Apa saja Arti Simbol Merakit di Buku Manual Gunpla Model kit?

              Arti Simbol Merakit di Buku Manual Gunpla

Umunya semua model kit yang memungkinkan harus dirakit seperti gunpla pada dasarnya memiliki manual guide atau yang lebih dikenal dengan buku manual perakitan. Buku panduan itu tersendiri memiliki petunjuk-petunjuk part untuk dirakit dengan bantuan gambar dan simbol. Pada buku manual perakitan gunpla terdapat banyak simbol/ ilustrasi , Tujuan diberikan simbol ilustrasi ini adalah untuk memudahkan pemodel untuk memahami apa yang harus dilakukan dalam langkah merakit, juga untuk menghemat ruang pada bagian dari produsen tanpa harus mengetikkan instruksi dalam manual. Sayangnya bahasa yang digunakan pada buku manual gunpla adalah bahaha Jepang. tentunya ini menjadi masalah jika kita tidak mengerti bahasa jepang, gimana caranya membaca simbol manual gunpla? jangan khawatir karna pada posting kali ini kita akan menjelaskan arti dari simbol-simbol pada manual perakitan gunpla.

Sebenarnya panduan arti simbol manual gunpla ini adalah lanjutan dari Tutorial merakit gunpla mudah untuk melanjutkan arti dari simbol pada manual gunpla. Sebagian besar simbol ini ada pada manual gunpla Bandai ataupun gunpla bootleg yang memiliki simbol yang sama. karena jika Anda pernah melihat salah satu dan sama maka dipastikan artinya pun sama karna simbol ini bersifat universal untuk manual gunpla. Simbol-simbol ilustrasi ini biasanya ditemukan di bagian bawah/atas halaman buku manual gunpla.

Mungkin pada awal pertama merakit gunpla anda pernah menebak-nebak apa arti dari simbol ini atau mungkin dilewatin aja karna gangerti^.^, tapi untuk lebih pasti silakan simak arti dari simbol pada buku manual gunpla berikut. Ikuti nomor berikut untuk mencari tahu arti dari simbol yang tertera:

Arti simbol buku manual pada gunpla

Pada gambar diatas jika anda perhatikan ada simbol yang dicetak tipis itu berarti tidak terlalu dibutuhkan melainkan hanya option

1. Part yang harus diberi lem

2. Nomor Sticker   arti dari simbol ini adalah untuk memasang sticker berdasarkan petunjuk nomor sticker, kadang stiker juga ada yang berhuruf A, B, C.

3. Nomor Decal sama seoerti petunjuk nomor 2 hanya saja ini untuk decal

4. Simbol panah berlawanan arah part akan dipasang di sisi berlawanan. Biasanya akan ada 2 part nomor di sebelah simbol ini. Yang berarti bahwa satu part dengan part satunya lagi akan dipasang secara berlawanan.

5. Bagian simetris yang akan pasang Seperti kebanyakan humanoids, Gunpla simetris. Ketika Anda melihat simbol ini, biasanya akan ada 2 part nomor sama di sebelah simbol ini. Berarti bahwa satu akan dipasang di sisi ini sementara yang lain akan ditempatkan di sisi berlawanan.

6. Pay Attention Ini berarti bagian yang anda kerjakan mungkin memiliki beberapa definisi halus yang akan berarti sangat penting. Lihatlah part secara cermat yang sesuai dari bagian yang memiliki simbol ini.

7. Hati-hati untuk tidak terlalu mengencangkan. Hal ini biasanya mengacu pada model kit yang memiliki sekrup.

8. Bagian yang akan dipotong. Hal ini biasanya mengacu pada gate runner.

9. Ulangi langkah ini dua kali. Karena Gunpla simetri, dan cenderung memiliki dua lengan, dua kaki, dll Jika Anda sedang membangun sebuah lengan dan melihat simbol ini.

10. Pasang part ini pertama. jika anda sedang merakit dan melihat simbol ini usahakan pasang part yang diberi simbol ini untuk dipasang pertama.

11. pasang parti ini terakhir jika anda sedang merakit dan melihat simbol ini usahakan pasang part yang diberi simbol ini untuk dipasang terakhir.

12. Jumlah derajat part tersebut akan diputar berlawanan dari posisi saat awal.


13. Pilihan anda Kadang-kadang gunpla dilengkapi dengan banyak aksesoris, lebih dari yang bisa dipasang pada Gunpla. Ini berarti ada beberapa pilihan part yang ingin anda pasang.

14. Part sama jika anda sedang merakit pada bagian kaki/tangan lalu saat ingin memasang part anda tidak yakin ini untuk kiri atau kanan. Jika Anda melihat simbol ini, jangan khawatir! Ini berarti part berlaku unuk kiri ataupun kanan

referensi :
Buku manual pada Model kit gundam

MANTAB NICEEE INFO GAN!! dicari dimana-mana gak nemu akhirnya dapat juga hahahaha :rofl::rofl:

Gini kan jadinya enak buat rakit,soalnya sering beli yang original from japan jadi bingung gk ada manual book yang pakai bahasa inggris kwkwkkw :sunglasses::sunglasses: