Apa perbedaan Sponge cake dan Chiffon cake?

Kita sering kali tertukar dengan keduanya, sebenarnya apa sih perbedaannya?

  1. Komposisi bahan

Salah satu perbedaan paling jelas antara sponge dan chiffon cake terletak pada bahan pembuatannya, terutama pemilihan lemak. Chiffon cake hanya menggunakan lemak cair berupa minyak, sedangkan sponge cake versi asli hanya memanfaatkan lemak dari kuning telur. Namun saat ini, banyak orang yang menambahkan lemak lain seperti butter atau margarin saat membuat sponge cake, untuk mengurangi jumlah telur yang digunakan.

  1. Cara pembuatan

Hal yang paling membedakan pembuatan chiffon cake dan sponge cake adalah cara mengocok dan mencampur bahan-bahannya. Untuk membuat sponge cake, anda bisa mengocok bahan bersamaan sedikit demi sedikit sesuai urutan. Pertama-tama anda harus mengocok telur, gula, dan bahan pengembang. Jika kocokan telur sudah mengembang, anda bisa memasukkan bahan kering.

Untuk chiffon cake, pencampuran bahan dilakukan terpisah jadi 2 bagian. Bagian pertama, adonan kuning telur dikocok bersama gula, minyak, esens/ekstrak perasa dan bahan kering (tepung terigu, baking powder, dan lain lain). Bagian kedua, adonan putih telur dan gula dikocok sampai teksturnya mulai kaku dan mengkilat. Selanjutnya, barulah adonan putih telur dicampurkan ke adonan kuning telur secara bertahap dalam 3 kali/waktu.

  1. Cara memanggang

Jika anda belum tahu, ada teknik tersendiri ketika memanggang sponge cake dan chiffon cake. Untuk sponge cake, anda bisa memanggangnya dengan loyang biasa yang berbentuk bulat, segiempat, loyang rendah untuk bolu gulung, hingga loyang atau cetakan cupcakes.

Khusus untuk chiffon cake, anda harus menggunakan loyang khusus yang bagian tengahnya bolong, bagian dasar loyang bisa dilepas, dan juga ‘berkaki’. Loyang tersebut akan memudahkan anda ketika akan ‘membalikkan’ kue ketika sudah matang. Saat memanggang, anda juga tidak boleh mengolesi loyang dengan mentega dan tepung karena akan membuat kue merosot ketika dibalik.

  1. Tekstur cake

Sepintas, penampilan chiffon cake dan sponge cake ini mungkin tidak bisa dibedakan, keduanya sama-sama memiliki pori seperti spons. Namun jika diperhatikan lebih jauh, tekstur sponge cake jauh lebih padat dan sedikit kering. Berbeda dengan tekstur chiffon cake yang cenderung sangat ringan dan lembap. Hal ini dipengaruhi oleh jenis dan konsistensi bahan lemak, seperti yang sudah dipaparkan di atas.

  1. Cara penyimpanan

Jika masih memiliki sisa sponge atau chiffon cake, anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun biasanya tekstur sponge cake akan berubah mengeras dan kering, sehingga anda harus lakukan thawing minimal 1 jam sebelum disajikan. Sedangkan untuk chiffon cake, anda bisa langsung menikmatinya karena tekstur chiffon cake tidak akan berubah jadi keras atau kering sekalipun dimasukkan dalam kulkas.