Apa pesan tersirat dari lukisan "Girl" karya Awan Yozeffani?


(Shiella Regina Febriyanisa) #1

Lukisan “Girl” karya Awan Yozeffani

image

Lukisan Girl merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Awan Yozeffani dibuat pada tahun 2015 dengan menggunakan media Acrylic On Canvas serta berukuran 31.5 H x 21.6 W x 2 in. Lukisan ini merupakan lukisan children dengan gaya figurative, illustration, expressionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini pelukis ini menggambarkan tentang seorang anak perempuan dengan warna pink dan gelap.

Apa pesan tersirat dari lukisan “Girl” karya Awan Yozeffani?


(Nikita Tsalis) #2

Pesan tersirat dari lukisan “Girl” karya Awan Yozeffani

Pesan tersirat dari lukisan “Girl” karya Awan Yozeffani adalah nilai estetis suatu karya seni rupa dapat dipengaruhi oleh unsur gelap dan terang yang ditimbulkan cahaya. Peraturan yang utama dalam pembuatan karya seni rupa adalah benda yang terkena cahaya terlihat lebih terang dibandingkan benda yang tidak terkena cahaya.

Pada karya seni rupa, cahaya sengaja dihadirkan untuk kepentingan nilai estetis untuk memperjelas kehadiran unsur-unsur seni rupa yang lainnya. Peralihan gelap dan terang merupakan upaya untuk mempertegas volume suatu bentuk.

Ada beberapa pendapat yang mencoba menjelaskan tentang warna, namun yang menonjol dan aplikatif dalam bidang seni rupa adalah teori cahaya dan teori pigmen. Teori cahaya dipelopori oleh Sir Isaac Newton yang mengatakan bahwa warna yang kita lihat pada suatu benda berasal dari cahaya putih matahari. Dalam teori pigmen dinyatakan bahwa warna itu terdapat pada pigmen dan hanya ada tiga jenis warna pokok,yaitu merah, biru dan kuning. Warna-warna itu tidak bisa didapat dengan mencampur, warna-warna tersebut adalah warna murni. Teori ini dipelopori oleh Prang Brewster. Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.

Warna gelap dalam lukisan ini memberikan nilai ekspresi yang menampilkan kesan dramatis. Warna pink bermakna lucu, meriah, bersemangat dan gembira.