Apa saja alasan umum memelihara anjing?

Apa saja alasan umum memelihara anjing ?

Menurut American Heart Association, memiliki seekor anjing dapat membantu semua orang di keluarga Anda dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Apa saja alasan umum memelihara anjing ?

1 Like

Alasan memelihara anjing :

  1. Persahabatan
    Sebagai balas budinya terhadap makanan, tempat tinggal, dan kasih sayang yang diberikan anjing akan memberikan cinta tanpa syarat dan kesetiaan kepada pemiliknya. Memiliki anjing yang ceria dan sehat dapat membuat hidup terasa lebih berharga. Anda akan lebih berkesempatan untuk mempunyai teman baru saat membawanya berjalan kaki atau ketika mengikutinya dalam kelas pelatihan. Selain itu, memiliki anjing juga akan membuat Anda merasa beruntung karena ia dapat membantu untuk membuat suasana lebih santai sehingga mempercepat penyembuhan. Anjing juga membuat Anda lebih waspada, lebih semangat menjalani hidup, derta sebagai penghibur hati seiring dengan umur Anda yang terus bertambah.

  2. Jaminan penjagaan dan proteksi
    Anjing bisa menjadi “sistem peringatan”. Ia begitu waspada dan siaga untuk memperingatkan pemiliknya terhadap apapun yang bisa mencelakai mereka, seperti pencurian atau kebakaran. Anjing juga terkenal sebagai penyelamat manusia dalam berbagai situasi bahaya. Hal ini karena anjing dianugerahi insting yang tajam, misalnya dalam hal pendengaran. Membawa anjing berpergian senantiasa membuat Anda merasa aman dan tentram. Tidak ada lagi was-was dan cemas selama perjalanan.

  3. Kebanggaan
    Ada kebanggaan tersendiri bila anjing yang dimiliki meraih juara di berbagai kontes. Usaha yang telah Anda lakukan, seperti merawat dan memberikan pakan selama ini tidak sia-sia. Penghargaan itu seolah memberikan Anda semangat untuk merawat anjing lebih baik lagi. Selain bangga, Anda juga puas melihat anjing Anda mampu mengukir prestasi di kontes. Artinya, anjing yang Anda pilih itu tidak salah karena mencari anjing kualitas juara bukanlah perkara mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah struktur tubuh yang proposional. Tidak hanya juara kontes, anjing yang berhasil menghalau pencuri pun bisa membuat pemiliknya merasa bangga.

  4. Olahraga dan kegembiraan
    Mengajak anjing berjalan kaki atau berlari-lari sejauh 2 km tidak hanya penting untuk Kesehatannya tetapi juga baik untuk kesehatan Anda. Hanya diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk jalan cepat bersama anjing. Bermain-main bersama anjing di halaman, seperti lempar bola juga salah satu bentuk olahraga yang bisa mengeluarkan keringat. Tubuh Anda pun akan lebih sehat dan bugar, terutama menjaga kesehatan jantung. Bermain dan melatih anjing akan sangat menyenangkan serta membuat anjing dan pemiliknya lebih sehat dan lincah.

  5. Terapi
    Memelihara anjing dapat memperpanjang umur, menurunkan tekanan darah, menekan bahaya serangan jantung, memacu motivasi, mencegah stres, depresi, dan agresif. Oleh karena itu, sebagian orang tua hidup yang sendirian di rumah lebih baik lagi bila ditemani anjing. Kehadiran anjing seolah memberikan motivasi dan dukungan mereka untuk hidup. Beberapa orang tua sangat gembira mendapat anjing sehingga tidak akan merasa kesepian.

  6. Tanggung jawab
    Salah satu alasan memelihara anjing adalah menjadikannya teman bermain anak Anda. Kehadiran anjing akan membantu anak-anak lebih respon terhadap binatang peliharaan. Lagi pula, anak-anak bisa belajar tentang kehidupan dan perilaku anjingnya setiap hari. Tidak hanya kasih sayang, mereka dituntut untuk bertanggung jawab atas perawatannya agar tetap sehat. Dalam hal ini, semua kebutuhan anjing harus diurus seperti memberi makan, menyisir, dan memandikannya

  7. Sosialisasi
    Tidak semua orang bisa bergaul atau bersosialisasi dengan mudah. Sering kali, kita kesulitas untuk sekedar menyapa tetangga atau seseorang yang sudah dikenal. Orang cenderung akan menegur jika Anda sedang membawa anjing jalan-jalan atau minimal tersenyum. Satu hal yang jelas, anjing dapat menjadi pencair suasana yang baik dan membantu Anda memulai percakapan dengan orang lain.

Referensi

Santoso, Bobby dan Budiana. 2014. Anjing. Jakarta : Agriflo.