Apa saja bahan alami yang dapat dijadikan Makeup Remover?

Terkadang pembersih muka yang didapatkan dari toko, menimbulkan rasa perih saat digunakan pada wajah, apalagi bagi orang yang berkulit sensitif dan kering. Solusinya? Bisa membuat makeup remover dari bahan alami.

Kita harus memastikan bahwa bahan alami yang digunakan dapat membuat kulit sehat dan terhindar dari radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke dalam kulit dapat merusak kesehatan kolagen, yang berpengaruh pada proses penuaan kulit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa direkomendasikan:

  1. Minyak kelapa dan zaitun sebagai oil remover
    Memakai pembersih berbahan kimia dapat mengikis minyak alami kulit Anda, sehingga membuat kulit menjadi kering atau malah membuat kulit memproduksi minyak berlebih. Ketika kulit menjadi kering, Anda bisa mengatasinya dengan pelembap. Saat kulit Anda memproduksi minyak berlebih, Anda pun mungkin beralih pada produk oil-free alias bebas minyak, namun sebenarnya kulit kita tetap membutuhkan minyak. Ketika memakai produk bebas minyak tersebut, kulit berisiko mengalami penuaan dini.
    Anda bisa memilih minyak kelapa dan zaitun sebagai pembersih sebab keduanya bisa membersihkan sisa kotoran di kulit tanpa membuatnya menjadi kering. Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan maskara dan lipstik matte dengan pigmentasi kuat.

  2. Susu
    Anda pernah mendengar tentang mandi susu? Ya, ternyata susu memiliki manfaat untuk kulit. Kandungan lemak dan protein pada susu khususnya whole milk, dapat membantu melembapkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada kulit. Selain itu, susu juga bisa membantu memperlambat proses penuaan kulit. Meskipun minum susu dapat memperburuk kondisi kulit terhadap jerawat dan eksim, menggunakannya sebagai obat luar dapat mengatasi masalah kulit tersebut. Kelebihan lainnya, susu mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.
    Cara membuatnya: tambahkan satu sendok makan minyak almond dan satu mangkuk susu, lalu usapkan pada wajah Anda dengan lap handuk atau kapas. Sisa makeup akan terangkat dari wajah Anda.

  3. Timun
    Pernahkah Anda melihat berbagai produk makeup remover yang berbahan mentimun? Timun memiliki manfaat sebagai antiperadangan, sehingga dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan kulit berjerawat. Ambil satu mentimun dan aduk menjadi adonan. Usapkan pada kulit wajah. Jika makeup Anda sulit untuk dibersihkan, tambahkan sedikit susu atau minyak zaitun ke dalam campuran adonan.

  4. Yogurt
    Selain baik untuk kesehatan dalam tubuh, yogurt juga bermanfaat saat dipakai dari luar karena dapat membuat kulit lembap. Kandungan asam laktat dapat mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan kulit. Anda juga dapat menggunakannya sehabis berjemur di terik matahari, karena yogurt dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat berjemur. Untuk menggunakannya, ambil kapas bersih dan celupkan ke dalam yogurt, usapkan pada wajah dengan cara melingkar, kemudian bersihkan dengan air dingin (air biasa).

  5. Campuran berbagai macam minyak
    Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama. Jika tidak ada minyak kelapa, Anda bisa gunakan minyak jojoba. Anda bisa sediakan witch hazel, cari yang tanpa alkohol. Witch hazel berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang dapat hidup di pori-pori kulit. Minyak jojoba berfungsi sebagai hypoallergenic dan membasmi bakteri dari wajah Anda, sedangkan minyak zaitun mengandung vitamin E dan dapat membuat kulit menjadi lembap saat iritasi dan kering.

Sumber:

Susu dan yoghurt
image
Menggunakan susu dan yoghurt untuk menghapus make up yang tebal merupakan cara yang tepat. Caranya: Campurkan plain yoghurt dengan susu cair. Celupkan bola kapas pada campuran tersebut, peras sedikit, kemudian gosokkan dengan lembut pada kulit untuk menghapus make up. Protein, asam lemak dan antioksidan pada susu akan menghilangkan kotoran dari dalam, membuka sumbatan pori-pori, dan melembabkan kulit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Mentimun


Mentimun mengandung anti peradangan sehingga bisa menenangkan kulit yang iritasi, mengurangi jerawat dan bekas luka. Parut satu mentimun dan peras. Simpan dalam wadah kedap udara, gunakan bila diperlukan untuk menghapus make up

Minyak zaitun
Tekstur minyak zaitun yang lembut dapat digunakan untuk membersihkan area sensitif seperti mata. Caranya: tuangkan 2-3 sendok teh minyak zaitun pada kapas, kemudian bersihkan make-up pada mata. Diamkan selama 2-3 menit agar make up mata khususnya maskara bisa hilang dengan sempurna.

sumber:
https://miignon.com/8-bahan-alami-di-dapurmu-ini-bisa-jadi-make-up-remover-ampuh-lho