Apa saja alat yang digunakan untuk membantu berjalan ?

Ketika kita terkena musibah yang mengakibatkan kaki kita menjadi sakit untuk digunakan berjalan sedangkan kita ingin berjalan-jalan, adakah alat yang digunakan untuk membantu kita agar menjadi lebih mudah untuk berjalan ?

Berikut ini macam-macam alat bantu jalan dan alat penyangga tubuh, semoga bermanfaat.

Alat Bantu Jalan

1.Kruk
Kruk merupakan alat bantu jalan yang dapat digunakan satu atau dua (berpasangan) untuk mengatur keseimbangan. Cara penggunaannya disandarkan pada ketiak dan ada juga yang disandarkan pada lengan, sehingga agar seimbang biasanya digunakan secara berpasangan.
Penggunaan kruk ini bertujuan selain membantu berjalan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pasien karena mengurangi ketergantungan kepada orang lain dalam berjalan.
Indikasi penggunaan antara lain digunakan untuk pasien dengan kelemahan kaki, pasca amputasi, fraktur bawah, terpasang gibs dan pasca pemasangan gibs.
Penggunaan kruk bermanfaat untuk mencegah kelainan bentuk seperti pada kaki, mencegah otot mengecil dan kaku sendi, memelihara dan mengembalikan fungsi otot, serta membantu meningkatkan kekuatan otot.

2.Walker
Walker merupakan alat bantu jalan yang memiliki dua gagang sebagai tempat pegangan serta empat kaki sebagai penumpu. Biasanya walker terbuat dari logam atau alumunium sehingga ringan dan cocok untuk lansia.
Walker ada dua jenis yaitu walker standar dan walker beroda. Perbedaannya hanya terdapat pada keberadaan roda di kaki walker bagian depan atau bisa juga keempat kakinya. Penggunaan walker standar harus diangkat pada saat melangkah, namun untuk walker beroda hanya cukup menggelindingkan di lantai. Untuk tingkat stabilitasnya lebih baik walker standar daripada walker beroda.
Indikasi penggunaannya adalah digunakan untuk pasien yang terdapat patah tulang kaki dan pasien yang masih lemah.
Penggunaan walker bermanfaat untuk memberi rasa aman pada pasien, membantu mempercepat pengembalian kebugaran serta menjaga pasien saat melakukan latihan berjalan.

3.Tongkat
Tongkat adalah alat bantu sederhana yang terbuat dari kayu atau logam. Biasanya digunakan oleh lansia dengan gangguan keseimbangan ringan.
Tongkat ini ada beberapa jenis misalnya tongkat standar, tongkat kaki tiga, dan tongkat kaki empat.
Penggunaan tongkat bermanfaat untuk membantu beraktivitas, mempertahankan posisi tubuh dan memperlancar peredaran darah.

4.Tripod
Tripod sesuai namanya merupakan alat bantu jalan yang memiliki tiga kaki. Biasanya digunakan oleh pasien yang kondisinya sudah bagus.
Indikasi penggunaannya digunakan untuk pasien stroke, osteoarthritis sendi lutut, dan gangguan keseimbangan pada lansia.
Tripod bermanfaat sebagai alat bantu jalan untuk pasien dengan gangguan jalan karena kelemahan di salah satu tungkai.

5.Kursi Roda
Kursi roda merupakan alat bantu jalan bagi seseorang yang kesulitan berjalan dengan menggunakan kaki entah karena cacat,penyakit atau cidera.
Kursi roda ada dua jenis yaitu kursi roda manual dan listrik. Kursi roda manual dapat dioperasikan sendiri oleh pasien atau dapat juga atas bantuan orang lain dengan didorong dari belakang.
Namun bagi seseorang yang cacat dan ingin melakukan perjalanan yang lebih jauh, dapat menggunakan kursi roda listrik. Menariknya, kursi roda listrik memiliki fitur maju mundur, belok arah kiri kanan dan juga pengereman. Biasanya kursi roda listrik dilengkapi dengan alat isi ulang baterai sehingga praktis dilakukan dirumah.

Referensi