Apa perbedaan yang signifikan antara Intranet, Ekstranet,dan VPN?

Intranet merupakan jaringan yang dibangun untuk kalangan sendiri,maksudnya penggunanya terbatas dan hanya untuk orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.
Ekstranet pengertiannya hampir sama dengan intranet namun hanya untuk kalangan luar,perbedaan keduaanya dapat kita ketahui dengan namanya dan artinya berarti in (di dalam) eks (di luar).
Ada yang namanya VPN (virtual Private Network) yaitu jaringan yang dapat menghubungkan kita dengan dunia maya atau yang lainnya dengan menggunakan internet,selain itu banyak yang menggunakan VPN untuk internet gratis meskipun tanpa kuota dan tanpa pulsa.

Selain penjelasan di atas , lalu apa perbedaan yang signifikan antara Intranet,Ekstranet,dan VPN?

What is Intranet, Ekstranet and VPN

Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan local yang dikhususkan kepada anggota suatu organisasi. Intranet bersifat private dan terjaga, dimana orang di luar organisasi tidak dapat mengaksesnya. Intranet berfungsi untuk mempermudah anggota organisasi untuk membuat konten, berkomunikasi, berkolaborasi, memanage tugas dan membangun kultur di dalam organisasi.

Ekstranet
Pada dasarnya ekstranet adalah intranet yang memiliki jaringan “ekstra” dimana didalam ekstranet, suatu organisasi dapat berkomunikasi secara private dengan individual-individual penting di luar organisasi (Client, Produsen, Partner, Vendor, dll). Ekstranet sangat penting bagi suatu organisasi / perusahaan karena ekstranet dapat menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan kepuasan konsumen dan dapat meningkatkan keamanan.

Vitual Private Network (VPN)
VPN seperti namanya memiliki definisi yaitu sebuah jaringan private virtual. Dimana “virtual” memiliki arti bahwa jaringan private yang digunakan tidak memiliki bentuk fisik di dunia nyata sehingga VPN dapat digunakan untuk dikolaborasikan dengan jaringan – jaringan lainnya seperti ekstranet. Ketika kita menggunakan VPN saat mengakses internet, computer kita bertindak seolah-olah berada di satu jaringan local yang sama dengan VPN tersebut. VPN dapat digunakan untuk melewati batas geografis suatu jaringan, dimana itu dapat menguntungkan apabila kita ingin mengakses hal – hal yang di blokir di daerah geografis kita. VPN juga dapat memberi keamanan lebih kepada kita karena pada saat kita menggunakan VPN, akses kita ter-enkripsi sehingga lebih sulit untuk dilacak.

Sumber :


Intranet
Merupakan jaringan private internal dalam sebuah organisasi yang menggunakan infrastruktur serta standar internet dan web.
Intranet adalah jaringan pribadi yang didasarkan pada protokol TCP / IP yang termasuk dalam organisasi dan dapat diakses oleh karyawan organisasi atau orang lain yang memiliki otorisasi.

Ada informasi internal tertentu yang tidak ingin dipublikasikan oleh publik di Internet. Dalam skenario seperti itu, intranet memungkinkan sebuah organisasi membuat berbagai macam informasi dan layanan internal yang hanya dapat diakses oleh karyawan dan orang-orang yang berwenang. Intranet membentuk titik pertemuan penting komunikasi internal dan kolaborasi yang menawarkan titik umum untuk mengakses sumber daya internal dan eksternal.

Ekstranet
Berbeda dengan intranet,ekstranet menawarkan layanan akses yang aman dan dapat dikontrol.Jika intranet dibangun untuk menghubungkan pegawai/anggota pada sebuah perusahaan,sebaliknya dengan ekstranet yang dibangun untuk kalangan tertentu saja,namun juga untuk pihak-pihak lain.Ekstranet banyak digunakan dalam suatu transaksi standar,misalnya pembelian dan penjualan. Ini adalah jenis konektivitas internet tertentu di mana karyawan perusahaan terhubung dengan mitra, vendor, dan pemasok yang diberi wewenang untuk menggunakan jaringan

VPN (Virtual Private Network)
Di sisi lain, VPN sangat berbeda karena tujuannya adalah untuk memperluas jaringan pribadi (dan juga sumber daya) di jaringan publik, seperti Internet. Misalnya, VPN memungkinkan komputer mengirim dan menerima data di jaringan lain atau umum, seolah-olah itu adalah jaringan pribadi. VPN mengamankan koneksi internet komputer Anda untuk menjamin bahwa semua data yang Anda kirim dan terima dienkripsi dan diamankan.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi, dan karenanya mendapatkan manfaat dari kebijakan fungsionalitas, keamanan dan manajemen jaringan pribadi. VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan koneksi khusus, protokol tunneling virtual, atau enkripsi lalu lintas.

VPN memungkinkan Anda membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui Internet. Data perjalanan Anda di Internet terpapar dan dengan mudah dapat dicuri, dipantau, dimodifikasi, atau dicatat saat melewati jaringan publik. Menggunakan VPN melindungi hal berikut :

  • Situs web yang pernah Anda kunjungi
  • Video yang telah Anda tonton
  • Alamat yang telah Anda kirimi e-mail
  • Kepada siapa anda mengirim pesan
  • File dari unduhan dan upload Anda
  • Jenis konten yang Anda konsumsi: video, audio, web, foto, sosial, torrent, dll.

SUMBER
https://www.quora.com/Whats-the-difference-between-intranet-and-extranet


https://www.quora.com/What-does-proxy-and-VPN-mean

Intranet
Intranet adalah jaringan internal. Ini digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan komputer mereka di jaringan. intranet didefinisikan sebagai "jaringan berbasis protokol TCP / IP (internet) milik sebuah organisasi, biasanya perusahaan, hanya dapat diakses oleh anggota organisasi, karyawan, atau pihak lain yang memiliki otorisasi. Situs web intranet terlihat dan bertindak seperti halnya situs Web lainnya, namun firewall yang mengelilingi intranet menangkis akses yang tidak sah.
Intranet didasarkan pada protokol TCP / IP, bagaimanapun, tidak dapat diakses dari luar. Hanya anggota perusahaan dengan akses resmi yang dapat masuk dan mengakses jaringan dan data di jaringan. Seperti semua jaringan, Intranet terutama digunakan untuk berbagi data, informasi, sumber daya, program perusahaan, aplikasi perangkat lunak, serta memfasilitasi komunikasi antara orang atau kelompok kerja di dalam perusahaan. Intranet meningkatkan kemampuan berbagi data dan keseluruhan basis pengetahuan karyawan perusahaan.

Ekstranet.
Extranet adalah jaringan internal yang bisa diakses secara eksternal. Ekstranet dapat dianggap sebagai perpanjangan intranet perusahaan. Orang-orang dari luar perusahaan dapat memiliki akses terbatas ke jaringan internal perusahaan untuk kepentingan bisnis atau pendidikan. Akses tersebut dapat diberikan kepada mitra organisasi, vendor, pemasok, pelanggan potensial dan saat ini, dll.
ekstranet didefinisikan sebagai "kata kunci yang mengacu pada intranet yang sebagian dapat diakses oleh pihak luar yang berwenang. Sedangkan intranet berada di belakang firewall dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang menjadi anggota perusahaan atau organisasi yang sama, extranet menyediakan berbagai tingkat aksesibilitas kepada orang luar. kita dapat mengakses ekstranet hanya jika memiliki nama pengguna dan kata sandi yang benar, dan identitas kita menentukan bagian ekstranet mana yang dapat kita lihat. "

VPN
Jaringan pribadi virtual (VPN) memperluas jaringan pribadi di jaringan publik, dan memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Aplikasi yang berjalan di VPN karena itu dapat memanfaatkan fungsionalitas, keamanan, dan pengelolaan jaringan pribadi.

VPN memungkinkan karyawan mengakses intranet perusahaan dengan aman saat berada di luar kantor. Mereka terbiasa menyambungkan kantor-kantor organisasi yang terpisah secara geografis secara geografis, menciptakan satu jaringan kohesif. Pengguna Internet individual dapat mengamankan transaksi nirkabel mereka dengan VPN, untuk menghindari pembatasan geo dan penyensoran, atau untuk terhubung ke server proxy dengan tujuan melindungi identitas dan lokasi pribadi. Namun, beberapa situs Internet memblokir akses ke teknologi VPN yang dikenal untuk mencegah pengelakan pembatasan geo mereka.

VPN dibuat dengan membuat koneksi point-to-point virtual melalui penggunaan koneksi khusus, protokol tunneling virtual, atau enkripsi lalu lintas. VPN yang tersedia dari Internet publik dapat memberikan beberapa keuntungan dari wide area network (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya yang tersedia di dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.


Intranet : (Untuk kalangan tertentu)

Merupakan suatu jaringan privat network yang menggunakan protokol protokol internet, yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagai informasi dalam wilayah tertentu, jadi area yang mencakup dibatasi. Intranet juga merupakan bagian terkecil dari internet sebab, intranet hanya mencakup linkungan yang kecil dan tidak dapat terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.

Manfaat dan Fungsi dari intranet :

Intranet memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya seperti Switch, Server, Printer, dan accsess point. selain itu, intrane memiliki manfaat bagi penggunanya seperti efisien biaya dan waktu, kemudahan mendapatkan informasi dalam wilayah tertentu, dapat meningkatkan produktifitas kerja, dan masih banyak lainnya.

Selain memiliki kelebihan, intranet juga memiliki sisi kelemahan seperti, kemanan data yang kurang terjaga apabila menggunakan intranet, wilayah area jaringan yang sangat minim, serta sering terjadi overload karena pengiriman data secara bersamaan.

Ekstranet : ( untuk pihak luar tertentu )

Merupakan sebuah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi suatu informasi yang dibutuhkan kepada pengguna informasi tersebut. Ekstranet juga dapat diartikan sebagai intenet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan, dan perusahaan yang membangun ekstranet dapat bertukar data yang memiliki volume besar menggunaka EDI (Electronic Data Interchange) dan berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam satu jaringan kerja sama.

Kelebihan :
Proses dan arus informasi lebih cepat, peningkatan dalam efektivitas berbisnis, Akses draft dokumen serta presentasi multimedia untuk komentar ataupun persetujuan klien, Melihat proyek-proyek yang lalu sebagai perbandingan.

Kelemahan :
Biaya tinggi pada awal pengembangan, membutuhkan staf ahli untuk mengembangkan ekstranet, membuat kontrak selama beberapa waktu untuk perencanaan, pengembangan, review dan pelaksanaan, melakukan pemeliharaan teratur, upgrade, dan lain-lain.

VPN “ Virtual Private Network”

Merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya secara pribadi melalui jaringan internet. Penggunaan internet (publik) ditujukan sebagai media perantara dimana koneksi tersebut bukan secara langsung. Dan disebut private network sebab hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya.

Ada beberapa fungsi dari VPN itu sendiri, yaitu dapat digunakan sebagai media melindungi suatu data agara aman dan orang lain tidak akan dapat menyadap data anda tersebut, selain itu VPN dapat melindungi data agar tidak rusak ataupun cacat karena hal tertentu, dan yang terakhir sebagai autentikasi sumber.

Kelebihan VPN:

  • VPN adalah solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi
  • Fitur keamanan dapat disesuaikan.

Kekurangan VPN :

  • Dengan penyediaan akses ke karyawan secara global, faktor keamanan adalah risiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.

SUMBER :