit. Diamkan wajah hingga mongering lalu basuhlah wajah hingga bersih.

12. Putih telur
Putih telur sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah kita. Caranya olesakan putih telur ke wajah bisa dicampur dengan madu atau jeruk nipis. Diamkan sekitar 10 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini rutin 2 minggu sekali.

13. Seledri
Menurut seorang pakar herbal bahwa dengan seledri kita bisa facial dengan hanya Rp.300. Karena jika kita beli seikat seldri maka harganya Rp.300. Nah khasiatnya membersihkan kulit, menghilangkan jerawat dan membuat kulit segar dan cantik alami. Caranya rebus seledri terlebih dahulu. Diamkan hingga hangat-hangat kuku. Lalu oleskan air seledri dengan kapas ke seluruh permukaan wajah secara merata dari dagu hingga kening. Diamkan selamabeberapa menit hingga mongering lalu basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit. Hal ini bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bahan-bahan alami di atas anda bisa dapatkan secara murah atau bahkan gratis. Anda hanya tinggal pilih sesuai dengan jenis kulit anda. Menggunakan bahan-bahan alami memang hasilnya tidak secepat menggunakan produk kecantikan kimiawi. Namun jika kita rutin melakukannya maka kita akan terlihat lebih natural dengan cantik alami dan tentunya aman bagi kulit bahkan dapat menyehatkan kulit kita. Jadi Lets Back To Nature….!

1. Susu

Cara membuat masker wajah dari susu adalah dengan mencampurkan 32 gram susu bubuk dengan air secukupnya. Lalu, aplikasikan ke wajah Anda secara merata, keringkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air hangat. Wajah Anda akan terasa segar kembali.

2. Pisang

Anda sudah tahu begitu banyak manfaat pisang. Ternyata pisang juga bisa Anda gunakan sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah, haluskan pisang ukuran sedang menjadi pasta, lalu aplikasikan ke bagian wajah dan leher Anda. Biarkan 10-20 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Resep masker pisang lainnya untuk meredakan jerawat yang sedang membandel adalah dengan mencampurkan 62 gram yogurt, 2 sdm madu, dengan pisang ukuran sedang, aplikasikan pada wajah, biarkan kering sampai beberapa menit lalu bilas dengan air dingin.

3. Oatmeal

Anda juga bisa membuat masker dari oatmeal untuk meremajakan kulit wajah Anda. Caranya campurkan 117 ml air dengan 30 gram oatmeal. Setelah diaduk rata, campurkan dengan 2 sdm yogurt tawar dan 2 sdm madu serta 1 putih telur.

Aplikasikan tipis-tipis saja ke bagian wajah Anda, dan biarkan sampai 15 menit dan bilas dengan air dingin. Tempatkan plastik untuk menyaring oatmeal yang berjatuhan setelah Anda membasuh wajah.

Langkah 1: Bersihkan

Membersihkan wajah Anda adalah bagian penting dari segala jenis perawatan kulit rutin. Ini membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan makeup, memberi Anda papan tulis yang bersih untuk bekerja dan mempersiapkan kulit Anda agar lebih mudah menerima bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk merawatnya.

  • Metode
  1. Pilih pembersih yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan pembersih yang bebas minyak. Untuk kulit kering, gunakan pembersih berbusa ringan. Orang dengan kulit kombinasi dapat menggunakan pencuci muka yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit kombinasi.
  2. Bilas wajah Anda dengan air hangat.
  3. Ambil pembersih wajah seukuran kacang polong dan gosokkan dengan lembut ke atas ke kulit Anda.
  4. Bilas produk dengan air dingin.
  • Apa yang Kami Rekomendasikan

Gunakan madu mentah untuk membersihkan kulit Anda. Madu memiliki sifat antibakteri dan menghidrasi yang sangat baik yang akan membuat kulit Anda terasa lembut, bersih dan kenyal. Cukup basahi wajah Anda, oleskan madu di atasnya, pijat sekitar satu atau dua menit dan bilas. Ini cocok untuk semua jenis kulit.

Langkah 2: Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah langkah lain yang sangat penting dalam hal facial. Pengelupasan kulit Anda membantu menghilangkan semua sel kulit mati yang cenderung menyumbat pori-pori Anda. Ini membantu mencerahkan wajah Anda dengan mengungkapkan lapisan kulit Anda yang lebih muda dan lebih sehat. Anda juga bisa membuat eksfoliator sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang sudah ada di dapur Anda.

Metode

  1. Setelah Anda membersihkan wajah Anda, pilihlah exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  2. Ambil eksfoliator seukuran koin dan gosok dengan lembut ke atas ke kulit Anda.
  3. Lakukan ini selama beberapa menit, tetapi ingatlah untuk bersikap lembut. Anda tidak ingin menggosok wajah Anda secara berlebihan.
  4. Bilas eksfoliator dengan air dingin.
  • Apa yang Kami Rekomendasikan
  1. Untuk Kulit Normal- Campurkan 1 sendok teh oatmeal bubuk dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh minyak zaitun.
  2. Untuk Kulit Berminyak- Campurkan 1 sendok teh madu dengan satu sendok teh air dan satu sendok teh gula.
  3. Untuk Kulit Kering- Campurkan 1 sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak zaitun dan satu sendok teh almond bubuk.

Langkah 3: Steam

Memulai dengan uap adalah cara terbaik untuk memulai facial di rumah. Uap membantu mengendurkan kulit Anda dan membuka pori-pori Anda. Ini memungkinkan kulit Anda melepaskan racun dan menyerap semua kebaikan yang ditawarkan wajah. Ikuti instruksi yang tercantum di bawah ini untuk mengukus wajah Anda dengan aman.

Metode

  1. Ambil semangkuk air yang sangat panas. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan oven atau kain saat memegang panci agar Anda tidak terbakar sendiri.
  2. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan condongkan panci ke atas agar handuk membuat tenda untuk menahan uap.
  3. Bersandar di atas panci untuk mengukus wajah Anda. Jangan bersandar terlalu dekat karena uapnya bisa sangat panas.
  4. Lakukan ini selama 5-10 menit. Jika Anda merasakan uap mulai dingin selama waktu ini, tiuplah ke dalam panci sehingga mengeluarkan lebih banyak uap.
  • Apa yang Kami Rekomendasikan

Tambahkan beberapa minyak atsiri rosemary, atau rempah-rempah seperti chamomile atau rosemary sprig untuk memberi Anda tendangan uap. Aroma yang diciptakan oleh bahan-bahan ini bisa sangat membangkitkan semangat dan akan membuat Anda rileks sementara mereka mengklarifikasi kulit Anda dengan kandungan antioksidannya.

Langkah 4: Oleskan Masker Wajah Anda

Setelah Anda mengukus wajah Anda, kulit Anda siap untuk mengambil beberapa nutrisi. Menerapkan masker wajah memberi kulit Anda dorongan yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan terlihat bercahaya. Kontak yang terus-menerus dengan kulit Anda dengan faktor-faktor yang merusak seperti polusi, sinar matahari, dan bahan kimia, dapat membuatnya kusam dan membuatnya menua sebelum waktunya. Masker wajah membantu mengatasi faktor-faktor ini dan menjaga kulit Anda tetap terpelihara dan awet muda. Hal terbaik tentang topeng adalah mereka dapat disesuaikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Metode

  1. Pilih masker DIY yang cocok untuk kulit Anda, lebih disukai masker yang akan membantu mengatasi masalah kulit yang Anda miliki.
  2. Sebarkan masker ke wajah Anda dalam lapisan tipis. Hindari terlalu dekat dengan mata atau mulut Anda.
  3. Nyalakan pelembab udara atau mandi untuk merendam sementara topengnya melakukan keajaiban.
  4. Setelah waktu yang ditunjukkan telah lewat, percikkan masker dengan air dingin.
  • Apa yang Kami Rekomendasikan
  1. Untuk Kulit Normal / Kombinasi - 1 sendok makan madu + 1 sendok makan Yogurt
  2. Untuk Kulit Berminyak- 1 sendok makan multani mitti + 1 sendok makan madu
  3. Untuk Kulit Kering- ½ pisang (dihaluskan) + 1 sendok makan madu

Langkah 5 : Tone

Sekarang wajah Anda telah menyerap semua kebaikan yang ditawarkan masker wajah, sekarang saatnya untuk menutup pori-pori Anda agar kotoran atau racun tidak menempel di kulit Anda. Di sinilah toner masuk. Toner membantu menghilangkan sisa kotoran saat menyegel pori-pori Anda. Ini membantu mengatasi masalah seperti jerawat dan pori-pori yang terlihat. Toner juga membantu membuat kulit Anda lebih mudah menerima hidrasi.

Metode

  1. Pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  2. Ambil kapas dan gunakan untuk mengoleskan toner ke wajah Anda. Hindari area di sekitar mata Anda saat melakukan ini.
  3. Kapas akan membantu menyebarkan toner sambil juga menghilangkan sisa kotoran.
  4. Biarkan toner mengering secara alami.
  5. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda dapat membatasi penggunaan toner untuk zona-T Anda.

Apa yang Kami Rekomendasikan

Campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dengan satu sendok teh air dan gunakan ini untuk mengencangkan wajah Anda. Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit Anda sambil menutup pori-pori Anda.

Langkah 6: Melembabkan

Ini adalah langkah terakhir untuk facial di rumah Anda dan salah satu yang perawatannya tidak lengkap tanpa. Kulit Anda yang baru terungkap dan terpelihara akan membutuhkan hidrasi untuk pancaran abadi. Pelembab akan membantu melembabkan kulit Anda dan mengunci kelembaban sehingga kulit Anda tidak mudah rusak.

Metode

  1. Pilih pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda.
  2. Ambil kacang polong dalam jumlah seukuran sepeser pun, tergantung konsistensinya dan oleskan ini ke wajah Anda dengan gerakan memutar ke atas.
  3. Biarkan kulit Anda menyerap pelembab.

Apa yang Kami Rekomendasikan

  1. Untuk Kulit Normal- ½ sendok teh almond atau minyak zaitun
  2. Untuk Kulit Kering- ½ sendok teh kelapa atau minyak argan.
  3. Untuk Kulit Berminyak- ½ sdt minyak Jojoba, atau 1 sendok teh gel lidah buaya.

Tips Dan Perhatian Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Melakukan Facial

  1. Jangan merias wajah segera setelah merawat kulit wajah. Berikan kulit Anda beberapa jam (setidaknya) untuk bernafas.
  2. Sambil mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas, ikuti jumlah waktu yang ditunjukkan untuk setiap bahan atau produk yang Anda gunakan.
  3. Beri diri Anda wajah setiap minggu untuk menjaga kulit Anda sehat. Bahan alami tidak merusak kulit Anda. Sebaliknya, mereka membantu meningkatkan tekstur kulit Anda.
  4. Siapkan semua yang Anda butuhkan sebelum memulai wajah agar Anda tidak melewatkan langkah apa pun dan dapat menyelesaikan perawatan dengan efisien.
  5. Ciptakan suasana tenang untuk diri sendiri. Ini akan membantu melepaskan stres dan akan meningkatkan efektivitas perawatan.
  6. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan dari bahan yang Anda gunakan, bilas dan segera bersihkan wajah Anda.