Apa risiko yang dihadapi jika memelihara anjing besar ?

anjing

Apa Resiko yang dihadapi jika memelihara anjing dengan ukuran tubuh yang besar ?

Banyak orang menginginkan anjing berukuran besar seperti Great Dane, St. Bernard atau English Mastiff. Banyak hal yang harus dipikirkan dan direncanakan jika memiliki anjing ras besar. Berikut adalah 5 hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membawa pulang anjing besar yang Anda inginkan:

  1. Biaya
    Semakin besar ukuran anjingnya, semakin besar tanggung jawab yang harus Anda pikul. Biaya makan, perawatan ke dokter hewan jika anjing Anda sakit, dan pemeliharaan anjing secara umum akan memberatkan pemilik baru. Apakah Anda yakin akan kemampuan keuangan Anda untuk membayar biaya dokter dan klinik hewan dan juga biaya makan anjing berukuran besar? Jika tidak, mungkin Anda lebih cocok memelihara anjing yang berukuran kecil, sehingga biaya yang akan Anda keluarkan tidak sebesar jika memelihara anjing besar.

  2. Pelatihan dan Sosialisasi
    Seperti yang dikatakan di atas, dan saya akan ulangi kembali, anjing besar = tanggung jawab besar. Pelatihan dan sosialisasi anjing, besar maupun kecil ukuran badannya, sangat penting untuk kesejahteraan anjing. Apakah Anda siap melatih anjing Anda agar dapat bersikap baik? Jika Anda tidak dapat mengontrol anjing yang berukuran besar, hal ini akan merepotkan dan membuat Anda stres. Pelatihan setiap hari dan sekolah khusus anjing akan membuat anjing Anda menjadi lebih baik dalam bersikap dan sekaligus akan membuat hubungan antara anjing dan pemilik menjadi sangat erat. Sosialisasikan anjing agar ia terbiasa dan ramah terhadap anjing lain dan manusia. Jika Anda tidak dapat berkomitmen waktu dan energi untuk membentuk anjing yang terlatih dan sopan, maka anjing berukuran besar tidak cocok untuk Anda.

  3. Panjangnya Umur
    Anjing besar pada umumnya memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan anjing kecil. English Mastiff, misalnya, memiliki harapan hidup sekitar 6-11 tahun. Umur tersebut lebih pendek dibandingkan dengan Border Collie yang memiliki harapan hidup sekitar 12-16 tahun. Apakah Anda siap berpisah dengan hewan peliharaan kesayangan Anda lebih cepat dibandingkan dengan anjing kecil? Jika Anda ingin bersama dengan anjing Anda lebih lama, anjing berukuran besar tidak cocok untuk Anda.

  4. Panjangnya bulu dan perawatan (grooming)
    Jenis-jenis ras anjing memiliki panjang bulu yang berbeda. Hal ini yang menjadi bahan pertimbangan ketika saya hendak membawa pulang anak anjing English Mastiff. Kami awalnya menginginkan St. Bernard, tetapi setelah mempertimbangkan baik buruknya, kami tidak jadi memilih St Bernard, karena bulunya yang panjang. Kami ingin anjing dengan bulu yang pendek, dan sampai sekarang, saya tidak menyesali keputusan itu. Merawat anjing dengan bulu panjang sangat menyita waktu, meskipun beberapa orang sangat menikmati pekerjaan ini dan berpendapat bahwa kegiatan ini merupakan salah satu aktifitas untuk mempererat hubungan antara anjing dan pemilik. Sebagian orang lebih memilih anjing berbulu pendek dengan perawatan minimal. Pertimbangkan panjang bulu anjing sebelum memutuskan untuk membawa pulang anjing dengan ras tertentu.

  5. Gaya Hidup
    Memiliki anjing dengan jenis apapun merupakan gaya hidup. Ketika memiliki anjing berukuran besar, Anda akan hidup bersama anjing yang akan mendominasi sofa, tempat tidur Anda dan mendengkur seperti pelaut mabuk, dan juga mengeluarkan banyak air liur. Ketika Anda menjalankan anjing Anda, banyak orang akan menunjuk-nunjuk Anda dan menatap dengan pandangan seakan-akan Anda sedang bermain sirkus. Dengan alasan-alasan ini, jika Anda tidak ingin berbagi dengan anjing yang butuh tempat luas dan yang akan menarik perhatian orang banyak, maka anjing dengan ukuran besar ini tidak cocok untuk Anda.

Source: http://bigbarkonline.com/so-you-think-you-want-to-own-a-large-breed-dog-top-5-things-to-consider/