Apa perbedaan switch dengan hub?

Dalam jaringan komputer, kita sering mendengar istilah switch dan hub. Apa perbedaan dari kedua hal tersebut?

Walaupun switch dan hub memiliki kesamaan seperti memiliki beberapa port, namun kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok seperti:

1. Bekerja pada OSI layer yang berbeda
Hub bekerja pada OSI layer pertama, yaitu layer physical atau lapisan fisik sedangkan switch bekerja pada lapisan kedua OSI layer yaitu Data Link.

2. Cara kerja yang berbeda
Hub bekerja dengan cara menerima dan mengirimkan sinyal melalui kabel yang tersambung. Switch tidak hanya menerima dan mengirimkan sinyal, tetapi switch juga memproses informasi pada layer Data Link. Switch akan mengecek informasi berupa MAC address dari setiap perangkat yang tersambung.

3. Switch lebih handal
Saat dilihat, cara kerja dari hub cukup simpel. Namun, dari sisi kinerja, switch lebih unggul. Ini dikarenakan switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua perangkat yang tersambung. Hub tidak memiliki kemampuan untuk menyeleksi MAC address setiap perangkat yang tersambung dan setiap sinyal yang diterima oleh salah satu port akan dikirim ke semua port yang ada.

4. Kecepatan transfer data
Dikarenakan switch menyeleksi MAC address mana yang menjadi tujuan, hal ini membuat switch dapat mentransfer data lebih cepat daripada hub.

5. Pengaturan
Hub tidak dapat diatur atau disetting, sedangkan switch dengan label manageable dapat diatur untuk mengizinkan dan memblokir komputer yang tersambung.

6. Sistem keamanan jaringan
Karena hub hanya berfungsi untuk meneruskan data, data yang dikirim akan diterima oleh komputer lain secara utuh. Pada switch, data yang ditransfer akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan data yang ditransfer aman sehingga data yang diterima tidak mengandung unsur berbahaya.

7. Harga
Dilihat dari fungsinya, sudah pasti harga switch bisa lebih mahal dibandingkan dengan hub.

Sumber: http://www.pintarkomputer.com/7-perbedaan-antara-switch-dan-hub/

Perbedaan Hub dan Switch

Pada dasarnya, Hub dan switch merupakan sebuah perangkat keras jaringan computer yang digunakan sebagai pusat untuk membagi koneksi yang terbuhung dengan port agar beberapa computer dapat terkoneksi.

  • Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions (berbenturan) dan memperlambat jaringan. Hub dapat berbasis enthernet,Firewire,atau koneksi.

image

  • Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.

image

masing-masing perangakat tersebut memilki perbedaan diataranya ialah:

1.Collisions biasanya terjadi pada setup menggunakan Hub sedangkan Switch tidak terjadi hal itu pada full duplex
2. Pada Hub hanya memilki satu collision control untuk mengontrol semua port, sedangkan Switch memiliki collision control di setiap port
3. Semakin banyak port yang ada pada hub maka proses transmisi akan menjadi lambat. Namun pada Switch, banyaknya jumlah port tidak mempengaruhi karena terdapat collision control di setiap portnya
4. Switch merupakan alternative berperforma tinggi dari hub, sehingga kecepatan switch lebih cepat dari hub
5. Banyak port pada hub hanya memilki 4 hingga 12 saja, sedangkan Switch merupakan multiple port bride memilki 24 hingga 28 port
6. OSI layer pada hub diklasifikasikan pada layer pertama, sedangkan pada Switch jaringan beroperasi pada layer kedua dari model OSI
7. Jenis perangkat Hub berupa passive device (tanpa software) ,sedangkan Switch merupakan active device (dengan software) dan perangkat jaringan
8. Keamanan yang terjadi pada port switch lebih ketat dibandingkan dengan hub karena keamanan data pada switch menggunakan sniffer
9. Pengaturan yang yada pada Hub tidak dapat di setting, sedangkan pada Switch dapat melakukan pemblokiran atau menyaring computer yang terhubung dengannya menggunakan manageable.
10. Harga pada Switch lebih mahal dibandingkan dengan HUB.

Sumber:



th
Jika dilihat dari perbedaan antara Switch dengan HUB jelas sekali switch lebih unggul dari HUB, dan dilihat dari segi kualitasnya switch pun lebih unggul meski fungsinya sama sebagai central pada jaringan komputer.

Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.

Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater)

Switch dan Hub sebenarnya memiliki fungsi yang sama, karena dengan menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub apalagi bila jaringan yang kita punya sangat besar.

Perbedaan antara Switch dengan HUB:

  1. Pada sebuah HUB hanya memiliki satu collision control untuk semua port yang ada sedangkan switch setiap port memiliki colloision control sendiri-sendiri. (collision control yaitu pengontrol transmisi data atau informasi dalam kabel jaringan LAN agar tidak terjadi tabrakan data)

  2. Pada HUB apabila semakin besar jumlah port yang disediakan maka akan semakin lambat proses transmisi data yang terjadi, sedangkan pada switch banyaknya jumlah port tidak membebani collision control karena setiap port memiliki collision control sendiri.

  3. Port pada HUB hanya 4 sampai 12 port sedangkan switch lebih banyak portnya.

  4. Jika dilihat dari segi keamanannya Switch lebih ketat keamanan nya dibandingkan HUB

  5. Kecepatan transfer data switch jauh lebih cepat dibandingkan HUB

  6. Dilihat dari segi ekonomisnya sudah pasti hub lebih murah harganya dibandingkan dengan switch yang lebih mahal.

Sumber : http://junaidibasamut.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-switch-dan-hub-dan-perbedaan.html