Apa Resep Rahasia Panjang Umur?

Umur%20100%20tahun

Seorang reporter mempunyai kesempatan yang sangat unik untuk mewawancarai seorang bapak tua yang masih terlihat sehat dengan usia yang mencapai 100 th.

“Pak, apa yang menjadi rahasia anda sampai diusia 100 th ini?” Pak Tua itu menjawab.

“Sudah bukan rahasia umum lagi, saya selalu memperhatikan apa yang saya makan, mencari aktivitas yang membuat pikiran saya tertantang, dan olah raga rutin."

Dengan penasaran reporter itu bertanya lagi,

“Tapi hal ini juga pernah saya dengar dari orang yang berusia 50 tahun dan akhirnya juga meninggal di usia 55 tahun, apa masih ada rahasia lainnya lagi?”

Pak Tua kembali menjawab setelah sejenak berpikir,

*“Memang benar orang itu melakukan hal yang sama dengan apa yang saya lakukan, namun perbedaannya ia tidak melakukannya secara terus menerus. Itulah yang mengakibatkan kegagalannya.”

Dalam cerita diatas, kita dapat belajar bahwa untuk memberikan kontribusi yang maksimal terhadap diri kita dan karir secara profesional, kita perlu berkomitmen setiap hari mengambil tindakan yang konsisten. Kita tidak mungkin mendapatkan hasil yang luar biasa jika kita hanya bekerja keras dalam satu waktu kemudian tidak menjalankannya secara konsisten karena kita akan kehilangan momentum yang sangat penting

Kesuksesan seseorang bukan hanya bergantung pada langkah pertama yang ia ambil, seringkali justru langkah-langkah selanjutnya yang kemudian menjadi kebiasaanlah yang akan bertahan untuk meraih kesuksesan. Mengambil tindakan-tindakan yang konsisten dan disiplin terhadap tugas yang harus diselesaikan tidak akan membuahkan hasil yang briliant dalam waktu satu hari. Namun, jika hal ini telah menjadi kebiasaan anda dan anda lakukan secara konsisten didasari oleh komitmen yang kuat, maka suatu saat nanti kesuksesan akan anda raih.

Referensi

http://ceritamotivasiterupdate.blogspot.co.id/2012/11/resep-rahasia-umur-100-tahun.html?m=1

Pesan moral yang bisa diambil dari kisah ini adalah kita harus menjadi orang yang konsisten. Kita harus melakukan segala sesuatu dengan konsisten. Konsistensi adalah karakter positif yang perlu dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penentuan tujuan yang spesifik dan langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya merupakan aspek penting dalam mewujudkan konsistensi. Mulailah dengan memahami cara menjadi orang yang lebih konsisten lalu berusahalah mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Jika sudah berhasil, berusahalah memotivasi diri dan menjadi orang yang bertanggung jawab. Hal ini membutuhkan perubahan pola pikir supaya Anda tetap optimis dan produktif selama berproses.

image

Ada beberapa rahasia warga Okinawa di negara Jepang yang memiliki usia panjang. Berikut ini adalah rahasianya :

1. Ikigai

Secara harfiah, ikigai merupakan penggabungan dua kata yaitu iki (kehidupan) dan kai (realisasi harapan dan ekspektasi). Ikigai dianggap sebagai ‘sebuah alasan baik untuk bangun di pagi hari’. Ikigai biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu sumber nilai dalam kehidupan seseorang atau sesuatu yang membuat hidup seseorang menjadi lebih berarti.

2. Moai

Moai merupakan sebutan untuk kelompok sosial informal di mana orang-orang di dalamnya memiliki ketertarikan yang sama dan saling memperhatikan satu sama lain.

3. Pengaturan Pola Makan

Hal lain yang diyakini berperan besar dalam umur panjang adalah pengaturan pola makan atau diet. Diet Okinawa sudah cukup terkenal karena manfaat kesehatannya.

Menjadi hal yang luar biasa ketika seseorang masih segar bugar meski usianya sudah melampaui usia harapan hidup di sebuah negara. Hal inilah yang terjadi pada orang lanjut usia (lansia) di Spanyol.

Menurut data statistik The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) , terdapat lebih dari 100 ribu orang berusia 100 tahun atau lebih di Spanyol. Padahal, usia harapan hidup di Spanyol 83,2 tahun, sedikit lebih rendah dibanding usia harapan hidup di Jepang yakni 83,4 tahun.

Nah, apa saja ya ‘resep’ panjang umur para lansia di Spanyol hingga mereka tetap segar bugar di usianya yang sudah menginjak seabad. Berikut tipsnya :

Wanita bernama Rafaela Pons yang berasal dari pulau Balearic ini usianya 102 tahun. Selama ini, Pons hidup seorang diri tapi putrinya masih rutin mengunjungi dia.

Wanita yang jadi pendukung setia klub sepak bola Real Madrid ini mengklaim konsumsi satu sendok madu per hari jadi resep panjang umurnya.

Main piano bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan untuk beberapa orang. Nah, pria bernama Pedro Rodriguez salah satunya. Bahkan, pria yang kini berusia 106 tahun itu menyebut hobinya main pianolah yang membantunya panjang umur.

Setiap hari, Pedro rutin bermain piano di ruang tamu flat-nya yang ia tempati dengan istrinya yang usianya 20 tahun lebih muda. Sehari-hari, anak-anak Pedro juga sering mengunjunginya.

Agar tetap bugar di usianya yang seabad lebih, Maria mengatakan makan gazpacho jadi salah satu rahasianya. Gazpacho merupakan sup tradisional Spanyol yang dibuat dari tomat dan timun. Nutrisi yang terkandung dalam gazpacho diyakini Maria ampuh membuatnya tetap bugar.

Meskipun, untuk berjalan Maria harus menggunakan tongkat guna membantunya. Saat ini, Maria bekerja sebagai penjahit. Bahkan, ia sudah mulai belajar menjahit sejak usia 12 tahun.