© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa Saja Aktivitas yang Dapat Membantu Mengembangkan Kemampuan Otak Manusia?

perkembangan otak

Dari kecil, manusia diajarkan oleh banyak hal untuk dipelajari dan diingat. Namun perlahan, banyak dari hal tersebut yang akan terlupa. Adakah aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan otak dalam beberapa hal seperti berkonsentrasi ataupun mengingat?

Suatu kebiasaan seseorang berkembang secara sadar atau dibawah kesadaran seseorang dengan melakukan sesuatu secara berkala sehingga membuat suatu hal menjadi kebiasaan. Contohnya adalah mungkin manusia secara tidak sadar mencuci tangan sebelum makan merupakan dan ini telah menjadi suatu kebiasaan yang sehari-hari dilakukan. Kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang baik.

Berikut merupakan beberapa cara untuk membuat sebuah kebiasaan-kebiasaan sehat yang dapat anda lakukan.

  • Jangan terlalu memikirkan masa lalu. Nikmati hari-hari anda sekarang dan cobalah untuk menerka apa yang akan terjadi keesokan harinya.

Yesterday is history, tomorrow is mystery, today is gift of god, whihc is why we call it present. - Bil Keane

  • Jangan terpaku pada hasil yang akan anda dapat. Jika anda memiliki kebiasaan yang buruk maka cobalah untuk melepas kebiasaan tersebut secara perlahan-lahan. Jika perlu, konsultasikan hal tersebut untuk membantu anda.

  • Jangan pernah berharap bahwa anda dapat merubah kebiasaan buruk anda menjadi baik secara instant, tidak, semua membutuhkan proses, seperti yang telah dijelaskan, mungkin anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu.

  • Sebenarnya, tidak memiliki suatu kebiasaan baik dan buruk adalah hal yang baik. Memiliki sebuah kebiasaan biasanya memancing ego dan menciptakan sebuah nafsu, dimana hal tersebut belum tentu baik untuk diri anda.

  • Manusia mencari kebiasaan-kebiasaan baik untuk menghindari kebiasaan buruk. Ketika mereka berhasil membuang kebiasaan buruk mereka, maka mereka juga perlu untuk meninggalkan kebiasaan baiknya juga. Karena ketika kebiasaan tersebut diulang-ulang, hal tersebut akan menjadi suatu kebiasaan yang tidak baik. Karena pada hakikatnya, sesuatu yang dilakukan berulang-ulang tidaklah baik. Namun hanya berlaku pada hal-hal tertentu saja. Lakukan kebiasaan atau kegiatan pada waktu dan situasi yang tepat, maka anda dapat mengatur kebiasaan anda.

  • Imbangi kebutuhan anda dengan sesuatu yang sesuai dengan proporsi tubuh anda. Jika anda kurang atau terlalu banyak dalam mengupayakan sesuatu, maka mungkin anda akan gagal untuk menciptakan kebiasaan baik untuk hidup anda.

Sebuah kebiasaan adalah bagian penting dalam kehidupan, orang tidak dapat menjalankan aktivitasnya jika tidak memiliki kebiasaan. Entah dilakukan secara sadar maupun tidak, semua kebiasaan tergantung dari, apakah kebiasaan tersebut baik bagi diri anda atau tidak. Oleh karenanya, melatih mental, untuk menghadapai beberapa situasi tertentu dapat membantu anda membentuk kebiasaan pada diri anda.

Referensi

Berikut cara melatih otak dalam meningkatkan kemampuan daya ingat

Klik pada gambar untuk info lengkap

Kunci dari menjadi pintar adalah belajar. Belajar apapun, setiap hari.
Tanyakan pada diri anda sendiri, “Sudah belajar apa saya hari ini?”

Ada banyak cara untuk melatih otak diantaranya:

  1. Teka teki
    Media media menantang otak ada banyak dan selalu menarik serta adiktif jika dilakukan secara rutin.
    Antara lain teka teki silang, Puzzle logika, kubus Rubik, Sudoku, tebak tebakan, permainan papan dan lain sebagainya.
    Salah satu contohnya adalah catur. Catur tidak hanya sebagai hobi tapi juga terbukti membuat otak semakin cerdas dengan melatih kedua sisi otak.
    Penelitian memperlihatkan bahwa catur menaikkan level IQ siswa, mengstimulasi kreativitas, memperkuat daya ingat, meningkatkan konsentrasi dan menambah pemikiran strategi.

  1. Mempelajari bahasa baru
    Berbicara bahasa asing tidak hanya akan memberi kita pengetahuan dan meningkatkan kemampuan serta wawasan kita, tapi juga merupakan latihan yang bagus bagi otak.
    Menguasai bahasa baru mungkin tidak akan mudah maupun cepat, namun hasilnya tetaplah sepadan dengan perjuangannya.
    Penelitian telah menunjukkan bahwa orang orang yang memiliki kemampuan bilingual lebih bagus dalam menyelesaikan tugas bersifat mental daripada orang orang yang hanya bisa satu bahasa saja. Orang orang bilingual juga lebih baik dalam berencana dan menyelesaikan masalah. Mempelajari bahasa dengan baik akan membentuk otak kita untuk memonitor lingkungan dan mengarahkan perhatian pada proses.

Masih banyak cara cara dan aktivitas biasa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan otak. Bisa dibaca di Saintia

Meningkatkan kecerdasan dapat dilakukan dengan menggunakan banyak cara. Namun tidak semua orang dapat menerapkan metode yang sama. Karena sebuah metode bisa menjadi hal yang kurang pas untuk dilakukan, dan pada hasilnya tidak memberi perubahan apapun. Jadi, diantara beberapa cara dibawah ini, cobalah untuk menyeleksi terlebih dahulu dengan membaca deskripsi singkat sebelum anda mencobanya.

  1. Kembangkan kemampuan mengingat anda
    Banyak orang yang memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. Namun bagaimana dengan anda? Apakah anda adalah seseorang yang mampu mengingat setiap baris kalimat pada buku tertentu? Hal ini dapat anda lakukan dengan banyak membaca buku, atau belajar bahasa baru.

  2. Belajar matematika
    Mungkin untuk beberapa orang, hal ini adalah hal yang membosankan. Terlebih untuk orang-orang yang sudah lama tidak pernah mengerjakan soal-soal matematika semenjak selesai sekolah. Namun, mempelajari matematika dapat menstimulasi otak anda menjadi lebih cepat. Hal ini dapat membantu proses berpikir manusia menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

  3. Belajar bahasa baru
    Cobalah untuk mencari dan mempelajari bahasa baru secara perlahan. Cobalah untuk berbicara, bernyanyi, dan berkomunikasi dengan orang asing menggunakan bahasa tersebut. Mencari sahabat pena akan lebih efektif dalam hal ini.

  4. Cobalah untuk menjadi terbuka
    Cobalah untuk menjadi orang yang open minded. Temuilah orang-orang baru yang menurut anda dapat berpengaruh dalam hidup anda. Pelajari tentang mereka.

  5. Membaca buku
    Seperti yang telah dijelaskan pada point pertama bahwa membaca buku dapat mengembangkan kemampuan mengingat otak anda, kali ini cobalah untuk membaca buku dengan menggunakan bahasa asing. Terjemahkan kata demi kata dan cobalah untuk mengingat kata-kata tersebut. Jangan lupa untuk mengulas kembali buku tersebut, jika memungkinkan, ulas buku tersebut menggunakan bahasa asing juga.

  6. Selalu mencatat setiap momen penting
    Pernahkah anda melalui masa ketika anda memiliki ide yang cemerlang lalu tidak anda catat dan lupa? Cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut, bila perlu bawa sebuah note kecil untuk mencatat setiap momen-momen yang muncul secara tiba-tiba.

  7. Konsumsi makanan yang sehat secara teratur
    Ketika orang menjadi sangat sibuk, hal yang paling sering anda lakukan adalah lupa makan. Karena dalam pikiran anda hanyalah bekerja dan bekerja. Dengan kurangnya konsumsi makanan sehat secara teratur, hal ini dapat menurunkan kinerja otak anda. Ditandai dengan merasa lelah hingga pusing.

Sumber
Sumber

Memang banyak sekali aktivitas-aktivitas yang dapat membantu mengembangkan kemampuan otak manusia, beberapa diantaranya dari artikel yang saya baca antara lain :

  1. Mencari sesuatu yang baru.
    Bukan suatu kebetulan bahwa jenius seperti Einstein yang terampil di beberapa bidang, atau banyak ilmu matematika selalu ingin mencari hal baru. Jenius selalu terus ingin mencari kegiatan baru, selalu mempelajari hal-hal yang baru. Ini kepribadian mereka.
  2. Memberikan tantang kepada diri sendiri.
    Memberikan tantangan-tantangan baru seperti menyelesaikan permainan “pelatihan otak” dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan pada otak anda sebagai contoh adalah game sudoku.
  3. Selalu berpikir kreatif.
    Selalu memikirkan tentang inovasi-inovasi baru.
  4. Melakukan sesuatu dengan cara yang lebih sulit.
    Hal ini dilakukan agar kita bisa melakukan lebih banyak hal, dalam jumlah waktu yang lebih singkat, pengeluaran paling sedikit serta memerlukan energi fisik dan mental yang lebih sedikit. Hal ini dapat membuat otak kita selalu berpikir lebih efisien dan efektif.
    5.Memiliki banyak jaringan ataupun kelompok sosial.
    Dengan mengekspos diri anda untuk orang baru, serta ide-ide baru, dan juga lingkungan baru, anda secara tidak langsung membuka diri anda untuk peluang baru untuk perkembangan otak anda. Berada di hadapan orang lain dapat memberi anda kesempatan untuk melihat masalah dari perspektif baru, atau menawarkan wawasan dengan cara yang anda tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

semoga bermanfaat :slight_smile:

referensi : https://blogs.scientificamerican.com/guest-blog/you-can-increase-your-intelligence-5-ways-to-maximize-your-cognitive-potential/

Peranan Latihan Olahraga Terhadap Perkembangan Otak


Olahraga sebagai bentuk aktivitas fisik seseorang akan meningkatkan kebugaran pelakunya, baikkebugaran secara fisikmaupunkebugaran secara mental (psikis). Aktivitas fisik merupakan kerja badanyang dihasilkan oleh sistem energi, tulang, otot dan persendian secara simultan.

Latihan adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara terencana, tersusun, dan kontinyu. Latihan tersebut akan mampu nmeningkatkan atau memelihara komponen kebugaran jasmani seseorang, terutama yang berkaitan dengan kesehatannya. Tingkat kebugaran jasmani seseorang diukur dari kemampuannya dalam melakukan aktivitas secara fisik tanpa menga1ami kelelahan yang berarti.

Selama dalam aktivitas fisik akan selalu melibatkan anggota badan dan organ dalam tubuh. Anggota badan antara lain meliputi lengan, togok, dan tungkai. Organ dalam meliputi sistem syaraf dan otot, pemapasan serta peredaran darah. Umumnya, aktivitas fisik yang dilakukan secara motorik melibatkan seluruh anggota badan baik sisi anggota badan sebelah kanan
maupun sebelahkiri, Selain dapat dilakukan secara motorik, ada beberapa aktivitas fisik seperti senam yang dikerjakan mengikuti irama.

Artinya, memadukan unsur gerak dan irama, yang keduanyamuncul seeara simultan melalui pusat komando yaitu otak. Dengan demikian anggota badan kanan dan kiri dapat bekerja secara seimbang, sehingga akan berpengaruh terhadap
cara kerja stimulus: respons informasi yang diproses di dalam otak juga akan berfungsi seimbang. Selain itu, selama aktivitas fisik proses pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen ke otak akan berlangsung secara seimbang pula.

Salah satu tujuan dari latihan olahraga adalah untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan, baik secara jasmani maupun rohani. Untuk itu, sejalan dengan slogan kuno yang berbunyi “men sana incorpore sano” yaitu dalam jiwa yang sehat akan terdapat tubuh yang sehat atau “strong mind in a strong body”.

Oleh karena itu, John F Kennedy dalam Nieman (1986) menyatakan bahwa kebugaran jasmani tidak hanya sebagai salah satu kunci penting bagi kesehatan badan, tetapi juga sebagai dasar dari dinamika dan pusat aktivitas kreativitas intelektual. Inteligensi dan keterampilan hanya dapat berfungsi dengan baik bilakondisi badan sehat dan kuat. Semangat yang keras dan kemampuan berpikir yang tegar umumnya menunjukkan badan yang sehat. Dengan demikian, olahraga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir pelakunya, karena olahraga yang dilakukan secara terprogram, teratur dan terukur akan meningkatkankesehatan secara jasmaniah yang berupa fisik lebih kuat, tahan, dan segar.

Pengaruh Olahraga Terhadap Otak


Latihan olahraga adalah bentuk rangsang motorik yang akan direspons dalam bentuk gerak atau aktivitas secara fisiko Semua rangsang yang diterima oleh indera manusia yang berpusat pada tulang belakang (spinal cord) akan masuk ke otak. Selanjutnya, di otak akan diproses
dan dipilah-pilahkan berdasarkan skala prioritas untuk menjawabnya berupa respons gerak. Oleh karena itu, latihan olahraga akan memberikan memori gerak yang disimpan di dalam otak.

Pemrosesan informasi yang berasal dari stimulus (rangsang) sampai terjadi respons (berupa gerak) mengalir melalui batang otak yang disalurkan oleh sel-sel syaraf didalam otak yang disebut dendrits dan axon. Dengan demikian, proses latihan akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan saluran pemrosesan informasi yaitu penerima rangsang, pemilahan, sampai munculnya gerak yang semuanya terjadi di dalam otak, yang tentunya harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen yang mencukupi. Wittig dan Williams ill (1984) menyatakan bahwa otak manusia bekerja secara otomatis yang dapat memelihara tingkat kesehatannya sendiri me1alui pasokan gizi dan oksigen yang cukup.

Artinya, pasokan oksigenyang memadai sangat diperlukan oleh otak agar tetap dapat bekerja secara otomatis dan mampu bertahan lebih lama. Sebagai contoh, orang yang sedang mengalami sakit dimana kondisi tubuhnya tidak sehat, maka kemampuan daya pikimya pun menjadi menurun. Hal itu diakibatkan adanya gangguan secara fisik, sehingga berpengaruh terhadap kondisi psikisnya, termasuk otak sebagai pusat berpikir manusia.

Latihan olahraga akan memberikan dampak terhadap penurunan ketegangan elektrik otot dan akan meningkatkan transportasi oksigen ke otak (Nieman, 1986). Dengan demikian, pengaruh latihan olahraga dapat mengakibatkan pembesaran pada saluran pembuluh darah ke otak, sehingga proses pemenuhan energi ke otak akan menjadi lancar. Peningkatan kapasitas saluran pemrosesan informasi yang lebih baik dan pemenuhan kefmtuharr darah di otak yang lancar dan mencukupi akan berpengaruh terhadap kemampuan dan daya tahan berpikir
seseorang menjadi lebih lama. Di atas telah dikemukakan bahwa otak yang kekurangan oksigen akan menimbulkan rasa mengantuk, sehingga akan berakibat pada menurunnya kemampuan dayatahan dalam berpikir.

Pengaruh latihan olahraga terhadap otak berdasarkan workshop oleh National Institute of Mental Health tahun 1984 dalam Nieman (1986) menyimpulkan bahwa:

  1. Kebugaranjasmani secara positif berkaitan dengan kesehatan mental dan kesehatan badan

  2. Latihan berkaitan dengan penurunan tekanan emosi-emosi seperti kecemasan yang
    tetap (state anxiety)

  3. Kecemasan dan depresi merupakan gejala umum kegagalan mengatasi tekanan mental, dan latihan berkaitan dengan penurunan depresi dan kecemasan dari tingkat ringan sampai moderat

  4. Latihan jangka panjang biasanya berkaitan dengan menurunnya sifat-sifat seperti gangguan syaraf (neuroticism) dan kecemasan

  5. Latihan yang cukup menghasilkan penurunan berbagai gejala stress seperti ketegangan syaraf otot, denyut jantung istirahat, dan beberapa hormon

  6. Secara klinis latihan berpengaruh baik terhadap kondisi emosional· untuk semua usia danjenis kelamin. Leonard AdeVries (2003) menyatakan bahwa,

“Physical activity in early childhood is crucial for child’s mental, emotional development. At the primary schools levels, enlightened societies consider physical education as a basic subject similar to reading writing aritmethic.”

Peryataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan jasmani atau olahraga memiliki kedudukan yang sarnapentingnya dengan materi pelajaran membaca, menulis, dan aritmatika bagi anak sekolah dasar. Pendapat senada dari Tom Martinek (2003) bahwa,

“Sport participation fosters holistic development as participants are challenged cognitively, emotionally, socially, and physically.”

Dengan demikian, latihan olahraga memberikan dampak yang positif terhadap kesehatan baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Secara jasmaniah, dampak latihan yang baik akan memperlancar proses sirkulasi darah dan pemenuhan kebutuhan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke otak, sehingga otak selalu mendapatkan pasokan cukup energi yang
dibawa oleh darah. Sedangkan secara rohaniah, latihan olahraga dapat menurunkan berbagai ketegangan, memberikan kepuasan batiniah bagi pelakunya.