Apa Saja Bahan Alami yang Dapat Kecilkan Pori-pori Wajah?

Memiliki pori-pori wajah yang besar tentu menyebabkan wajah Anda berminyak dan mambut Anda kesulitan dalam mengaplikasikan make up. Apa saja bahan alami yang dapat kecilkan pori-pori wajah?

Jeruk
Jeruk yang biasa Anda makan dagingnya pun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara mengecilkan pori-pori wajah wajah secara alami berikutnya. Alih-alih Anda memakan dagingnya, peras air jeruk lalu oleskan pada wajah Anda. Lakukan secara rutin maka pori-pori wajah Anda akan menutup sehingga nampak lebih kecil.

Kulit Jeruk
Ilustrasi kulit jeruk YouTube
Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada wajah Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

Lidah buaya
Ilustrasi lidah buaya 2014 Merdeka.com/shutterstock/Ilyashenko Oleksiy

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Pepaya
Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Alpukat
Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Dengan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Haluskan satu buah alpukat lalu gunakan sebagai masker wajah.

Pisang
Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

Strawberry
Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori meengecil. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/24-cara-mengecilkan-pori-pori-wajah-secara-alami-dan-permanen-kln.html