Apa pesona yang ada di Pulau White Sands?

Pulau White Sands

Kabupaten Bintan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kabupaten Bintan sebelumnya bernama Kabupaten Kepulauan Riau. Perubahan nama ini dimaksudkan agar tidak timbul kerancuan antara Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kepulauan Riau dalam hal administrasi dan korespondensi. Nah, siapa yang sangka, ternyata Kabupaten Bintan ini juga menyimpan keindahan alam berupa tempat-tempat wisata yang belum banyak dikenal di Indonesia, salah satunya adalah Pulau White Sands atau White Sands Island atau yang lebih dikenal dengan Pulau Beralas Pasir. Apa pesona yang ada di Pulau White Sands?

Pasir putih nan lembut, gradasi air berwarna biru dan hijau tosca, itulah sekilas yang bisa disaksikan saat menginjakkan kaki di pulau ini. Ya, Pulau Beralas Pasir atau yang lebih dikenal dengan nama Whitesands Island ini terletak tidak jauh dari pesisir Pantai Trikora di Kabupaten Bintan. Kebetulan, bulan Juli lalu, saya dan teman-teman berkesempatan untuk berlibur ke pantai yang indah ini. Kita memulai perjalanan di pagi hari dari Batam, tempat kami bermukim menuju tanjung uban dengan menumpang kapal ro-ro dengan tiket seharga Rp 20.000 dengan jarak tempuh 1 jam. Selanjutnya, kita memesan mobil sewaan untuk berkeliling Bintan dengan salah satu agenda utamanya untuk menghabiskan waktu di keindahan Whitesands Island.

Untuk tiba ke pelabuhan penyeberangan ke Whitesands Island dari Tanjung Uban membutuhkan waktu sekitar satu jam. Lokasi pelabuhan ini juga cukup mudah ditemukan dan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dengan menggunakan kapal jenis speedboat. Lokasinya juga tidak jauh dari pesisir Pantai Trikora yang populer di Bintan.

Whitesands Island ini sendiri sebenarnya merupakan pulau pribadi yang dibuka untuk umum sejak September tahun 2015 lalu. Dengan luas sekitar 6 hektar, di Whitesands Island ini ada banyak fasilitas keindahan yang disediakan, mulai dari Pohon Pinus yang mengelilingi bagian pantai, Ayunan berbagai bentuk, airbag dan juga payung warna-warni untuk menjadi tempat yang asyik untuk bersantai. Serta ada hiasan gantungan kerang laut, playground untuk ana-anak serta tempat makan dan pondok penginapan.

Di sana, banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, diving, outbound, bermain voli, berfoto, tur keliling pulau dan bahkan mengadakan barbecue-an untuk kamu yang berkunjung bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa juga untuk menyaksikan Tukik alias anak penyu dan bermain kano transparan di mana kamu bisa melihat terumbu karang dari atas tanpa harus berenang.

Soal penginapan, kamu bisa mendirikan kemah atau camping yang pastinya sangat seru dilakukan dengan teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa menginap di penginapan yang tersedia di sekitaran pulau tersebut. Biasanya, harga penginapan yang ditawarkan sudah cukup bersahabat dan bahkan juga sudah menawarkan fasilitas antar jemput menggunakan speedboat dari pelabuhan khusus.

Meskipun merupakan salah satu pantai yang belum terlalu populer di Indonesia, namun nyatanya, Kabupaten Bintan ini menyimpan sebuah keindahan alam berupa Whitesands Island yang sayang untuk dilewatkan. Daripada bosan ke Bali atau Lombok, yuk berkunjung ke Whitesands Island di Kabupaten Bintan ini.

Sumber: