Apa rahasia kesuksesan Bill Gates : Seorang Genius Pendiri Microsoft ?

Pada tahun 1975 ia memundurkan diri dari Harvard, namun sekarang The Harvard Crimson menjulukinya sebagai “Harvard’s most successful dropout”. Bill Gates, merupakan sesosok orang yang sangat inspirasional dan salah satu orang yang sangat berpengaruh di bidang teknologi. Pada tahun 1975, beliau bersama Paul Allen bersama – sama meluncurkan Microsoft dan juga beliau menjabat sebagai CEO Microsoft pada tahun 1975 hingga bulan Januari tahun 2000 sebelum posisi CEO tersebut digantikan oleh Steve Ballmer, namun Bill Gates tetap menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan Microsoft.

Bill Gates


Pada awal perkembangan Microsoft, Bill Gates dengan partnernya menyusun strategi untuk mencari modal dalam membangun Microsoft. Pada tahun pertamanya mereka membuat bahasa komputer BASIC untuk PC generasi awal, lalu mencoba memasarkannya ke perusahaan – perusahaan pembuat PC dan pada tahun 1980 mereka menerima tawaran dari IBM dan memberikan proyek BASIC untuk PC terbaru keluaran IBM, namun hasil kekayaan Microsoft pada zaman itu tidaklah hanya berasal dari hasil kerja BASIC saja. Bill Gates berusaha mencari celah dan mencoba menawarkan untuk memenuhi kebutuhan IBM yang lain, ia kemudian mendekati perusahaan Software lainnya dan membeli sistem operasi bernama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) lalu memodifikasinya sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan IBM dan diberi nama MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), lalu sistem operasi tersebut dijual ke IBM dengan harga yang relatif murah pada zaman itu. Dengan hannya membeli Q-DOS sebesar 50.000 dolar, Bill Gates membuka jalan Microsoft untuk mendapatkan miliaran dolar ditambah lagi pada saat itu IBM sangat meremehkan pasar dan perkembangan PC lalu menandatangani kontrak yang membiarkan Microsoft dapat menjual Software nya tersebut kepada pembuat PC yang lain.

Pada tahun 1989, perang antara IBM dan Microsoft dimulai. Lalu ditahun 1990 gates meluncurkan Windows 3.0. dengan menggunakan Teknik yang sama dengan teknik yang menjadikan Apple Macintosh sangat popular, dan Windows 3.0 terjual satu juta kopi setiap bulannya pada tahun 1993. Produk seperti word dan spread sheet excel memiliki dominasi yang sama seperti MS-DOS dan Windows, digunakan kurang lebih 90% pasar sistem operasi untuk PC pada zaman itu. Tetapi bill gates terus mengeluarkan produk – produk baru, seperti Windows NT yang muncul pada tahun 1993. Sama seperti versi windows – windows yang lainnya, Windows NT mempunyai sejumlah cacat pada programnya yang tergolong serius. Tetapi strategi yang digunakan oleh Bill Gates adalah ia selalu meluncurkan produk terlebih dahulu, perbaikan kemudian, walaupun cacatnya begitu parah dan dilakukan perubahan yang radikal secara menyeluruh jika perlu. Dan semenjak tahun 1990an saham dari Microsoft sendiri terus melonjak naik hingga meraih puncaknya pada tahun 1999.

Seluruh kesuksesan yang diraih oleh Bill Gates pada masanya tidak luput dari penyusunan strategi yang matang dan terencana. Dan Strategi yang hebat tersebut muncul dikarenakan prinsip dan pendirian Bill Gates yang kuat dan konsisten. Beberapa diantara prinsip yang dianut Bill Gates ialah “Selalu berusaha ditempat yang tepat dalam waktu yang tepat”. Seperti yang kita baca tadi pada awal tahun 1990an ketika Bill Gates melihat adanya peluang kebutuhan perusahaan dalam pengelolaan TI, Bill Gates berusaha memenuhi kebutuhan pasar tersebut dengan meluncurkan berbagai produk Microsoft mulai dari Word hingga Microsoft NT, dan terbukti produk – produk tersebut sangat diterima oleh pasar. Lalu salah satu prinsip Bill Gates yang lain ketika membangun Microsoft adalah “Garap semuanya”. Dapat kita lihat contohnya ketika pada tahun – tahun awal pendirian Microsoft, Bill Gates tidak hanya focus terhadap bahasa pemrograman BASIC yang menjadi proyek awalnya saja tetapi ia juga berusaha mencari peluang lain dengan cara membuat sebuah sistem operasi baru dan menjualnya kembali kepada IBM.

Dapat kita lihat sendiri dari seluruh perjuangan Bill Gates yang tekun dan gigih itu membuatnya lebih dari dua dekade dan hingga detik ini menjadi orang terkaya didunia.


Sumber

image

Biografi Bill Gates

William Henry Gates III (Bill Gates) lahir pada tahun 1955 di tengah-tengah keluarga Seattle yang kaya dan terhormat. Ia sempat mengenyam pendidikan hukum di Universitas Harvard namun kemudian memutuskan untuk meninggalkan perguruan tinggi dan memfokuskan pada industri perangkat lunak. Gates memang menonjol dalam pelajaran matematika dan sejak kecil sudah tertarik kepada personal computing, yang pada waktu itu masih dalam tahap formatif.

Langkah awal Bill Gates dalam bisnis adalah ketika ia bersama temannya yang kebetulan juga berasal dari Seattle, Paul Allen, menulis sebuah versi bahasa komputer BASIC pada tahun 1975 untuk PC generasi awal, MITS Altair. Mereka kemudian mendirikan Microsoft dan mendapatkan proyek untuk menggunakan BASIC pada setiap PC terbaru keluaran IBM (International Business Machine).

Bill tidak hanya cerdas dan menyenangkan tetapi juga sangat percaya diri, Ia memiliki skills yang sangat baik baik technical maupun human skills, jeli melihat peluang dan berani mengambil risiko (face change and risk taking). Kekayaan Microsoft tidaklah datang dari proyek BASIC, tetapi dari kebutuhan IBM yang lain yaitu sistem operasi perangkat lunak untuk PC IBM. Bill Gates sendiri yang mengajukan tawaran untuk kontrak sistem operasi tersebut dan dia menggunakan strategi yang cerdas untuk menyelesaikan proyek yang disebut MS-DOS ini dengan cepat. MS-DOS (Microsoft Disk Operationing System) adalah hasil modifikasi dari Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) yang Microsoft beli dengan harga 50.000 dollar dari Seattle Computer Products – sebuah perusahaan perangkat lunak lain di Seattle. Setelah diadaptasi sehingga sesuai dengan kebutuhan UBM, MS-DOS kemudian dijual ke IBM dengan relatif murah sehingga mampu mengalahkan harga yang ditawarkan kompetitornya. Selain digunakan di PC IBM, Microsof t juga dijual ke PC lain. Dapat dibayangkan ketika pasar PC mencapai masa booming, Microsof menikmati kekayaan dari MS-DOS yang memang merajai pasar operating system saat itu.

Pengembangan MS-DOS terus dilakukan hingga saat ini Microsoft telah me-launching varian-varian baru dari MS-DOS antara lain Windows 3.0, Windows 98, Windows NT, Windows 2000, Windows Millenium Edition, Windows XP hingga Windows Vista yang masih dalam tahap Beta version. Produk-produk Microsoft terus diduplikasi dan digunakan pada lebih dari 50% PC seiring dengan pesatnya perkembangan komputer.

Visi dan Misi Bill Gates

  • Visi

A computer on every desk and in every home : mengadakan sebuah PC di setiap meja dan rumah merupakan visi Bill Gates ketika mendirikan Microsoft. Visi inilah yang menggerakkan roda pengembangan produk yang terus menerus oleh Microsoft.

  • Misi

Terus memajukan dan mengembangkan teknologi software, membuatnya lebih mudah dan menyenangkan untuk digunakan, lebih efektif sehingga lebih murah harganya (cost-effective).

Manajemen Dan Kepemimpinan

Sebagai pebisnis sukses dan pengusaha terkenal, Bill Gates telah menarik perhatian publik yang penasaran dengan pribadi dan caranya memimpin serta membangun perusahaan dari bawah sampai sukses seperti sekarang ini.

Dari didirikannya Microsoft pada tahun 1975 sampai 2006, Gates memiliki tanggung-jawab utama yang adalah mengawasi strategi pemasaran produk perusahaannya. Dia dengan agresif memperluas jangkauan dan jenis produk dan Microsoft. Setiap kali perusahaannya menempari posisi yang dominan, Gates dengan sekuat tenaga mempertahankannya. Gates mempunyai reputasi sebagai sosok yang menjaga jarak dengan orang lain: pada tahun 1981, eksekutif dari suatu perusahaan sering mengeluh kepada publik bahwa “Gates terkenal karena tidak dapat dijangkau oleh telepon dan tidak pernah menghubungi kembali.” Eksekutif lainnya mengingat bahwa setelah dia memperlihatkan Gates sebuah game dan mengalahkannya sebanyak 35 kali dalam 37 permainan, pada kesempatan berikutnya mereka bertemu, Gates “menang atau seri di setiap permainannya. Dia telah belajar game itu sampai mengeri. Itu adalah seorang pesaing yang unggul.”


Gates dikenal sarkastik. Sebagai seorang eksekutif, Gates yang rutin bertemu manajer senior Microsoft dan pengelola program, sering mengganggu presentasi dengan komentar yang menurutnya benar dalam perspektif sendiri. Gates agresif secara verbal, memarahi manajer untuk kelemahan yang dia lihat didalam diri mereka dari strategi bisnis dan proposal mereka yang menempatkan kepentingan jangka panjang perusahaan dalam resiko .

Sebagian besar waktunya di Microsoft dihabiskan Gates dalam peran manajemen dan peran eksekutif… Dia juga seorang perancang perangkat lunak yang aktif pada tahun-tahun awal perusahaannya berdiri, terutama pada produk bahasa pemrograman perusahaan. Dia tidak lagi secara resmi berada di tim pengembangan sejak mulai bekerja di TRS - 80 Model 100, tetapi tetap menulis kode sampai akhir 1989. Pada tanggal 15 Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan mengadakan transisi dari perannya sehari-hari selama dua tahun kedepan untuk mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk filantropi. Ia membagi tanggung-jawab antara dua penerusnya, menempatkan Ray Ozzie yang bertanggung jawab dalam hal manajemen Microsoft sehari-hari dan Craig Mundie yang bertanggung jawab atas strategi produk jangka panjang.

Gates mengundurkan diri dari posisi CEO dari Microsoft terhitung mulai bulan Januari 2000. Dia tetap menjabat sebagai Ketua Dewan dan menciptakan posisi Chief Software Architect untuk dirinya. Pada bulan Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsoft, dan bekerja penuh waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Secara bertahap, tugasnya diberikan kepada Ray Ozzie dan Craig Mundie. Terakhir kalinya Fates bekerja paruh waktu di Microsoft adalah pada tanggal 27 Juni 2008. Sejak saat itu, Gates tetap di Microsoft hanya sebagai ketua non-eksekutif.

Sejak meninggalkan pekerjaannya di Microsoft, Gates menruskan kegiatan filantropi. Diantara proyek-peoyek lainnya, hak atas video seri Messenger Lectures berjudul The Character of Physical Law yang diberikan oleh Universitas Cornell dari Richard Feynman pada tahun 1964 dan direkam oleh BBC. Video ini tersedia secara online dan terbuka untuk dengan mengakses Microsoft Project Tuva .

Pada tanggal 4 Februari 2014, Microsoft secara resmi mengumumkan Satya Mandella sebagai CEO ketiga dari Microsoft. Gates melepaskan jabatannya sebagai Ketua untuk menjabat titel Technology Advisor, dan kembali meluangkan waktunya di Microsoft. John Thompson menjalankan peran Gates sebagai Ketua Dewan baru.

Lingkungan organisasi yang dipimpin oleh Bill Gates merupakan organisasi pembelajar. Sehingga gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Bill Gates adalah transformational leadership behavior. Artinya Bill Gates menyadari dan menghargai kontribusi karyawannya. Sehingga dapat disimpulkan Bill Gates menganut tipe kepemimpinan transformasional karena Bill Gates dapat menciptakan inovasi dan perubahan yang signifikan baik terhadap pengikutnya maupun organisasi. Bill Gates mempunyai kemempuan untuk mengarahkan perubahan dalam misi, strategi, struktur dan budaya organisasi, demikian pula dalam mempromosikan inovasi produk dan teknologi.

Sumber :

Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Gates mempunyai tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia secara agresif memperluas jajaran produk perusahaan dan ketika Microsoft berhasil mendominasi pasar ia mempertahankannya sekuat tenaga. Ia mendapat reputasi sebagai orang yang menjauhkan diri dari sekitarnya; pada awal 1981 seorang eksekutif industri mengeluh kepada masyarakat bahwa “Gates terkenal karena tidak bisa dihubungi melalui telepon dan tidak membalas panggilan telepon.”

Microsoft selalu berusaha untuk mendominasi pasar yang mereka masuki. Biasanya sebuah perusahaan lebih mengutamakan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan mengamankan posisi bisnisnya daripada mendominasi pasar. Namun tidak demikian dengan Microsoft. Microsoft berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan yang kecil demi mendominasi pasar meskipun harus membahayakan bisnisnya.


Berikut merupakan gaya Microsoft dan Gaya Manajemen Bill Gates :

1. Karyawan
Karyawan merupakan salah satu kunci sukses dari manajemen bisnis sebuah perusahaan. Sehebat apapun seorang pemimpin, tanpa didukung tim yang ahli di bidangnya, akan sulit untuk berhasil. Untuk memilih karyawannya, Microsoft hanya merekrut orang orang yang termasuk dalam 5 persen orang terpintar untuk di tempatkan di posisi yang sesuai. Seseorang yang pintar akan membuat ide–ide baru, menemukan kesalahan ataupun kekurangan dengan cepat dan bekerja dengan efisien.

2. Up To Date
Banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat tidak mampu mengikuti perkembangan zaman. Microsoft sangat menyadari hal ini, dan memanfaatkan perubahan itu menjadi sebuah keuntungan. Microsoft selalu berusaha bagaimana menonaktifkan produk lamanya dan menggantikannya dengan produk baru yang lebih baik. Dengan begitu, Microsoft akan selalu menjadi yang terdepan dalam perubahan.

3. Open Minded
Kebanyakan perusahaan menganggap kegagalan adalah sesuatu yang buruk. Hal ini dapat dipahami, karena kegagalan dapat menghancurkan suatu perusahaan. Namun, tidak selamanya kegagalan adalah hal yang buruk. Microsoft memberikan toleransi terhadap suatu kegagalan, sehingga memberikan kebebasan kepada karyawannya untuk berani menciptakan sesuatu yang baru tanpa harus khawatir dengan karirnya apabila mereka gagal.

4. Profesionalitas
Para pemimpin di Microsoft adalah orang orang yang sangat handal dalam bidangnya. Mereka sangat paham bahkan mampu mengerjakan pekerjaan bawahannya. Dengan begitu , para pemimpin tersebut dapat membuat keputusan dengan cepat dan dihormati oleh bawahannya sebagai seorang pemimpin. Microsoft juga hanya mempromosikan orang yang terbaik, bukan yang terlama bekerja di sana.

5. Kompetitif
Di Microsoft, setiap karyawan harus bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. Apabila seseorang tidak mampu memberikan kontribusi yang baik, maka mereka terancam tersingkirkan. Jadi setiap karyawan harus dapat membuktikan bahwa mereka layak berada di perusahaan tersebut. Dengan hal ini, karyawan akan termotivasi untuk selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan.
Meskipun Microsoft termasuk perusahaan yang sangat kaya, Microsoft tidak pernah menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Microsoft mengelola keuangannya seperti sebuah perusahaan kecil, meskipun dengan banyaknya uang yang dimilikinya.

6. Terorganisir
Setiap project di Microsoft dijalankan oleh organisasi – orhanisasi kecil secara terpisah. Hal ini dikarenakan sebuah metode akan bekerja dengan baik pada suatu project namun belum tentu baik untuk project lainnya. Dengan memecahnya menjadi organisasi–organisasi kecil, pekerjaan akan menjadi lebih efisien dan tiap project dapat menentukan metode yang terbaik untuknya. Namun demikian, semua organisasi – organisasi kecil ini harus berjalan sesuai dengan arah tujuan Microsoft.

Setiap karyawan di perusahaan Microsoft diberikan kebebasan untuk menentukan cara dalam mencapai tujuannya. Selain itu karyawan Microsoft juga dapat mendekorasi ruang kerja sesuai dengan keinginannya. Hal ini tentu akan meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja dari setiap karyawan.

Sumber :
https://www.bartleby.com/essay/Bill-Gates-Biography-P3JVBNRSTC

Mengungkap Rahasia Kesuksesan Bill Gates

image
Kali ini kita akan mengulas salah satu orang terkaya yang pernah masuk majalah Forbes, yaitu Bill Gates. Bill Gates, memiliki nama asli William Henry Gates III, yang terlahir di kota Seattle, Washington, pada tanggal 28 Oktober 1955. Dia adalah putra dari pasangan William Henry Gates Sr. dan Mary Maxwell Gates. Dia masih memiliki darah keturunan kebangsaan Inggris, Jerman, Irlandia, dan perpaduan Skotlandia – Irlandia. Ayahnya memiliki profesi sebagai pengacara terkenal, dan ibunya berprofesi sebagai dewan direksi pada perusahaan First Interstate BancSystem dan United Way. Kakek dari ayah Gates bernama JW Maxwell, yang berprofesi sebagai seorang presiden bank internasional. Gates memiliki satu kakak perempuan yang bernama Kristi (Kristianne), dan satu adik perempuan yang bernama Libby. Dia merupakan keturunan keempat dalam keluarganya, namun dikenal sebagai William Gates III atau “Trey” karena ayahnya menyandang akhiran “II”.

Gates tertarik dengan komputer sejak saat ia masih berusia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika ia berusia 13 tahun. Saat itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya. Ia tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis program komputer pertamanya menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Ketika ia mengenang kembali masa-masa itu, ia mengatakan, “Ada sesuatu yang pas dengan mesin tersebut.”

Dari sana, ia mempelajari sistem lain, termasuk sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu. Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengeksploitasi sebuah bug pada sistem operasi untuk memperoleh waktu tambahan penggunaan komputer. Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas.


Gates menjalankan Microsoft mengungkapkan 10 ( sepuluh ) rahasia suksesnya, berikut langkah-langkahnya :

1. Ada ditempat yang tepat pada waktu yang tepat
Di era pekerjaan pengetahuan, pengetahuan teknis dan kreativitas adalah aset-aset baru korporat. Kombinasi hal-hal ini dengan naluri bisnis dan sifat kompetitif yang teramat tinggi dan anda akan memperoleh mahluk yangsangat langkah. Bill Gates memang mahluk langkah. Tetapi keberuntungan besar mengangkatnya sedemikian rupa sehingga bakat-bakatnya bisa berkembang.

2. Jatuh cinta pada teknologi
Bill Gates punya kisah cinta seumur hidup dengan komputer pribadi. Sejak awal, Gates dan Paul Allen, melihat bahwa komputer pribadi akan merubah segalanya. Keduanya berbincang sampai larut malam tentang wajah dunia pasca komputer pribadi. Mereka tak pernah meragukan kalau revolusi akan tiba. Revolusi adalah butir iman yang dianut Microsoft, dan mereka akan menulis perangkat lunak ketika revolusi itu berjalan.

3. Tak kenal menyerah
Gates adalah kompetitor yang sengit. Jika punya keinginan, dia akan berusaha keras untuk menggapainya. Ini membuatnya menjadi lawan yang sungguh tangguh. Dia terus terang tentag hal ini dan berbicara tentang cara menghancurkan kompetisi secara terbuka.

4. Pekerjakan orang-orang yang teramat cerdas
Gates terus mencari dan mempekerjakan orang-orang tercerdas di industri komputer. Ini adalah startegi yang sengaja dibuat dan salah satu strategi yang akan menjamin perusahaan sanggup menarik talenta terbaik. Sebagaian orang menuduh Gates bersikap elitis, tetapi dia adalah salah satu pelaku bisnis yang benar-benar memahami modal intelektual.

5. Belajar bertahan hidup
Dalam bentuk Microsoft, Bill Gates berhasil menciptakan mesin pembelajaran yang rakus. Perusahaan itu, dia percaya dari simbol sebuah “organisasi yang cerdas” dan satu-satunya jalan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang sama. Para kompetitor tak begitu hati-hati. Dengan cara memanfaatkan kesalahan orang lain, perusahaannya menjadi makmur.

6. Jangan harapkan terima kasih
Jika ada pelajaran pahit untuk Bill Gates itu adalah ketenaran dan ketidak tenaran tak bisa dipisahkan. Menjadi orang terkaya di dunia tanpa punya musuh dan di industri komputer, Gates punya banyak musuh.

7. Ambisi posisi visioner
Bill Gates adalah pemimpin bisnis jenis baru. Selama beberapa tahun, dia terus menunjukkan bahwa dirinya merupakan sosok ideal industri komputer. Pemahaman mendalam tentang teknologi dan cara unik mensintesiskan data memberikanya kemampuan khusus memahami tren dan mengarahkan strategi Microsoft. Hal ini juga mengundang decak kagum para pemuja Microsoft dan mengintimidasi para kompetitor.

8. Garap semuanya
Satu elemen kunci dari sukses Microsoft adalah kemampuan perusahaan itu mengatur sejumlah proyek secara bersaman. Gates sendiri adalah pria multitasking pertama, dan disebut mampu melakukan beberapa percakapan teknis dalam waktu bersamaan. Dia juga menunjukkan bahwa dirinya adalah pakar menaikkan taruhan.

9. Bangun unit kecil
Dibandingkan nilai sahamnya, Microsoft tetap sebuah perusahaan kecil didalamnya, perusahaan itu terus terbagi-bagi menjasdi sejumlah unit lebih kecil untuk menjaga iklim kewirausahaan. Terkadang, perubahan berlangsung begitu cepat sehingga Microsoft seperti membuat aneka divisi baru hampir . Bangun unit kecilsetiap minggu. Gates juga bergantung pada pemeliharaan struktur sederhana yang membuatnya mampu mengendalikan perusahaan.

10. Jangan pernah kehilangan fokus
Gates sudah berada dipuncak selama lebih dari dua dekade. Selama masa itu, dia telah menjadi orang terkaya di dunia. Namun, kendati telah memiliki kekayaan segunung dan prestasi segudang, Gates belum menunjukkan tanda-tanda melambat.


DAFTAR PUSTAKA :
Wikipedia.org, 2017. Bill Gates. Tersedia di https://en.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates [Diakses 12 September 2017]