Apa Saja Alasan yang Tepat Sehingga MVP Pada Startup Sangatlah Penting ?

Kita sudah mengetahui Minimum Viable Product sangatlah berpengaruh dalam perusahaan dan sudah banyak buktinya yaitu seperti dropbox, uber, zappos, dsb. Namun bagaimana jika kita ingin memulai sebuah startup, adakah alasan-alasan yang kuat mengapa kita harus menggunakan MVP pada saat startup ?

dictio 2 (1)


Berkaca pada dropbox, uber, zappos, dan produk-produk lainnya yang menggunakan MVP sebelumnya hingga menjadi sukses sampai sekarang berikut adalah 7 alasan mengapa anda harus menggunakan MVP ketika Startup :

  1. Minimalkan biaya pengembangan
    Jangan pernah lupa aturannya: startup yang lebih rumit membutuhkan investasi yang lebih besar. Untuk setiap fitur tambahan atau desain yang lebih cantik, Anda harus membayar. Tetapi untuk mengembangkan MVP (itu masih merupakan produk, bahkan dalam bentuk yang paling sederhana), Anda akan membutuhkan sumber daya yang minimal.

  2. Uji proyek bisnis Anda
    Membangun aplikasi tidak hanya tentang pengkodean. Setiap aplikasi adalah proyek bisnis yang harus menarik klien dan mendatangkan keuntungan bagi para pembuatnya. Tetapi apakah ide Anda adalah masa depan yang menjanjikan? Anda dapat membuat produk minimum yang layak untuk mendapatkan jawaban seakurat mungkin. Bahkan jika aplikasi Anda memiliki desain yang menarik dan banyak fungsi, pengguna mungkin tidak terlalu tertarik. Karena ada aplikasi terkenal lain dalam kategori yang sama atau mereka tidak membutuhkannya, misalnya. MVP membantu Anda memahami berapa banyak pengguna yang benar-benar tertarik dengan aplikasi Anda dan apakah mereka siap membayarnya.

  3. Dapatkan pelanggan pembayaran pertama Anda
    Satu lagi alasan untuk mengembangkan produk MVP untuk startup adalah pengguna awal. Apa artinya itu bagi Anda?

  • Pertama-tama, Anda akan menarik pelanggan potensial dan orang-orang, yang terlibat dengan produk Anda. Kemudian mereka dapat memberi tahu teman-teman mereka tentang aplikasi Anda. Begitulah cara Anda mendapatkan efek viral. Pada saat startup Anda sudah mapan, Anda sudah memiliki beberapa penggemar.
  • Kedua, masukan pengguna awal akan membantu Anda membentuk dan mengarahkan pengembangan startup Anda. Ini adalah poin penting untuk setiap pengembang, jadi jangan mengabaikannya.
  • Ketiga, Anda bisa mendapatkan pelanggan pembayaran pertama Anda. Biarkan saya menggarisbawahi sekali lagi - membayar. Tentu saja, kami tidak berbicara tentang pendapatan besar. Namun, Anda akan memiliki sumber penghasilan lain, yang luar biasa.
  1. Dapatkan umpan balik
    Salah satu alasan utama mengapa developer berpengalaman menyarankan untuk membuat MVP untuk startup adalah umpan balik. Sangat penting untuk mengetahui dengan jelas pendapat pengguna tentang produk Anda. Dengan bantuannya Anda dapat memahami fitur apa yang paling diinginkan dan diharapkan, dan mana yang tidak diinginkan. Ingat bahwa aplikasi apa pun harus menyelesaikan masalah pengguna yang pasti. Cara terbaik untuk mengetahui seberapa berhasil aplikasi Anda untuk mendapatkan informasi ini langsung dari pengguna. Jadi gunakan data ini untuk keuntungan Anda sendiri.

  2. Hemat waktu Anda
    Bayangkan Anda menghabiskan waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk membangun aplikasi seluler Anda dan ketika Anda merilisnya … tidak ada yang luar biasa terjadi. Tidak ada popularitas, tidak ada untung. Kedengarannya seperti mimpi buruk, bukan? Anda dapat menghabiskan waktu ini untuk sesuatu yang lebih berguna. Untuk membuat MVP Anda akan membutuhkan waktu sesedikit mungkin. Masukan pengguna akan membantu Anda membuat aplikasi yang sangat menuntut dan menarik. Apa yang Anda inginkan: menghabiskan berbulan-bulan untuk mengembangkan aplikasi yang mungkin gagal atau menggunakan waktu yang sama untuk membuat aplikasi yang lebih cocok dan ramah bagi penggunanya? Jawabannya jelas!

  3. Menarik investor
    Jika kita membandingkan ide baru dan unik dengan hati setiap startup, maka uang dapat dibandingkan dengan darah, yang membuat jantung ini berdetak. Anda beruntung jika memiliki simpanan beberapa juta dan dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan. Jika tidak, Anda harus mencari seseorang yang siap menginvestasikan uang dalam ide Anda. Namun, ketika Anda memiliki ide hanya di kepala Anda mungkin kedengarannya tidak terlalu menjanjikan bagi investor. Salah satu manfaat pengembangan MVP untuk startup adalah Anda akan memiliki sesuatu yang lebih serius dan perspektif daripada hanya pemikiran dan kata-kata Anda. Ini pasti meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan dan didengar.

  4. Jangan sia-siakan usaha Anda
    Dan yang terakhir tetapi tidak sedikit. Sudah cukup dikatakan tentang biaya dan manfaat pengembangan MVP, tetapi apa yang Anda simpan juga adalah upaya Anda. MVP adalah langkah penting, yang akan membantu Anda merencanakan startup Anda dengan bijaksana dan menskalakan bisnis Anda dengan benar. Jangan ragu bahwa Anda akan menghabiskan lebih banyak upaya untuk menyesuaikan aplikasi Anda dengan permintaan pengguna dan menangani risiko daripada membangun MVP. Jadi mengapa tidak memilih cara termudah?

Dengan membangun MVP Anda juga dapat lebih memahami ide Anda dan menggaris bawahi tugas dan fitur terpenting dari startup Anda.

Sumber : 7 Alasan Penting MVP