Apa saja Alat Pernapasan Hewan beserta contoh dan fungsinya ?

Alat pernapasan pada hewan

Alat pernapasan pada hewan beragam tidak seperti manusia yang memiliki alat pernafasan berupa paru-paru, namun walaupun hewan sebahagian menyerupai manusia bernafas dengan paru-paru, seperti hewan di laut , di darat dan lain-lain memiliki keunukannya masing-masing. sedikit berbicara mengenai alat pernapasan berfungsi untuk menghirup udara sebagai peroses untuk mengolah energi serta untuk bertahan hidup, seluruh makhluk hidup yang ada di dunia mengunakan cara ini sebagai proses kehidupan kecuali benda mati.

Apa saja Alat Pernapasan Hewan beserta contoh dan fungsinya ?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas alat pernapasan hewan berdasarakan lingkungan hidupnya seperti di darat, air dan udara serta lainya seperti mamalia, amfibi, veterbrata , inveterbrata dan hewan bersel satu, mari kita simak selengkapnya.

  1. Alat Pernapasan dengan Kulit
    Hewan yang bernafas dengan kulit biasanya adalah hewan yang sejenis cacing, contohnya seperti cacing tanah dan sejenisnya seperti hewan bersel satu, cara bernafasnya pun unik dimana akan mengambil udara melalui kulit dan memprosesnya kemudia mengeluarkannya melalui kulit pula.

  2. alat pernapasan dengan paru-paru
    Hewan yang bernafas denga paru-paru biasanya mamalia seperti kuda, anjing, babi dan monyet , di dalam air juga terdapat hewan yang bernafas dengan paru-paru yakni lumba-lumba dan paus. sama halnya dengan manusia yang menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasan.

  3. Alat pernapasan dengan Insang
    alat pernapasan dengan insang biasanya hewan yang hidup di dalam air yakni ikan (Pisces) namun ikan paus dan lumba-lumba tidak termasuk karena mengunakan paru-paru, contoh hewan yang bernapas dengan insang adalah ikan mas, ikan nila, ikan louhan, ikan cupang dll, Insang pada ikan berada di bagian kiri dan kanan kepala ikan.

  4. Alat pernafasan dengan Trachea
    Hewan yang bernafas dengan Trachea adalah jenis serangga di mana di sekitar kulitnya terdapat Trachea yang dimana berfungsi untuk menghirup oksigen, hewan yang bernafas dengan Trachea adalah belalang, kupu-kupu dan lainnya.

  5. Alat pernapasan dengan paru-paru dan kulit
    selain memiliki satu alat pernapasan terdapat hewan yang dapat menggunakan paru-paru dan kulit sebagai pernapasannya yakni katak dimana kulit katak juga dapat menghirup oksigen , maka dari itu kulit katak terlihat basah akibat digunakan sebagai alat bernafas pula.