Apa perbedaan yang mendasar antara penggunaan MOV dan ROI dalam menentukan investasi yang tepat?

manajemen_investasi
measurable_organization_value

(Achmad Muchsinul Huda) #1

image

Menurut anda, apa perbedaan yang mendasar antara penggunaan MOV dan ROI dalam menentukan investasi yang tepat?


(Asa Arifudin) #2

Dalam konteks investasi keduanya (MOV maupun ROI) sama sama merupakan sebagai alat pengukur keberhasilan suatu investasi.

MOV diciptakan karena kekurangan yang ada pada ROI dalam ketidakmampuan ROI menghitung suatu keunggulan yang bersifat intengible, padahal pada era digital saat ini, data yang bersifat intengible adalah hal yang paling penting dalam menentukan keputusan dalam suatu proses bisnis.

Namun dalam hal investasi secara general, ROI masih menjadi pilihan nomer satu sebagai tolak ukur suatu keberhasilan investasi karena fokusnya kepada faktor profit margin dan turnover suatu investasi.

Jadi kesimpulannya keduanya memiliki tujuan yang sama dan beberapa komponen yang sama, dalam konteks investasi IT, MOV lebih unggul, namun pada konteks yang lain ROI masih menjadi pilihan pertama.

Referensi :

S.Munawir 2007.Analisis Laporan Keuangan.Yogyakarta


(Prakoso Adi Bagaskara) #3

ROI
Menurut Abdullah Faisal (2002:49) ROI ini sering disebut Return On Total Assets dipergunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan menggunakan keseluruhan aktiva yang dimilikinya. Tetapi ROI memiliki kelemahan yaitu :

  1. Mengingat praktek akutansi dalam perusahaan seringkali berbeda maka kelemahan prinsip yang dihadapi adalah kesulitan dalam membandingkan rate of return suatu perusahaan dengan perusahaan lain.
  2. Dengan menggunakan analisa rate of return atau return on investment saja tidak dapat dipakai untuk membandingkan dua perusahaan atau lebih dengan memperoleh hasil yang memuaskan.

MOV
Marchewka mendefinisikan MOV ini sebagai tujuan keseluruhan proyek dan sebagai ukuran kesuksesan. Jadi MOV secara implisit menyatakan sebuah proyek harus dapat diukur, memberikan nilai bagi organisasi, sudah disepakati dan dapat diverifikasi.

Perbedaan yang mendasar ROI dan MOV
Manajemen proyek dengan MOV harus memberikan manfaat atau keuntungan bagi organisasi. Ini merupakan fondasi dari konsep MOV dan analogi dari konsep ROI. MOV tidak memperhitungkan biaya pengadaan dan hanya memperhatikan nilai bisnis yang terukur. Sementara ROI memperhitungkan biaya penyediaan MOV serta memiliki potensi untuk mempertimbangkan nilai tidak terukur dari organisasi yang dapat menjadi kekuatan yang mendorong proyek.

Kesimpulan
Jadi, MOV lebih unggul disini untuk menentukan investasi yang tepat, dikarenakan MOV harus Verifiability untuk menjadi kunci kesuksesan nya dan juga hal ini yang membedakan dengan ROI. Verifiability disini artinya, MOV harus terukur kemudian harus terverifikasi. Maksudnya, setelah sebuah proyek MOV selesai harus diverifikasi untuk menentukan apakah proyek tersebut berhasil atau tidak.

Harus dipahami disini, bahwa sebuah proyek TI biasanya akan memberikan nilai negatif di depan dan akan terus meningkat dari waktu ke waktu menjadi lebih baik dan pada akhirnya kembali menurun.

Referensi:



(Adelia Ayu Trilestari) #4

Pengertian ROI dan MOV

Return of Investment (ROI) adalah perhitungan untung rugi yang didapatkan dari sebuah investasi tergantung dari banyaknya uang yang diinvestasikan.

ROI biasanya digunakan untuk informasi pendukung keputusan finansial, untuk membandingkan keuntungan yang didapat oleh perusahaan atau untuk membandingkan efisiensi dari beberapa investasi. Sehingga ROI berfokus pada seberapa cepat uang yang diinvestasikan dapat kembali dan seberapa besar keuntungan yang dapat dihasilkan dari investasi yang telah dilakukan.

Sedangkan Measureable Organizational Value (MOV) adalah alternatif untuk menentukan tujuan dan indikator kesuksesan dari sebuah proyek.

Tidak sebatas hanya pada fokus keuangan saja, MOV juga mampu membuat indikator kesuksesan dan tujuannya berdasarkan hal lain selain secara finansial. MOV memiliki 4 syarat untuk dapat dikatakan valid yaitu :

  • be measurable
  • provide value to the organization
  • be agreed upon
  • be verifiable.

Perbedaan yang mendasar

ROI lebih berfokus pada profit yang didapatkan dibandingkan pengeluaran, sedangkan MOV lebih berfokus tentang bagaimana tujuan dapat dicapai dan manfaat yang didapatkan dapat terukur baik nilai tangible dan intangible nya. Penggunaan ROI mungkin akan mudah dilakukan oleh perusahaan yang memiliki maturity tinggi, akan tetapi MOV akan lebih cocok untuk diterapkan pada perusahaan start-up ataupun perusahaan yang tidak dapat menghasilkan pendapatan dalam waktu dekat karena MOV lebih berfokus kepada tujuan nilai apa yang diharapkan dan bagaimana cara mengukur tingkat keberhasilannya.


http://www.investinganswers.com/financial-dictionary/technical-analysis/return-investment-roi-1100


(Achmad Muchsinul Huda) #5

ROI adalah perhitungan untung atau ruginya suatu investasi yang nilainya didapat dari perubahan revenue dibagi total investasi

Dari cara mendapatkan nilai ROI saja. Terlihat secara jelas bahwa ROI hanya melihat keuntungan atau ruginya suatu project dari sisi finansialnya (investasi) saja

ementara MOV, hampir sama dengan ROI namun tidak hanya berfokus pada sisi finansial. Tujuan utama MOV adalah melihat keberhasilan suatu proyek berdasarkan indikator indikator yang sudah disepakati sebelumnya

Hal ini didukung juga dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar MOV yang baik bisa terbentuk, yaitu : bisa diukur, memberikan nilai kepada organisasi, disepakati bersama, dan bisa diverifikasi

Perbedaannya
ROI lebih berfokus pada seberapa baik investasi yang dilakukan memberi keuntungan (Fokus pada sisi finansial saja), sementara MOV lebih berfokus pada apakah project yang dilakukan sudah memenuhi tujuan serta bagaimana manfaatnya terhadap organisasi

sumber: