Apa Rencana Kalian Setelah Lulus Kuliah?

Menjadi dewasa berarti harus siap untuk menjalani segala konsekuensi yang ada dari segala keputusan yang kita jalani. Begitu juga dengan kehidupan pasca lulus kuliah. Akan ada banyak sekali tujuan yang pasti sudah di rencanakan. Mulai dari berkarir, melanjutkan studi, membangun bisnis pribadi atau mungkin langsung menikah dengan pasangan masing-masing. Tentunya setiap keputusan yang akan diambil harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Jika saya sendiri setelah lulus kuliah, memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya sembari berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill dan passion saya. Hal tersebut pastinya membutuhkan bekal persiapan yang matang dari sekarang, seperti memperbanyak pengalaman kerja, meningkatkan skill, dan mencari banyak relasi.

Kalau kalian sendiri bagaimana? Apa rencana kalian setelah lulus kuliah?

Ingin bekerja sesuai dengan skill dan passion yang pastinya berkaitan dengan jurusan aku sekarang. Terus juga mau belajar banyak bahasa, sama ningkatin kemampuan skill menulis, sih :grin: Soalnya masih ngerasa banyak kosakata bahasa Indonesia yang belom aku tau, sama kemampuan nulis aku yang masih belum bagus. Rencana setelah aku lulus lainnya, pengen ikut aktif kegiatan di luar juga sama belajar tentang SEO karena pingin banget bisa kerja di bagian SEO.

1 Like

Memperbanyak pengalaman kerja dengan magang di bidang yang saya suka, meskipun itu ga sesuai sama jurusan yang saya ambil. Mungkin saya akan melamar magang di beberapa tempat, supaya portfolio saya semakin bagus dan semakin siap untuk bekerja. Selain itu, saya akan terus mengasah dan memperdalam skill di bidang desain grafis dan ilustrasi, serta belajar bahasa baru yang saya sukai yaitu bahasa Korea.

1 Like

Saya pribadi akan berfokus untuk mengejar karrier sesuai skill dan passion yang saya miliki, dalam hal ini menulis dan penerjemahan. Saya juga berencana untuk belajar bahasa seperti bahasa Jepang dan bahasa Prancis. Di sisi lain, saya juga memiliki keunginan untuk melanjutkan studi di luar negeri dan bekerja di sana.

Saya pribadi selepas lulus nanti tentu saja langsung mencari pekerjaan. Karena memang tujuan dari kuliah saya yaitu selain mencari ilmu, juga agar mendapat pengallama sebaik mungkin yang dapat digunakan pada saat di dunia kerja.

Saya sendiri saat ini menempuh studi S1 Psikologi, menggebu-gebu untuk melanutkan S2 Profesi sebagai psikolog tetapi, selama pandemi saya mencoba berusaha mendapatkan ppendapat dengan membuka usaha dan syukurnya berjalan dengan lancar, mahasiswa yang sudah tau aliran uang dengan stabil akan goyah untuk melanjutkan studinya, begitupun saya sendiri. Mengambil S2 saat pandemi seperti ini juga saya rasa tidak terasa prakteknya sehingga, rencana saya akan bekerja sekaligus melanjutkan usaha saya. Saya juga akan melanjutkan S2 jika keadaan pandemi sudah benar benar menghilang.

Kalau saya ingin melanjutkan studi profesi di S2 dan mendapatkan gelar profesi yang saya inginkan. Tanpa gelar profesi, saya rasa pekerjaan yang akan saya lakukan tidak begitu banyak (peluangnya) dan juga tujuan awal dari masuk kuliah jurusan ini tidak akan terlaksana. Sebelum itu, saya berencana mencari banyak info dan mendaftar untuk beasiswa dikarenakan baiaya untuk S2 dan selanjutnya tidak mengambil biaya yang sedikit.

Setelah kuliah saya ingin langsung bekerja. Sebenarnya ada keinginan untuk lanjut S2, hanya saja saya harus membatu perekonomian keluarga saya terlebih dahulu, membantu orang tua untuk menyekolahkan adik saya, jadi saya memilih untuk langsung bekerja setelah lulus. Saya juga berencana untuk mengikuti tes CPNS, siapa tau saya berjodoh dan bisa menjadi PNS. Sembari bekerja, saya ingin menabung untuk nantinya bisa mewujudkan mimpi saya memiliki usaha kos-kosan dan di bidang pertanian.

Ingin bekerja pada perusahaan yang sesuai dengan skill dan passion yang saya miliki, ingin mencoba melakukan freelance, menjual aset design. juga ingin memperdalam skill saya dibidang yang saya sukai, memperbanyak relasi, memperbanyak berbagai pengalaman dari kerja, magang, organisasi, ingin mempelajari hal yang belum sempat dipelajari.

Rencana saya setelah lulus kuliah, ya pasti akan bekerja di perusahaan yang saya idam-idamkan, sembari menabung untuk membahagiakan orang tua dan juga menikah.

Rencana saya setelah lulus kuliah, tentu mencari pekerjaan. Entah pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang saya geluti, ataupun mencoba peruntungan pekerjaan di bidang yang lain. Selain itu, sepertinya saya ingin mencoba mengasah skill memasak karena semasa pandemi ini saya jadi lebih hobi masak dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

Saya sendiri memiliki beberapa rencana yang ingin saya lakukan setelah lulus kuliah. Pertama, saya ingin bekerja secepatnya agar segera mandiri secara finansial dan bisa membantu orang tua. Sambil bekerja, saya ingin menambah skill seperti bahasa Inggris yang lebih lancar dan keterampilan-keterampilan baru lain yang saya gunakan untuk cadangan, seperti memasak, menjahit dan lain sebagainya. Jika saya sudah mandiri secara finansial, saya ingin membuat brand saya sendiri, namun sampai sekarang saya juga belum memiliki gambaran mengenai jenis usahanya. Mungkin saya akan melanjutkan studi S2 jika saya sudah mapan secara finansial dan memiliki waktu.