Apa pertolongan pertama pada orang yang cidera patah tulang atau fraktura?

Saya ingin bertanya apa saja pertolongan pertama atau hal hal yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dari cidera patah tulang?

Banyak orang yang melihat bahwa patah tulang bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk. Karena itu penderita patah tulang harus segera mendapatkan pertolongan. Jika Anda melihat orang patah tulang, maka bisa mencoba melakukan langkah pertolongan pertama pada patah tulang seperti dibawah ini :

  1. Keputusan Pindahkan atau Tidak

Jika anda menolong korban kecelakaan dijalan raya dan situasi bisa membahayakan penderita patah tulang maka pindahkan dengan cara yang sangat hati-hati. Usahakan untuk memberikan topangan pada bagian patah tulang agar tidak menyebabkan pergeseran. Namun jika tidak perlu dipindahkan maka sebaiknya jangan dipindahkan untuk menjaga agar tidak bertambah parah.

  1. Baringkan Korban

Korban yang menderita patah tulang sebaiknya dibaringkan dengan posisi yang nyaman. Membaringkan korban juga bisa membantu agar patah tulang tidak menjadi lebih buruk dan membuat korban merasa lebih tenang.

  1. Bantu Hentikan Pendarahan

Jika kasus patah tulang yang Anda bantu disertai dengan pendarahan, maka pertama kali adalah bantu menghentikan pendarahan. Bersihkan luka ada di sekitar patah tulang secara lembut dan hati-hati. Kemudian terapkan perban yang steril dengan menekan sisi luka agar pendarahan bisa berhenti. Namun usahakan untuk tidak memberikan tekanan pada bagian yang mungkin patah tulang.

  1. Jangan Menekan Patah Tulang

Setelah Anda menghentikan pendarahan atau tidak perlu jika tidak disertai dengan pendarahan, maka jangan menekan bagian tulang yang patah. Jangan mendorong atau membuat kondisi patah tulang menjadi lebih buruk.

  1. Berikan Topangan pada Bagian Patah Tulang

Agar patah tulang tidak mengalami pergeseran atau bertambah buruk, maka usahakan untuk memberikan topangan pada bagian tersebut. Anda bisa menggunakan papan yang keras atau handuk yang tebal. Tujuannya adalah untuk menghindari agar patah tulang tidak bergeser.

  1. Kompres dengan Es

Penderita patah tulang biasanya akan merasa sangat sakit dan membuat kondisinya semakin menurun sebelum sampai di rumah sakit. Untuk mengurangi rasa sakit maka disarankan untuk mengompres dengan es. Bungkus es batu dengan handuk yang lembut dan tebal kemudian, terapkan pada bagian patah tulang. Jangan menempelkan es batu ke bagian kulit secara langsung karena bisa menyebabkan komplikasi pendarahan di bagian dalam.

Sumber : Pertolongan pertama patah tulang