Apa resep martabak kari?

Dalam waktu kurang dari satu jam, sudah tersaji camilan renyah kesukaan semua orang.

Bahan:

  • 200 g tepung terigu protein tinggi
  • 140 ml air matang
  • 30 g minyak goreng
  • 1/4 sdt garam
  • 500 ml minyak goreng untuk merendam kulit martabak
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Kulit martabak: campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng, uleni sampai elastis. Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng selama 2 jam (sumber: diahdidi.com). Hasil buatan saya, ternyata kalau ditimbang 75 gram akan berlebih jadi langsung saya bagi saja menjadi 4, lalu dibentuk bulatan, direndam dalam minyak dan didiamkan selama 2 jam (saya biasa membuat malam hari dan baru digoreng pagi hari).
  2. Setelah 2 jam, pasang sebuah plastik lebar di atas meja dan olesi dengan minyak goreng secukupnya. Ambil satu buah bulatan kulit, tiriskan lalu tarik dan tipiskan di atas plastik itu, buat bentuk persegi panjang lalu tuang adonan isinya, dan lipat seperti amplop.
  3. Kulit martabak yang bagus mudah ditarik dan ditipiskan sehingga bagian dalamnya bisa diberi adonan isi dan dilipat hingga berbentuk amplop.
  4. Setelah bentuknya bagus, taruh di wajan teflon yang telah diberi minyak goreng secukupnya. Hasilnya bisa lebih bagus bila menggunakan wajan khusus krep. Tapi wajan teflon biasa juga bisa. Yang perlu diingat, gunakan api kecil saja dan tutup rapat wajannya supaya bagian dalam martabak bisa matang.
  5. Jangan lupa dibalik setelah bagian bawahnya cukup kering. Angkat setelah matang, permukaan atas dan bawahnya kering dan berwarna kuning kecokelatan.