Apa perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep dan Fast Startup?


(Audrey Chyara) #1

Bagi orang yang memang bergelut di dunia komputer mungkin memang mengetahui apa perbedaannya,tetapi untuk orang awam mungkin sangat sulit mengetahui apa perbedaannya. Jadi apakah perbedaan antara shutdown, sleep, hibernate, hybrid sleep dan fast start up?


(Aisha Damayanti) #2

Shutdown merupakan sebuah cara memutuskan setiap proses yang terjadi ke seluruh komponen komputer secara total. Sedangkan Sleep merupakan mode yang akan memerintahkan komputer untuk masuk ke daya yang rendah. Seluruh komponen akan terputus, kecuali RAM sebab RAM akan mempertahankan kondisi komputer sampai kamu kembali mengaktifkannya. Jadi, ketika komputer diaktifkan, semua layanan dan aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya akan kembali ke keadaan normal. Mode Sleep ini lebih sering digunakan untuk menghemat daya. Hibernate sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Sleep. Namun, mode Hibernate merupakan salah satu modus yang mampu mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang digunakan dengan keadaan mati dalam jangka waktu yang lama. Lalu Hybrid Sleep merupakan kombinasi dari mode Hibernate dan Sleep. Komputer akan masuk ke dalam modus daya rendah dan kondisi sistem akan disimpan pada harddisk. Keuntungan utama menggunakan mode satu ini adalah jika tiba-tiba rumah kamu mati listrik atau mati lampu, maka sistem komputer akan tetap aman karena sudah disimpan pada harddisk. Sedangkan Fast Start Up merupakan kombinasi dari proses Hibernate dan Shutdown. Mirip dengan Hibernate, sistem komputer yang tengah berjalan akan disimpan pada harddisk tapi hanya mencakup layanan dasar saja yang akan dimuat pada system startup. Jadi, aplikasi seperti pemutar musik, pemutar video, dan aplikasi pihak ketiga lainnya tidak bisa disimpan melalui mode ini. Selain itu, keuntungan lainnya adalah ketika kembali mengatifkan komputer, maka proses akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan normal boot.


(Anggara Cahya Nugraha) #3

Menurut sepengetahuan saya, saat kita melakukan mode sleep komputer akan masuk kedaya rendah, setelah itu seluruh komponen yang terhubung akan terputus kecuali RAM. karena RAM selalu mempertahankan kondisi komputer sampai kamu sebagai penggunanya mengaktifkan kembali. dan jika komputer telah aktif maka semua aplikasi yang berjalan sebelumnya akan kembali seperti normal


(I Made Andwi Raditya Prabhawa) #4

Menurut beberapa artikel yang saya baca, berikut ulasan saya :

  1. Shutdown

Shutdown merupakan sebuah cara memutuskan setiap proses yang terjadi ke seluruh komponen komputer secara total. Mode Shutdown ini memang dilakukan apabila sudah selesai melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer. Selain itu, jika memang ingin meninggalkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Sleep

Selain mode Shutdown, kamu juga akan menemukan mode Sleep saat menggunakan komputer. Mode ini akan memerintahkan komputer untuk masuk ke daya yang rendah. Seluruh komponen akan terputus, kecuali RAM. RAM akan mempertahankan kondisi komputer sampai kamu kembali mengaktifkannya. Jadi, ketika komputer diaktifkan, maka semua layanan dan aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya akan kembali ke keadaan normal. Mode Sleep ini lebih sering digunakan untuk menghemat daya.

  1. Hibernate

Mode satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Sleep. Namun, mode Hibernate merupakan salah satu modus yang mampu mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang digunakan dengan keadaan mati dalam jangka waktu yang lama. Posisinya, keadaan sistem akan ditransfer dari RAM ke harddisk, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama sebelum akhirnya mati total. Bahkan, ketika ingin menghidupkan komputer, kamu harus membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dari biasanya.

  1. Hybrid Sleep

Mode Hybrid Sleep merupakan kombinasi dari mode Hibernate dan Sleep. Komputer akan masuk ke dalam modus daya rendah dan kondisi sistem akan disimpan pada harddisk. Keuntungan utama menggunakan mode satu ini adalah jika tiba-tiba rumah kamu mati listrik atau mati lampu, maka sistem komputer akan tetap aman karena sudah disimpan pada harddisk.

  1. Fast Startup

Mode ini baru diluncurkan setelah rilisnya Windows 10. Mode Fast Startup ini merupakan kombinasi dari proses Hibernate dan Shutdown. Mirip dengan Hibernate, sistem komputer yang tengah berjalan akan disimpan pada harddisk tapi hanya mencakup layanan dasar saja yang akan dimuat pada system startup.

Itulah perbedaan antara shutdown, sleep, hibernate, hybrid sleep, dan fast startup.
sekian.

source: klik disini