Apa perbedaan sun spot dan dark spot?

Jika mengamati kulit dengan saksama, mungkin Anda akan menemukan beberapa spot atau titik pada kulit yang memiliki warna lebih gelap. Umumnya, spot ini akan muncul pada area sekitar pipi dan hidung, serta memiliki ukuran yang kecil. Nah, kebanyakan orang beranggapan bahwa spot, noda, atau flek hitam tersebut muncul akibat terpapar sinar matahari dan tidak menggunakan sun block. Ada juga yang keliru mengira flek tersebut sebagai freckles. Apa perbedaan sun spot dan dark spot?

Sun Spot

Sun spot merupakan flek, noda, atau terjadinya perubahan warna pada kulit akibat matahari. Setelah terekspos sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, produksi melanin–pigmen yang berperan untuk memberi warna pada kulit–akan meningkat untuk melawan dampak sinar UV/UB. Saat sebuah sel memproduksi melanin terlalu banyak, area kulit tersebut akan terlihat lebih gelap sehingga muncul apa yang disebut dengan sun spot. Berbeda dengan freckles yang memang merupakan highly active cells atau sel yang sangat aktif dengan produksi melanin yang tinggi dan bersifat genetik, sun spot terjadi karena upaya kulit untuk melindungi diri dari dampak sinar UV/UB.

Dark Spots

Sama seperti sun spot, dark spot pun merupakan terjadinya perubahan warna pada kulit. Perbedaan utama antara sun spot dan dark spot adalah penyebabnya. Sun spot dapat menjadi dark spot juga, namun, penyebab dark spot tidak terbatas pada sinar UV/UB saja. Selain karena dampak sinar matahari, dark spot dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dark spot di antaranya adalah tanda lahir, bekas treatment dengan laser, bekas jerawat yang dipencet, bekas luka, bahkan genetik. Secara penampilan, umumnya sun spot memiliki warna yang cenderung lebih muda, berukuran kecil, dan tidak timbul jika dibandingkan dengan dark spot.

https://journal.sociolla.com/beauty/perbedaan-sun-spot-dan-dark-spot/