Apa perlu anak muda berinvestasi?

unsplash_investment

Para investor-investor yang sudah berpengalaman atau yang sudah lama didalam hidupnya untuk berinvestasi pasti mengatakan agar selagi muda untuk mulai berinvestasi. Maksud para investor lama ini adalah selagi memiliki waktu yang banyak kita berarti ada banyak waktu untuk bisa menghasilkan uang yang banyak.
Bentuk investasi juga banyak, ada saham, menabung, deposito, emas, dll. Selain dalam bentuk uang ada juga yang mengatakan investasi diri alias memperkuat diri dimasa depan dengan menimba ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin dari usia dini. Nah menurut Youdics nih investasi itu penting nggk sih buat kita anak muda? Kalau penting investasi apa nih yang harus kita mulai duluan?

Sumber gambar

menurut saya, jika anda memahami dan mengerti tentang investasi, mengapa tidak dicoba? investasi sebenarnya menguntungkan kita jika kita memahami mekanisme dari investasi tersebut. Namun, itu bisa menjadi jurang untuk kita yang tidak memahami apa itu investasi. maka dari itu kita harus cermat dalam melakukan investasi.

iyap saya setuju karena beberapa anak muda mungkin belum mau investasi karena pemahaman tentang investasi itu belum didapatkan. Tetapi utk yang investasi bisa menjadi jurang, itu apa karena kita menyesal dikemudian hari karena tidak melakukan investasi atau karena kita salah dalam melakukan investasinya kak? bisa diberikan contohnya kak?

Menurut Opini saya Terkait " Apa Perlu anak muda Berinvestasi"?

image

  • Alasan lainnya mengapa kamu harus investasi sejak muda adalah untuk dana pensiun. Simpelnya tuh, semakin dini kamu mempersiapkan dana pensiun, maka semakin pula dana yang kamu muntuk masa tua nanti. Apalagi kini ada banyak jenis yang dapat kamu pilih untuk mempersiapkan dana pensiun.

  • Dengan berinvestasi sejak dini, kita dapat sedini mungkin melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang yang kita miliki. Tidak hanya itu, investasi juga mampu membantu memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

1 Like
Anak muda tidak perlu investasi dahulu, anak muda biasakan diri saja terlebih dahulu dengan menabung, karena menabung seperti bentuk kecil dari investasi dan tanpa resiko. Uang juga masih bergantung sama orang tua, dan nominal untuk investasi juga tidak kecil jika dibandingkan dengan menabung. Karena investasi butuh nominal besar dan ada resikonya jika tidak tahu cara investasi yang benar, jadi uang dipakai menabung dahulu dan dibarengi belajar untuk investasi, jadi jika tabungan sudah banyak, uang tersebut bisa dipakai untuk investasi dengan modal ilmu yang dipelajari saat menabung.
  saya kurang setuju jika anak muda berinvestasi. karena rata-rata anak muda belum mengerti yang namanya investasi dan jika mengerti pun hanya sekedar mengerti luarnya saja. anak muda masih belum mengerti tata cara investasi. Jika mereka tidak tahu tata cara berinvestasi bisa-bisa mereka malah menjadi investor gagal. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada bulan Mei 2019 dari total 1,7 juta investor, 85% hingga 90% mengalami kegagalan karena para investor tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam berinvestasi. Jika mereka memaksakan untuk berinvestasi tanpa mengerti tata cara berinvestasi yang ada bukan untung yang didapat malah bisa rugi. Saran saya untuk anak muda lebih baik mulai menabung sendiri dulu sembari belajar bagaimana cara berinvestasi. nanti kalu ilmunya sudah mencukupi bisa memulai investasi dengan hasil tabungannya.

Tentu saja saya sangat setuju. Untuk melakukan investasi biasanya diperlukan KTP sebagai persyaratan yang berarti minimal orang tersebut telah berusia 17 tahun saya rasa usia tersebut sudah cukup untuk belajar dan mencoba terjun ke dunia investasi secara langsung.

Meskipun kebanyakan pemuda belum memiliki penghasilan diumur tersebut, ia bisa menabung untuk mengumpulkannya terlebih dahulu sembari belajar bagaimana mekanisme investasi yang ingin mereka pilih. Saya juga mengenal seorang teman yang sudah mulai berinvestasi saham sejak ia kelas 2 SMA sedikit demi sedikit dan sekarang saat ia juga sudah mulai memiliki penghasilan sebdiri ia benar2 sudah siap dan sangat memahami bagaimana kerja pasarnya.

Jadi, tidak ada salahnya memulai investasi sejak masih muda. Hal ini justru melatih sikap untuk dapat mengelola keuangannya dengan baik, tidak boros, dll.

1 Like