Apa perbedaan virus dan bakteri?

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa perbedaan virus dan bakteri? Keduanya sama-sama mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan tidak berkembang biak dengan hubungan intim ataupun pertukaran informasi genetik. Apa perbedaan virus dan bakteri?

Virus adalah bentuk kehidupan renik dengan ukuran 10 hingga 100 kali lebih kecil dari bakteri. Virus terdiri dari inti berupa materi genetik (RNA atau DNA) yang dikelilingi lapisan pelindung dari protein.

Virus hanya dapat hidup dengan inang makhluk hidup lain, seperti manusia, hewan ataupun tumbuhan. Bila tidak berada dalam tubuh makhluk hidup, virus hampir bisa disebut benda mati. Tidak ada proses biologis apapun yang dapat terjadi padanya.

Bakteri adalah mikroorganisme uniseluler dengan membran tipis dan elastis yang cukup kompleks. Organisme yang tercatat ada sejak 3,5 milyar tahun yang lalu ini mampu hidup dalam beragam lingkungan, mulai dari suhu panas dan dingin ekstrim, limbah radioaktif, hingga tubuh manusia.

Berbeda dengan virus, bakteri dapat menggandakan dirinya sendiri secara aseksual dan sebagian besar jenis organisme ini tidak berbahaya.

Beberapa jenis bakteri bahkan memiliki peran penting untuk manusia seperti membantu mencerna makanan, menghancurkan mikroba penyebab penyakit, menyeimbangkan pH, menyediakan nutrisi penting, hingga melawan kanker.