Apa pro dan kontra dari mempublikasikan Product Roadmap jangka pendek perusahaan?

Setiap keputusan perusahaan pasti menghasilkan kelebihan dan kekurangan. Apa kelebihan dan kekurangan dari mempublikasikan product roadmap jangka pendek tersebut?

1 Like

Secara umum, roadmap harus selalu bersifat publik. Roadmap melayani tujuan untuk menginformasikan pemangku kepentingan lain (klien, penjualan dll) tentang apa yang diharapkan dan kapan.

Pro menerbitkan Roadmap:

  • Orang-orang akan tahu apa yang sedang dikerjakan.
  • Orang-orang tahu apa yang diharapkan dan kapan, jadi tidak perlu menghubungi setiap waktu (angan-angan)
  • Ada batas waktu yang dipublikasikan, jadi ada tekanan teman sebaya untuk pengiriman
  • Ini kontra-intuitif, tetapi mudah dinegosiasikan dengan perubahan prioritas karena akan diketahui tenggat waktu mana yang hilang dan mengapa.
  • Memungkinkan keselarasan tim yang lebih baik tentang apa yang mereka kerjakan dan bagaimana hal itu sesuai dengan tujuan keseluruhan perusahaan

Cons penerbitan Roadmap:

  • Kehilangan fleksibilitas dalam mengubahnya (tidak ada yang 100% berkomitmen, tetapi ada biaya lebih tinggi yang terkait dengan perubahan)
  • Jika tersedia untuk umum, membuat hidup pesaing sedikit lebih mudah.
  • Akan ada pertanyaan yang diajukan pada barang yang hilang atau ketidaksepakatan tentang urutan prioritas

Strategi

Yang pasti, membuat strategi lebih mudah ditebak. Tetapi pesaing ada di pasar, mereka berbicara dengan klien yang sama dengan penjualan, mereka sudah tahu analisis situasi. Bahkan perusahaan super rahasia seperti Apple tidak dapat benar-benar disembunyikan adalah roadmap. Satu-satunya kasus ketika roadmap harus dirahasiakan adalah ketika itu adalah perubahan transformatif jangka panjang. Misalnya: Apple memproduksi iPhone pertama.

Ada juga argumen lain. Strategi jangka pendek dapat memberi sinyal kepada pesaing ke arah mana akan pergi, dan jika memiliki pesaing cerdik yang sebenarnya plus. Kecuali berada di pemenang mengambil semua pasar (dan ada beberapa dari mereka!), Strategi terbaik adalah tidak memenangkan persaingan dan menjadi monopoli. Itulah yang perusahaan bodoh coba lakukan dan mati 99% dari waktu mencoba. Perusahaan pintar tahu bahwa ada segmen pasar yang berbeda dan dengan jelas menyatakan segmen mana yang ingin dominasi dapat membantu pesaing pintar untuk memilih segmen lain, sehingga bekerja sama alih-alih bersaing (dan mendapatkan margin yang sehat).

Komunikasi

Peran utama manajer produk adalah untuk mengkomunikasikan dengan jelas mana tujuan. Dan ini harus dilakukan dengan cara formal dan informal, juga mengandalkan orang lain untuk menyebarluaskan informasi. Ya, akan ada pertanyaan, tetapi ada pertanyaan juga jika tidak mengkomunikasikan roadmap. Jadi jauh lebih mudah untuk membuat roadmap jelas dan mengukur keefektifan dalam berkomunikasi berdasarkan berapa banyak iterasi yang butuhkan untuk menjawab semua pertanyaan.

Referensi:
https://www.quora.com/What-are-the-pros-and-cons-of-publishing-your-short-term-product-roadmap