Apa saja alat yang diperlukan dalam melukis air brush?

Airbrush adalah sebuah teknik seni rupa yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna pada bidang kerja.

Alat-alat yang diperlukan dalam melukis airbrush adalah:

1. Kompresor Angin

Alat kompresor berguna untuk menyemprotkan angin untuk melukis air brush. Tipe yang dibutuhkan oleh pelukis adalah kompresor dengan kekuatan 1/2 PK atau kompresor portable. Alternatif selain kompresor adalah pompa kaki, lalu disimpan pada silinder gas kosong. Silinder tersebut dipompa dengan pompa kaki, dan dinyalakan ketika dibutuhkan.

2. Pen

Alat pen adalah alat untuk melukis yang dipakai oleh pelukis air brush. Terdapat tiga jenis pen, yaitu:

  • Single Action (Internal Mix) : Angin dan cat keluar bersamaan ketika dipencet tombolnya. Biasanya dilakukan pada cat yang tidak membutuhkan gradasi. Contohnya keramik.
  • Single Action (External Mix) : Perbedaannya dengan internal mix adalah pencampuran internal mix dilakukan sebelum melewati head. Sedangkan external setelah melewati head.
  • Double Action (Internal Mix) : Sesuai namanya, pen ini mempunyai dua jenis aksi. Ketika ditekan tombolnya maka akan keluar angin. Sedangkan aksi lainnya adalah menarik tombol tersebut untuk mengeluarkan cat. Pen ini memberikan kebebasan lebih kepada peluksi karena bisa mengatur tekanan angin lebih baik.

3. Cat

Bahan yang akan diisi kepada pen. Airbrush mempunyai jenis – jenis tersendiri dalam membuat lukisan, hasil akhir lukisan akan berbeda sesuai dengan cat yang dibuat. Jenis – jenis cat airbrush antara lain adalah akrilik, tinta, minyak, urethane, air.

4. Thinner

Alat thinner dipakai bukan untuk menghapus lukisan apabila terjadi kesalahan, melainkan untuk memberikan efek “tipis” kepada lukisan. Thinner juga membantu untuk membersihkan bagian yang kotor setelah melakukan cat.

5. Fixative

Setelah selesai melukis, fixative dapat digunakan untuk membuat cat menjadi tahan lama, dan tidak berubah-ubah. Fungsinya adalah mengawetkan kualitas dari lukisan yang telah dibuat. Fixative terdiri dari beberapa jenis yaitu Matte, Transparan, dan Glossy.

6. Stiker / kertas

Cat air brush kerap menyebar dengan sangat tidak beraturan sehingga membutuhkan pembatas untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Penggunaan kertas dan stiker bisa menjadi masking untuk mengontrol arah keluarnya cat tersebut. Gunanya adalah membuat cat menjadi lebih rapi dan beraturan.